5 Kuliner Khas Lombok yang Super Pedas

Setelah sebelumnya saya share tentang penyakit unik yang hanya diderita oleh orang Lombok, kini saatnya saya akan berbagi informasi tentang 5 kuliner khas Lombok yang pedasnya minta ampun.

Bukan orang Lombok namanya kalau enggak suka pedas. Sudah kebiasaan turun temurun sepertinya kalau orang Lombok itu enggak afdhol makan tiga kali sehari kalau tidak dengan lauk yang super pedas. Oke, langsung aja yaaa… menurut saya lima macam kuliner di bawah ini adalah beberapa contoh dari makanan terpedas di Lombok, yaitu:

1. Pelecing Kangkung

pelecing kangkung
sumber tertera

Makanan khas Lombok yang super pedas nomor pertama adalah pelecing kangkung. Pelecing kangkung terbuat dari kangkung khas Lombok. Kangkung Lombok memiliki batang yang lebih besar dari kangkung yang ditemui di Pulau Jawa karena kangkung Lombok biasanya ditanam di air sungai yang mengalir. Selain itu, pelecing kangkung juga memiliki citarasa yang khas karena sambalnya dibuat menggunakan terasi khas Lombok yang berbeda dari terasi pada umumnya.

Cara membuat pelecing kangkung yaitu dengan cara merebus kangkungnya terlebih dahulu baru kemudian disuir-suir memanjang. Sambal pelecingnya terdiri dari cabe rawit merah, tomat, terasi Lombok, garam, penyedap dan perasan jeruk purut. Agar lebih nikmat bisa juga ditaburi parutan kelapa dan kacang tanah goreng di atasnya.

Continue reading “5 Kuliner Khas Lombok yang Super Pedas”

Advertisements

Sensasi Gudeg Jogja Mbah Lindu

mbah Lindu
Foto by KOMPAS.com/ Wijaya kusuma

Siapa tak kenal Gudeg? Makanan tradisional khas Jogja ini menawarkan rasa yang beragam, mulai dari rasa manis dari sayur nangka muda yang dimasak selama berjam-jam dengan berbagai bumbu dan rempah hingga berwarna coklat kehitaman, pedasnya sambal goreng krecek (kulit sapi) yang disajikan dengan cabai rawit merah utuh. Hingga lauk pauk pilihan seperti telur coklat, ayam kampung, tahu tempe bacem, dan ampela ati yang kesemuanya dimasak secara perlahan sehingga rasa, tekstur dan warnanya sangat menggoda.

Gudeg sendiri sudah menjadi makanan khas Jogja sejak ratusan tahun. Dominan rasa manisnya adalah gambaran dari betapa bahagia kehidupan masyarakat Jogja kala itu, dengan kesuburan tanah dan kekayaan budayanya. Sedangkan gabungan beragam rasa lainnya diyakini sebagai keseimbangan dalam kehidupan.

Ditemukan banyak sekali penjual Gudeg di Jogja. Beberapa diantaranya bahkan sudah mulai berjualan sejak jaman Indonesia merdeka, bahkan ada satu gudeg legendaris yang sudah menjajakan makanan khas ini sejak jaman penjajahan Jepang.

Adalah Mbah Lindu, yang usianya kini hampir 100 tahun, yang masih setia menjual gudeg sejak usianya masih belasan tahun. Beliau masih memasak sendiri semua hidangan yang  disajikan. Sedangkan untuk berjualan, ia dibantu oleh anak perempuannya. Continue reading “Sensasi Gudeg Jogja Mbah Lindu”

Makan Siang Spesial di Lesehan Mimi Asri

Masih dalam suasana liburan tahun baru, postingan kali ini saya mau bahas tentang rekomendasi tempat menghabiskan liburan bersama keluarga yang ada di Kota Mataram – Pulau Lombok.

Makan Siang Spesial di Lesehan Mimi Asri. Kenapa saya bilang spesial? Karena makan siangnya ditraktir, alias gratis wkwkwk. Jadi ceritanya, salah satu wali murid tempat saya mengajar ingin berbagi kebahagiaan kepada guru-guru dengan mengajak kami makan siang di Lesehan Mimi Asri ini. Alhamdulillah yaaa, rejeki emang enggak kemana. MasyaAllah, semoga kebaikan beliau diberi balasan pahala dan dilancarkan rejekinya yaa.. amiiin^^

Oke, ini adalah kesekian kalinya saya berkesempatan menyicipi makanan di restaurant yang berkonsep lesehan. Namun belum semua sempat terabadikan di blog ini. Mungkin ke depannya saya harus rajin lagi nih menulis tempat-tempat wisata kuliner di Pulau Lombok. Doakan aja deh makin banyak yang ngasi gretongan lol.

