Fakta Menarik Candi Borobudur yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Belum lama ini, umat Buddha di seluruh dunia merayakan hari raya Waisak. Di Indonesia sendiri, ada satu tempat yang sangat terkenal untuk merayakan hari besar tersebut, yakni di Candi Borobudur, candi Buddha terbesar yang ada di dunia. Mungkin kamu sudah pernah atau sering mendengar tentang candi yang menjadi salah satu warisan budaya paling terkenal ini. Tapi ada beberapa fakta lain yang cukup menarik untuk disimak mengenai Candi Borobudur. Tanpa berlama-lama, mari langsung kita simak sejumlah faktanya.

1. Dibangun dengan Tumpukan Batu

Bagi kalian yang sudah pernah berkunjung ke Candi Borobudur sebelumnya pasti tahu bahwa candi ini dibangun dengan tumpukan batu. Nah menariknya, batu-batu tersebut ditumpuk tanpa menggunakan bahan perekat sama sekali. Setiap batunya ditumpuk menjadi susunan candi yang sangat besar tanpa menggunakan semen atau perekat apapun. Namun nyatanya, batu-batu tersebut masih bertahan hingga sekarang. Menakjubkan bukan?

2. Terdapat 2672 Relief

Di setiap dinding yang ada di Candi Borobudur terukir relief yang jika disejajarkan akan membuat bentangan yang sangat panjang mencapai enam kilometer. Bisa dibilang relief tersebut merupakan relief Buddha yang terbesar dan paling lengkap di dunia. Jika dilihat dari nilai seninya, semua relief yang ada di Candi Borobudur ini memiliki nilai yang sangat tinggi karena bukan hanya jumlahnya yang banyak namun dari tampilannya juga. Relief tersebut menceritakan mengenai perjalanan Buddha dan semua pesan moral yang ada.

3. Dinobatkan Sebagai 7 Keajaiban Dunia

Borobudur adalah sebuah candi terbesar yang sudah ada sejak abad ke-9. Meskipun sudah sangat lama, namun candi ini masih berdiri dengan sangat kokoh. Hal tersebut membuat candi ini menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, dan sangat terkenal. Nilai warisan budaya yang dimiliki oleh candi ini sangat tinggi juga menjadi salah satu faktor penentunya. Selain itu cara membangun candi ini masih menjadi misteri hingga sekarang yang membuatnya begitu ajaib.

4. Dibangun Tanpa Menggunakan Peralatan Canggih

Dilihat dari usianya, pastinya di zaman tersebut belum ada peralatan canggih yang memadai untuk bisa membuat sebuah candi yang sangat besar seperti ini. Di era modern seperti sekarang ini, bukanlah hal sulit untuk membangun sebuah gedung tinggi karena dukungan peralatan yang canggih. Ukuran dari Candi Borobudur ini setara dengan sebuah gedung dengan 10 lantai. Pada saat itu tidak ada peralatan seperti truk untuk mengangkat bebatuan, tidak ada crane, dan lain sebagainya. Semuanya dikerjakan dengan peralatan sederhana seperti palu. Kendaraan yang ada pada saat itu pun hanyalah pedati, sebuah gerobak yang ditarik oleh bantuan sapi. Coba bayangkan betapa beratnya membangun candi ini dengan ukuran batu yang besar-besar seperti yang bisa kamu lihat sebagai material membangun candi ini. Tidak heran jika proses pembangunannya membutuhkan waktu hingga 23 tahun.

Kalau kamu tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai Candi Borobudur, kamu bisa langsung mengunjungi dan menyaksikan betapa ajaibnya warisan budaya ini. Pastinya, kalau kamu mau liburan ke Kota Jogja, selain mencicipi gudeg sebagai kuliner khasnya, kamu juga wajib memasukkan candi ini sebagai tempat yang harus dikunjungi. Informasi lengkap mengenai harga tiket masuk Borobudur bisa kamu dapatkan secara online. Kamu bahkan juga bisa sekaligus membeli tiketnya menggunakan smartphone kesayangan kamu.


