Tips Memilih Mainan Anak yang Baik untuk Si Kecil

tips memilih mainan anak

Tips Memilih Mainan Anak yang Baik untuk si Kecil.

Bermain merupakan hal yang penting dilakukan bagi anak yang memasuki usia satu sampai lima tahun.

Pada rentang usia tersebut merupakan waktu yang tepat bagi anak untuk mengeksplorasi lingkungannya dan mencari tahu banyak hal.

Selain itu juga terbukti pertumbuhan otak anak dengan rentang usia 1-5 tahun menjadi semakin sehat ketika kegiatannya diisi dengan bermain.

Untuk mendukung kegiatan bermain anak, orang tua dapat melakukan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan menyediakan mainan yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Dalam memilih mainan juga perlu dipertimbangkan oleh orang tua, karena beberapa mainan anak mengandung bahan yang tidak baik untuk anak.

Jika kamu yang masih bingung mainan seperti apa yang baik untuk anak, berikut adalah kriteria mainan yang baik dimainkan oleh buah hatimu.

  1. Pastikan cat yang ada pada mainan bebas dari timbal yang beracun.
  2. Pilih mainan berukuran besar yang tidak mudah tertelan.
  3. Untuk alat lukisan pilih cat yang tidak beracun.
  4. Pilih mainan berbahan kain yang tidak mudah menyerap air dan mudah dicuci.
  5. Pastikan pilih mainan yang tidak memiliki ujung tajam.

Selain kriteria tersebut, hal lain yang harus kamu perhatikan saat ingin membeli mainan untuk anak adalah usia anak kamu sendiri.

Karena berbeda usia, berbeda juga jenis mainan yang bisa dimainkan, maka dari artikel ini juga akan membahas jenis-jenis mainan berdasarkan

itu selain kriteria mainan yang baik dimainkan oleh anak, di artikel kali ini kita juga akan membahas jenis-jenis mainan berdasarkan klasifikasi rentang usia anak.

source: pixabay

Mainan anak usia 1-3 tahun

Pada rentang usia ini bisa dikatakan merupakan waktu yang paling krusial pada tumbuh kembang otak anak karena pada usia ini rasa penasaran yang dimilikinya meningkat pada semua jenis benda yang ada di lingkungan sekitarnya.

Dengan memilih mainan yang tepat tentu saja dapat membantu merangsang tumbuh kembang motorik anak, baik motorik halus maupun motorik kasar.

Berikut ini adalah mainan yang perlu kamu beli untuk anak dengan rentang usia tersebut.

  • Mainan dengan suara, mainan ini penting dalam membangun motorik serta menstimulasi otak anak terhadap nada atau suara.
  • Mainan puzzle, jenis mainan ini terbukti dapat menstimulasi otak anak terhadap bentuk dan juga membangun sense untuk menyelesaikan suatu masalah.
  • Buku gambar dan peralatannya, mainan ini memiliki unsur edukasi yang dapat menstimulasi imajinasi anak dan kepekaan terhadap warna.
  • Permainan bola, jenis mainan ini sangat berguna untuk melatih ketangkasaan antara tubuh serta pengelihatan sang anak.
source: pixabay

Mainan anak usia 3-5 tahun

Golongan kedua adalah golongan anak yang berusia antara 3-5 tahun dimana pada usia ini dapat dikatakan secara proses tumbuh kembang otak anak dengan rentang usia ini sudah terbentuk namun belum sempurna.

Maka dari itu penting untuk memilih mainan yang dapat lebih menstimulasi tumbuh kembang anak ini sehingga menjadi sempurna.

Berikut adalah jenis mainan tersebut, yang cocok untuk anak usia 3-5 tahun.

  • Clay atau lilin, mainan bertekstur lunak yang dapat sangat mudah diolah untuk menjadi berbagai macam bentuk, mainan ini sangat berguna untuk melatih daya imajinasi anak-anak untuk menghasilkan bentuk yang ada di kepala mereka.
  • Lego, mainan ini sangat populer dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Mainan ini memiliki karakteristik yang serupa dengan clay karena dapat diolah menjadi berbagai bentuk sesuai dengan imajinasi yang dimiliki oleh anak.
  • Puzzle, selain berguna untuk menstimulasi otak pada anak usia 1-3 tahun, puzzle juga terbukti efektif untuk anak dengan rentang usia 3-5 tahun karena memiliki fungsi untuk membangun insting dalam menyelesaikan masalah, dan tentu saja pada rentang usia ini tingkat kesulitan puzzlenya berbeda dengan puzzle untuk anak 1-3 tahun.
source: pixabay

Mainan anak 5 tahun ke atas

Pada rentang usia ini tumbuh kembang otak anak bisa dibilang sudah mencapai titik dimana sang anak sudah dapat mengolah sendiri informasi yang ia dapatkan.

Maka tak heran jika usia ini umumnya menjadi syarat seorang anak dapat memasuki bangku sekolah seperti playgroup.

Namun meskipun secara tumbuh kembang otak ini telah mencapai puncaknya bukan berarti orangtua dapat melepas tanggung jawabnya.

Justru pada fase ini merupakan fase penting untuk orang tua mengarahkan minat dan bakat yang dimiliki anaknya melalui mainan

Berikut adalah mainan-mainan yang dapat diberikan kepada anak untuk membantu mengarahkan minat dan bakatnya.

  • Alat olahraga, mainan ini dapat terdiri dari berbagai jenis seperti bola, sepeda dan peralatan lainnya, mainan ini selain dapat berfungsi untuk meningkatkan minat anak terhadap olahraga dapat juga digunakan untuk meningkatkan ketangkasan, motorik hingga koordinasi tubuh.
  • Alat musik, bisa dibilang alat musik bukanlah termasuk kategori mainan tapi bagi seorang anak kecil alat yang bisa menghasilkan nada ini akan menjadi suatu mainan yang dapat menstimulasi pemahamannya akan nada dan bunyi.
  • Alat lukis dan menggambar, alat satu ini juga terbilang bukan masuk dalam kategori mainan namun anak-anak pasti menyukai hal ini karena alat ini dapat membantu mereka mentransformasikan imajinasi mereka dan juga menggali minat dan bakat mereka.

Setelah kamu mengetahui jenis-jenis mainan yang tepat bagi anak sesuai usianya, kamu dengan mudah bisa dapatkan berbagai macam mainan hanya di LaDaRa.

Demikianlah kriteria serta pengklasifikasian mainan berdasarkan usia yang perlu kamu ketahui, karena untuk anak sebuah mainan bukanlah hanya sebuah hiburan, lebih dari itu mainan bagi anak kecil adalah alat yang dapat mereka gunakan untuk mempelajari lingkungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya:

2 thoughts on “Tips Memilih Mainan Anak yang Baik untuk Si Kecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: