Cara Mengatur Keuangan Ketika Bulan Ramadhan

online application

Assalamu’alaikum my dearest friends ๐Ÿ™‚

Alhamdulillah memasuki malam ke-20 Ramadhan ini semoga kita semua masih semangat yaa menjalani puasanya. Amiiin…

Menjelang 10 hari terakhir Ramadhan ini saya mau berbagi sedikit tentang tips cara mengatur keuangan ketika Ramadhan. Mengatur keuangan saat Ramadhan itu sangat penting kawans, apalagi lebaran tinggal 10 hari lagi. Tentunya perencanaan keuangan yang baik dibutuhkan agar semua kebutuhan lebaran nanti bisa terpenuhi sesuai harapan.

Duh jadi inget ketika ngekos di Jakarta dua tahun yang lalu. Waktu itu Read More »

7 Kiat Menjalani Ibadah dengan Tenang Selama Ramadhan

Alhamdulillah hari ini sudah memasuki hari ke-empat Ramadhan. Saya yakin sahabat semua pasti masih semangat dong ya menjalani puasa! ๐Ÿ™‚

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan, bulan yang sudah semestinya dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi setiap manusia yang merasa beriman. Agar bisa menjalani ibadah dengan tenang di Bulan Ramadhan ini tentunya tidak hanya memperhatikan jenis makanan yang kita makan. Karena sejatinya puasa itu bukan saja menahan haus dan lapar, bukan?

Dalam postingan kali ini, saya mau sedikit share tentang kiat-kiat agar bisa beribadah dengan tenang selama bulan suci Ramadhan. Tujuh poin di bawah ini merupakan ilmu yang saya peroleh ketika mengikuti kajian menyambut Ramadhan beberapa hari sebelumnya. Semoga bermanfaat yaa ๐Ÿ˜‰

Read More »

Benarkah Rokok Elektrik Bisa Mengurangi Kecanduan Merokok?

Yang kenal sama saya pasti udah tahu kalau saya nggak suka bau rokok. Asapnya itu lhooo… bikin sesak nafas -,-

Alhamdulillah dapet suami yang bukan perokok. Dulu, hal yang pertama kali saya tanyakan ketika pertama kali berkenalanย (baca: diajakin nikah) sama suami sayaย  adalah apakah dia perokok atau nggak. Karena kalau dia (waktu itu) perokok, pasti saya langsung tolak lamarannya hihi.

Anyway, masalah rokok ini emang udah jadi isu klasik yang dihadapi di seluruh dunia. Tak heran, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mencoba berbagai strategi dalam rangka mengkampanyekan berhenti merokok. Nah, katanya nih… rokok elektrik diklaim menjadi langkah awal untuk mengurangi kecanduan rokok. Bener nggak sih?Read More »

Maqasid Shariah’s View and Its Solution on Foreign Debt in Indonesia

Abstract

This study entitled Maqasid Shariah’s View and Its Solution on Foreign Debt in Indonesia, aims to know the concept of debt from Islamic perspective and to analyze current issues on foreign debt in Indonesia. Since economic crisis happened in European countries,Indonesia needs to be more careful in considering the impacts of the crisis. One of the causes was because of the high level of interest of the debts. It made most of crisis happened in many countries hard to pay back their debts. Therefore, it is needed to know how Islamic principles see the concept of debt and give the solution to the problem of debt by using Maqasid’s approach. It can give comprehensive solution to the debt because it covers five dimensions: religion, self, intellect, family and wealth, which are very important in human life to attain the happiness and welfare on earth. The study will conclude with some suggestions for futureย research.

Author:
Nurizal Ismail, M.A & Baiq Rosmala Dewi, S.E.I.
Department of Islamic Economics, Tazkia University College of Islamic Economics, Bogor, Indonesia.

(Paper presented at the 2nd International Conference on Islamic Economics and Economy of the OIC Countries, Malaysia 2013, published onย Global Review of Islamic Economics and Business, Vol. 1, No.3 (2014) 229-239 Faculty of Islamic Economics and Business-State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta).

See Full Paper Here

If you’re having trouble in accessing the file, you can ask me to send you the full paper through email. Kindly send your messages to baiqrosmala@yahoo.com

Hidup di Era-Z: Media vs Sifat Alami Manusia

cropped-photo-1416339134316-0e91dc9ded921.jpg

Tentunya para pembaca tidak asing lagi ketika melihat maraknya pemberitaan di media cetak maupun media elektronik yang membahas mengenai kasus-kasus negatif yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya adalah kasus pembunuhan yang hampir setiap hari diberitakan selama dua minggu terakhir. Ada kasus pembunuhan yang dilakukan oleh anak terhadap orang tua, ada juga pembunuhan anak kandung oleh orang tua, pembunuhan seorang mantan kekasih, pembunuhan yang dilakukan oleh teman dekat, pembunuhan yang disertai penjabretan dan masih banyak kasus negatif lainnya.Read More »