Featured image by tiket. com

Baca Juga Artikel Lainnya:

Advertisements

LASIK, Bedah Mata Tanpa Rasa Sakit

Memiliki masalah kesehatan mata pasti sangat mengganggu. Baik itu berupa rabun jauh atau dekat, maupun silindris. Dimana, gangguan kesehatan mata tersebut dapat menyebabkan penglihatan menjadi tidak jelas sehingga membutuhkan bantuan dari alat, seperti kacamata atau pun soft lens.

Dunia kesehatan termasuk salah satu bidang yang selalu melakukan penelitian dan mengikuti perkembangan teknologi untuk solusi penyembuhan yang lebih aman dan nyaman bagi setiap pasiennya. Hal ini pun terjadi pada dunia kesehatan mata, dimana LASIK menjadi salah satu penemuannya.

Kenapa Banyak Orang Pilih LASIK?

Sejak awal, operasi LASIK sudah menarik perhatian. Bagaimana tidak, jika biasanya kamu mengetahui yang namanya operasi atau bedah itu menggunakan pisau bedah, maka pada LASIK justru menggunakan laser. Sehingga, tidak ada pisau bedah yang akan membedah mata kamu dalam operasi ini.

Para ahli terus melakukan penelitian pada operasi ini untuk menemukan alat dan metode terbaik dalam operasi ini. Hasilnya, kini LASIK menggunakan teknologi laser yang mampu melakukan LASIK tepat sasaran pada retina mata secara lebih akurat dan cepat, serta tentu saja tanpa rasa sakit.

Selanjutnya, efek samping pada LASIK juga tidak usah kamu khawatirkan. Pasca operasi, mungkin kamu akan mengalami mata yang kering serta lebih sensitif dengan cahaya-cahaya yang intensitasnya lebih terang.

Hal ini dianggap wajar karena hampir semua mengalami keluhan yang sama pasca LASIK. Namun, dapat diatasi dengan mudah dan kebanyakan yang terjadi adalah mata kembali normal beberapa waktu kemudian.

Ketika kamu ingin memutuskan LASIK, pastikan terlebih dahulu bahwa klinik mata yang kamu datangi tersebut merupakan klinik terpercaya dengan tim dokter yang berpengalaman semua.

Katanya LASIK Mahal?

Ini, nih yang kurang tepat!
Berhadapan dengan masalah biaya, sering membuat pasien yang ingin melakukan tindakan operasi galau. Padahal, yang namanya sehat memang mahal dan butuh pengorbanan untuk mengembalikannya.

LASIK diakui memang mahal. Namun, semaha-mahalnya biaya operasi LASIK di tanah air, masih lebih mahal operasi LASIK di luar negeri. Perhitungannya cukup simple. Biaya operasi LASIK di luar negeri hampir sama dengan biaya pemeriksaan, operasi LASIK, dan perawatan pasca operasi di tanah air.

Coba bayangkan! Ketika kamu operasi LASIK di luar negeri, kamu juga harus memperhitungkan biaya lainnya. Misalnya, tempat tinggal selama di sana, transportasi, serta biaya hidup. ‘wah’ sekali kan biaya yang harus kamu perhitungkan tersebut.

Tenang saja, di tanah air banyak kok klinik mata terpercaya yang menjamin keamanan dan kenyamanan operasi LASIK bagi setiap pasiennya. Tim dokternya juga tidak kalah professional dan berpengalaman dengan dokter-dokter luar negeri.

Salah satunya, kamu bisa datang ke Klinik Mata Nusantara atau KMN EyeCare yang kliniknya sudah terdapat di beberapa wilayah di Jakarta dan Semarang. KMN EyeCare mampu memberikan kenyamanan hingga 98% kepuasan bagi pasiennya melalui pelayanan dan tim dokter mata terbaik tanah air yang dimilikinya.

