Walaupun Mirip, Ini Perbedaan Gejala Pneumonia dengan Covid-19

pneumonia

Banyak orang mengira bahwa orang yang terkena penumonia pasti mengidap covid-19. Walaupun gejalanya memang sangat mirip, tapi tidak semua pneumonia adalah covid-19. Oleh karena itu, penting untuk diketahuai perbedaan gejala pneumonia dengan covid-19 karena penanganan dari dua penyakit ini dapat berbeda satu sama lain.

Gejala Pneumonia Biasa

Umumnya, pneumonia lebih terkenal dengan sebutan paru-paru basah. Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus ataupun jamur. Peradangan bisa terjadi pada kantung-kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Dalam keadaan seperti ini, kantung udara pada saluran pernafasan di paru-paru dipenuhi oleh cairan dan mengalami radang.

Beberapa gejala yang dialami jika seseorang mengidap pneumonia adalah seperti batuk yang menghasilkan lendir, nyeri pada dada ketika batuk, tampak kebiruan pada bibir dan kuku dan bahkan bisa mengalami delirium (kebingungan parah dan berkurangnya kesadaran pada lingkungan sekitarnya).

Gelaja Pneumonia pada Covid-19

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona yang memiliki gejala sangat mirip dengan pneumonia. Hal ini karena covid-19 juga dapat menimbulkan peradangan pada paru-paru seperti halnya pneumonia. Pada Covid-19, gangguan yang terjadi umumnya menyerang saluran nafas bagian atas sehingga dapat menyebar hingga ke paru-paru. Virus corona ini kemudian dapat menginfeksi saluran pernafasan bagian atas dan menyebabkan sumbatan pada organ pernafasan tersebut. Jika tidak segera mendapatkan pengobatan, virus corona dapat menyebabkan kerusakan yang fatal pada paru-paru.

Jika pada pneumonia biasa batuk yang terjadi adalah batuk disertai lendir, maka pada Covid-19 gejala yang umumnya terjadi adalah batuk kering, disertai demam, hingga merasa kelelahan pada tahap awal. Selain itu, orang dengan gejala Covid-19 juga bisa mengalami mual, diare hingga muntah. Dan jika sudah menyebabkan pneumonia, seseorang yang terserang virus corona bisa mengalami detak jantung yang lebih cepat hingga sesak nafas.

Bagaimana Penanganan yang Tepat?

Apabila sesak nafas dan batuk tidak berdahak terjadi pada kelompok orang yang berisiko tinggi terkena virus corona seperti orang dengan usia di atas 60tahun, pengidap diabetes, mengidap gangguan pernafasan dan hipertensi, maka hendaklah langsung memeriksakan ke pusat layanana kesehatan setempat. Penanganan dini penting untuk dilakukan jika seseorang benar-benar terpapar virus corona.

Namun jika misalnya seseorang yang mengalami gangguan pernafasan yang bukan merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi untuk terserang Covid-19 maka sebaiknya bertanya pada ahli medis tentang gejala yang dialami. Bila perlu kunjungi dokter pribadimu dan dengan begitu dokter akan menyarankan apakah perlu melakukan pemeriksaan uji virus corona atau tidak.

Nah, di masa pandemi seperti ini harap memperhatikan protokol kesehatan juga ya! Hindari keluar rumah jika merasa tidak terlalu penting. Jika merasakan gejala yang mirip dengan Covid-19 kalian sebaiknya konsultasikan secara online dulu dengan dokter terpercaya. Sekarang sudah banyak platform online yang menyediakan konsultasi dokter, salah satunya adalah dari Halodoc. Kalian hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kalian. Dapatkan info seputar gejala Covid-19 dan kalian juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc. Jika memang diperlukan pengobatan lebih lanjut, kalian juga dapat membuat janji dengan dokter via aplikasi Halodoc. Mudah, bukan?

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai perbedaan gejala pneumonia biasa dengan gejala pneumonia yang terjadi pada Covid-19. Sangat mirip, tapi perlu diketahui perbedaannya. Mungkin dari pembaca ada yang memiliki pengalaman tentang pneumonia atau Covid-19? Share yuk di kolom komentar šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s