Baca juga: Lesehan Kebalen: Pilihan Hemat dan Nyaman untuk Wisata Kuliner Akhir Pekan

Continue reading “Makan Siang Spesial di Lesehan Mimi Asri”

Resep Masak Sayur Bobor Kangkung Tahu Pedas

Kangkung adalah jenis sayuran yang tumbuh di permukaan sungai dan sangat lezat jika diolah menjadi sayur. Selain itu, sayur kangkung juga bernilai gizi tinggi yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. uniknya, sayur yang satu ini dapat diolah menjadi makanan apa saja, bisa disertai kuah maupun tidak. Salah satu olahan kangkung yang lumayan digemari hampir semua orang adalah sayur bobor kangkung. Pernahkah kamu memasaknya?

Jika biasanya sayur bobor kangkung tidak pedas, kali ini terdapat inovasi dalam resep masakan sayur bobor kangkung tahu pedas. Inovasinya adalah rasa sayur yang pedas dan terdapat tahu untuk memperlengkap sayur bobor ini. Cara pembuatan terbilang mudah dan waktu pembuatannya juga relatif singkat. Sayur bobor kangkung tahu pedas ini dapat anda sajikan sebagai menu makan siang. Entah ditemani dengan nasi maupun tidak. Continue reading “Resep Masak Sayur Bobor Kangkung Tahu Pedas”

Lesehan Kebalen: Pilihan Hemat dan Nyaman untuk Wisata Kuliner Akhir Pekan

Lesehan Kebalen: Pilihan Hemat dan Nyaman untuk Wisata Kuliner Akhir Pekan. Kira-kira kalau teman-teman mau merencanakan jalan-jalan bareng keluarga di akhir pekan, faktor apa yang paling dipertimbangkan untuk memilih tempat? Apakah tempat yang nyaman? Tempat yang menyediakan makanan dengan harga murah? atau terserah deh anak-anak maunya kemana aja yang penting senang? 😀

Nah, kalau saya sih khusus untuk wisata kuliner di akhir pekan hal yang pertama jadi pertimbangan adalah tempat yang nyaman terutama buat anak-anak. Bagi saya, percuma harganya murah kalau ternyata banyak yang merokok atau tempatnya sempit sehingga anak-anak tidak leluasa bermain kesana kemari.

Setelah tempat yang nyaman, faktor yang kedua baru masalah harga. Saya selalu mencari tempat yang sebisa mungkin enggak bikin dompet bolong. Terus makanannya harus yang enak walaupun harganya murah. Bila perlu ada diskon atau promo harga yang menarik. Duh, ini pasti impian semua emak-emak hemat di dunia deh -,-

Emang ada gitu tempat yang nyaman, makanannya enak dan harganya murah? Kayaknya hampir enggak mungkin yaa. Kalau kata orang, harga kan mempengaruhi kualitas! Continue reading “Lesehan Kebalen: Pilihan Hemat dan Nyaman untuk Wisata Kuliner Akhir Pekan”

Brownies Long Jumbo: Camilan Keluarga yang Juga Cocok Jadi Oleh-oleh Khas Lombok

Wah, lagi musim kan yaa oleh-oleh khas daerah tertentu yang ownernya itu para artis terkenal Tanah air. Kadang walaupun artis itu bukan dari daerah yang jadi usaha kue oleh-olehnya, tetap aja laku keras. Hihi namanya juga artis kayaknya mau jual apa aja pasti bakal laku laku aja yaa.

Berhubung Lombok belum jadi sasaran para artis untuk buat usaha oleh-oleh, saya mau bagi info nih kue enak yang rasanya dijamin enggak kalah enak dibanding kue mahal lainnya. Namanya Brownies Long Jumbo.

Jadi kemarin ceritanya saya dapat kiriman Brownies Long Jumbo dari Sari Rasa Lombok. Sebenarnya saya sudah lama langganan sama produk kue dari Sari Rasa ini, trutama yang brownies long jumbo. Saya biasa (dan sengaja :D) belinya setiap hari Jumat. Kenapa? Karena setiap hari Jumat itu ada free satu kue lapis Surabaya kesukaan saya. Jadi buy 1 get 1 gitu deh, lumayaaaaan! Apalagi saya emang paling suka yang berbau-bau cokelat. Continue reading “Brownies Long Jumbo: Camilan Keluarga yang Juga Cocok Jadi Oleh-oleh Khas Lombok”

Sensasi Berbuka Puasa di Hotel Golden Palace Lombok

Hari ini udah masuk hari kelima puasa Ramadhan. Gimana nih puasanya kawans? Pasti masih pada semangat kan! 🙂

Oke, kali ini saya mau berbagi cerita tentang serunya berbuka puasa di Hotel Golden Palace Lombok. Wih, masih awal-awal Ramadhan gini kok udah buka puasa di luar aja? Hihi, biasanya ibu ibu mah masih semangat masak yaa kalau awal bulan ramadhan.

Ceritanya emang pas hari Senin kemarin saya tuh lagi masak di dapur mantemans. Eh, pas lagi asik-asiknya bikin sup ayam, sekitar jam setengah lima sore mba manis Andy Hardiyanti tiba-tiba nelpon ngajakin bukber di hotel! Waduh, masakanku piye dong? Continue reading “Sensasi Berbuka Puasa di Hotel Golden Palace Lombok”

5 Jajanan Tradisional Favoritku

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Senin ketika perayaan maulid nabi Muhammad SAW, di rumah ada syukuran kecil-kecilan. Pertama, dalam rangka maulid nabi itu sendiri. Kedua, dalam rangka syukuran karena telah lahir putera pertama dalam keluarga kecil saya dan suami. Dan ketiga, 12-12 itu hari ulang tahun saya! (yang satu ini boleh diabaikan, nggak penting) -,-

Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat sasak (orang lombok) di perayaan maulid Nabi setiap tahunnya pasti mengundang (minimal) keluarga dan sahabat dekat untuk menjalin Silaturrahim. Nggak jarang, kadang ada yang ketemu saudara kandung pun hanya sekali setahun, kalau nggak pas lebaran, ya ketika perayaan maulid Nabi. Padahal mah masih tinggal satu pulau.

Nah, kembali ke perayaan maulid nabi. Masyarakat di lombok biasanya seminggu sebelumnya udah nyiapin aneka makanan dan jajanan tradisional yang nantinya akan dibawa ke Masjid dan sebagai hidangan ketika syukuran di rumah.

Ceritanya hari itu ketika saya melihat aneka hidangan yang ada di depan mata, tetiba keinget jajanan lain. Duh bukannya nggak bersyukur, tapi emang tiba-tiba ngebayangin aja jajanan tradisional lain yang merupakan jajanan favorit saya.

Jadi ceritanya, pada jaman dahulu kala, saya pernah menyicipi jajanan tradisional favorit saya ini di suatu tempat, dan kebetulan itu adalah rasa terenak yang pernah saya makan. Sayangnya, karena suatu dan lain hal saya tidak berkesempatan lagi membeli kue tersebut di tempat yang sama. Continue reading “5 Jajanan Tradisional Favoritku”

Tempat Makan Ayam Taliwang Nikmat Rasa Hotel Bintang Empat, Harga Bersahabat

Ayam

Bagi yang sudah berkunjung ke Lombok pasti sudah mengenal kuliner yang satu ini. Gurihnya daging ayam kampung muda dipadu dengan nikmatnya sambal pedas yang khas menjadikan siapapun yang berkunjung ke Lombok tentunya merasa rugi jika tidak sempat menikmati. Continue reading “Tempat Makan Ayam Taliwang Nikmat Rasa Hotel Bintang Empat, Harga Bersahabat”

Nongkrong di D’Cafe Pinter: Pizza Mewah – Harga Murah!

papan cafe pinter

Anda penyuka Pizza? Jika iya, tidak ada salahnya berkunjung ke tempat kuliner di Mataram yang satu ini. Warung pizza yang diberi nama D’Cafe Pinter ini berlokasi di daerah Gomong Mataram, tepatnya di Jalan Kaktus (depan wisma PGRI atau sebelah selatan Universitas NW Mataram). Well, apa saja siih kelebihan D’Cafe Pinter dibanding warung pizza lain? Yuk ah baca sampai akhir 😉 Continue reading “Nongkrong di D’Cafe Pinter: Pizza Mewah – Harga Murah!”