Berikut 4 Tips Memilih Rack Server yang Baik

Rack server merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi manusia modern, terutama bagi mereka yang memiliki perusahaan. Ada banyak jenis rack server yang bisa ditemukan, dan semuanya bisa digunakan tergantung dengan kebutuhan pembelinya. Salah satu jenis yang paling diminati adalah rack server 42U.

Jika Anda ingin membeli rack server, berikut tips-tips yang dapat membantu Anda memilih rack server yang tepat.

  1. Sesuaikan Dengan Bujet

Sebelum membeli rack server, tentukan bujet Anda dan pertimbangkan rack server seperti apa yang ingin Anda miliki. Jika memungkinkan, cobalah melakukan survey harga di internet, atau datang langsung ke tempat yang menjualnya.

Umumnya, harga rack server berkisar antara 10 juta hingga 50 juta rupiah, tergantung spesifikasi dan penggunaannya. Rack server yang digunakan oleh perusahaan besar tentu saja lebih mahal dari jenis yang biasa dipakai untuk perusahaan kecil. Selain itu, jika Anda ingin memiliki tambahan ruang penyimpanan, Anda juga perlu menyiapkan biaya tambahan.

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan dan Kegunaan

Saat ini, ada berbagai jenis rack server yang tersedia di pasaran. Semuanya berbeda-beda, mulai dari segi ukuran, berat, daya, spesifikasi, dan fitur. Pertimbangkanlah kebutuhan Anda, dan rack server yang dinilai paling sesuai.

Contohnya, jika Anda membutuhkan keamanan tingkat tinggi, mungkin Anda bisa membeli closed rack dengan kualitas keamanan yang baik. Namun, jika Anda ingin rack yang lebih sederhana dan mudah diakses, Anda bisa membeli open rack. Selain itu, perhatikan juga berapa daya yang Anda butuhkan.

  1. Perhatikan Tingkat Keamanannya

Keamanan merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan dari rack server. Kita tentu ingin server kita aman dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab atau objek lain yang dapat mengganggu. Jika Anda membeli closed rack, pastikan bahwa pintu dan kacanya cukup kuat. Untuk menguncinya, Anda bisa memilih mana yang menurut Anda paling aman: kunci, kode, atau sidik jari.

Namun, Anda juga harus memperhatikan akses. Jangan sampai rack server tersebut memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi tetapi sulit diakses. Hal ini akan memperlambat proses perbaikan jika Ada masalah dalam rack.

  1. Perhatikan Aliran Udaranya

Aliran udara merupakan hal yang sangat esensial untuk kinerja server. Jika aliran udara tidak cukup, maka perangkat di dalamnya akan berisiko mengalami overheat, dan kinerja server akan menurun.

Jika Anda menginginkan rack server dengan sistem pendingin, perhatikan kualitasnya. Apakah dayanya cukup untuk mendinginkan semua perangkat di dalamnya? Selain itu, jika Anda menginginkan rack server yang terbuka, perhatikan juga apakah udara luar bisa dengan mudah masuk untuk mendinginkan server.

Itulah 4 tips yang dapat dipertimbangkan oleh Anda, para calon pembeli rack server. Kuncinya adalah memperhatikan dan mengetahui batas-batas kebutuhan Anda. Jika Anda belum bisa menentukannya secara pasti, Anda bisa meminta saran kepada penjual rack server yang tentunya sudah ahli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s