Bahkan, beberapa artis juga memilih LASIK di klinik ini, lho! Misalnya, Yuki Kato, Kevin Julio, Merry Riana, dan banyak lainnya.

Permasalahan biaya yang selalu dihadapi pasien sebenarnya juga mendapat perhatian dari KMN EyeCare. Kamu akan menemukan berbagai penawaran, promo special untuk setiap prosedur pemeriksaan maupun LASIK yang akan kamu pilih.

Jadi, tidak hanya aman dan nyaman, LASIK di KMN juga lebih hemat.

Kalau mau coba cari tahu dulu tentang klinik ini, kamu bisa mendapatkan infonya melalui website, sosial media, hingga menghubungi langsung nomor kontaknya. KMN EyeCare sangat peduli kepoada pasiennya. Semua pemeriksaan dilakukan dari awal, mulai dari konsultasi hingga menemukan solusi tepatnya.

Yuk, jangan ragu lagi dengan LASIK! Cintai kesehatan matamu karena keindahan dunia menanti untuk kamu jelajahi!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Nikmatnya Makan Bebek Kualitas Terbaik Di Bebek Tepi Sawah Surabaya

Urusan makanan, saat ini tidak hanya sekedar menuntaskan rasa lapar saja. Namun banyak hal yang sudah menjadi tren yang semakin diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Contohnya adalah makan di tempat yang memiliki pemandangan yang bagus, atau makanan yang sangat enak sehingga bisa di bagikan atau unggah di sosial media. Nah, salah satunya adalah dengan merasakan kenikmatan Bebek Tepi Sawah Surabaya.

Menjelajahi Bebek Tepi Sawah Surabaya

Bagi Anda pecinta Bebek dan berada di Surabaya, direkomendasikan untuk mengunjungi Bebek Tepi Sawah Surabaya. Lokasi restoran ini berada di Jl. Darmokali No. 50-Surabaya. Pemilihan lokasi ini strategis karena sangat dekat dengan keramaian, bahkan di daerah ini banyak hotel yang tersedia. Sehingga apabila Anda adalah wisatawan dari luar kota, Anda dapat menginap di sekitar Bebek Tepi Sawah Surabaya dan menemukannya dengan mudah.

Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan suasana yang lebih tenang, maka tidak ada salahnya jika mendatangi restoran ini di malam hari agar mendapatkan suasana yang sedikit berbeda. Pastinya restoran ini menyuguhkan anda suasana yang hangat, tradisional, dan asri, terlebih lagi ketika anda bisa menempati ruang outdoor. Bahkan, untuk Anda yang membawa serta keluarga maupun menyantap makanan bersama pasangan, maka suasana akan terasa akrab dan hangat. Anda akan merasakan suasana khas Bali yang kental. Hal ini dikarenakan desain restorannya yang memiliki tema khas Bali, terlebih dihiasi lampu yang remang-remang dengan alunan musik bernuansa Bali.

Berbagai menu yang ditawarkan

Sesuai dengan namanya, restoran ini menawarkan berbagai macam menu bebek dan menu lainnya yang sangat menggugah selera. Berbagai menu yang bisa anda pesan di sini adalah bebek betutu, bebek peking, ayam betutu tepi sawah crispy yang menawarkan rasa yang lezat atau bebek panggang dengan bumbu kecap dan meresap ke seluruh daging. Tentunya menu yang terfavorit di Bebek Tepi Sawah Surabaya adalah menu bebeknya. Namun ada banyak pilihan sajian bebek loh diantaranya bebek rica, bebek bakar bumbu rempah, bebek bakar saus madu, bebek bakar BTS, sop bebek BTS. Sedangkan untuk menu selain bebek, Anda dapat memesan beef black pepper, spaghetti atau fettuccine, beef BBQ short ribs, Norwegian salmon, sop buntut, nasi goreng, udang cumi mayones, ayam asap goreng, sate ayam lilit, gurami goreng atau panggang, Australian Striploin, Australian Tenderloin, cumi goreng tepung, cumi telur asin, dan berbagai menu lainnya.

Salah satu keunggulan Bebek Tepi Sawah Surabaya yang menjadikannya restoran terkenal adalah proses memasak yang dilakukannya profesional dan menyajikan makanan yang berkualitas, oleh karena itulah bebek yang dimasak tidak berbau amis. Sambalnya juga menawarkan cita rasa yang mantap. Nah, sambil menunggu pesanan Anda datang, maka Anda juga bisa berfoto bersama keluarga dikarenakan tempatnya yang juga menarik.

Itulah beberapa keunggulan dan berbagai pilihan menu yang dapat Anda pilih saat berada di Bebek Tepi Sawah Surabaya. Nah, Anda bisa mendapatkan informasi maupun ulasan lebih lengkap mengenai Bebek Tepi Sawah Surabaya di Traveloka. Bagaimana jika Anda ingin mengadakan acara disini? Tenang, Anda juga bisa melakukan rapat bersama klien atau membuat acara ulang tahun di sini. Karena bebek sawah Surabaya juga menyediakan ruangan VIP. Penasaran bukan? Yuk segera cicipi masakan bebek enak di Bebek Tepi Sawah Surabaya!

Kenapa Banyak Orang yang Jadi Suka Tinggal di Apartemen?

Entah yang mana lebih dulu, banyak orang yang menyewakannya sehingga semakin banyak orang yang lebih memilih tinggal di apartemen? Atau dimulai dari banyaknya orang yang mencari apartemen sehingga keberadaan apartemen kian menjamur seperti saat ini? Well, yang jelas ada supply dan demand yang saling berkaitan antar satu dan lainnya.

Terkait semakin banyaknya apartemen yang menjamur terutama di kota besar seperti di Jakarta kalian setuju dong ya? Saya dulu terakhir ke Jakarta sekitar tahun 2015. Wew enggak kerasa empat tahun yang lalu, dan saya melihat keberadaan apartemen di Jakarta emang lagi menjamur banget. Apalagi sekarang ya? Pasti makin banyak?!

Pertanyaannya, kenapa tinggal di apartemen itu kian banyak peminatnya? Terutama dari generasi milineal. Kenapa? Bukankah ada rumah kos yang jauh lebih murah? Atau sekalian aja uang sewa apartemen buat nyicil bayar rumah? Hmm entahlah, itu semua sih balik ke orangnya masing-masing. Pasti ada pertimbangan tertentu sehingga memilih menyewa atau bahkan untuk beli apartemen di Jakarta.

Empat tahun yang lalu saya masih di Jakarta dan saya mengira orang yang tinggal di apartemen itu pasti orang yang gajinya emang gede. Ya wajar lah kalau di Jakarta mah kalau gaji udah lumayan tinggi, lifestyle juga ngikut. Yang awalnya bisa bersabar tinggal di rumah kos setelah ada uang banyak pasti pengen naik level lah yaa. Wkwk tapi ternyata saya hanya julid pemirsah! Continue reading “Kenapa Banyak Orang yang Jadi Suka Tinggal di Apartemen?”

Temukan Cara Menghilangkan Bulu Sesuai Jenis Kulit

Tubuh mulus tanpa bulu, ini jadi dambaan setiap wanita. Tapi selalu ada masalah saat menghilangkan bulu yang muncul di area terlarang, mulai dari terasa sakit, menimbulkan efek samping, kembali dalam waktu cepat. Bahkan ada krim yang tidak sesuai jenis kulit.

Bagi kalian yang mengalami gangguan kulit akibat tidak cocok dengan krim penghilang bulu, tenang kini ada Veet yang memberikan solusi cerdas. Pasalnya memiliki krim yang sesuai jenis kulit semua orang Indonesia. Continue reading “Temukan Cara Menghilangkan Bulu Sesuai Jenis Kulit”