3 Manfaat Penting Uipath RPA untuk Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda pernah mendengar istilah RPA atau Robotic Process Automation? RPA uipath merupakan software robot yang memiliki kemampuan meniru perilaku manusia dalam komputer namun dengan kecepatan serta akurasi hingga sempurna yaitu 100%. Dengan menggunakan RPA, Anda bisa login ke sistem atau aplikasi, memasukkan data, menyelesaikan serta mengkalkulasi tugas dan log out dari aplikasi.

Teknologi uipath Indonesia yang satu ini memudahkan pekerjaan manusia. Praktisi membagi 3 kategori teknologi RPA Uipath, yaitu probots, knowbots, serta chatbots. Probots memiliki fungsi untuk memproses data sesuai dengan rule sederhana dan berulang. Knowbots memiliki tugas untuk menjelajah internet guna mengumpulkan serta menyimpan informasi spesifik mengenai pengguna. Chatbots merupakan agen virtual yang berfungsi untuk merespon permintaan pelanggan. 

Manfaat Uipath RPA untuk Bisnis

Pada tahun 2000-an istilah robotic process automation sebenarnya sudah mulai terdengar dan berkembang. Uipath RPA sendiri dapat dikatakan sebagai kemajuan teknologi. Ada beragam manfaat RPA Uipath untuk bisnis, di antaranya yaitu:

1. Menjalankan Tugas Repetitif

Meskipun tidak sepopuler Software ERP, BI atau CRM, namun software ini memiliki pertumbuhan global hingga 63,1% Menurut data terbaru Gartner. Uipath RPA bisa membuat organisasi beroperasi lebih efisien, yaitu mengotomatisasi pekerjaan manual yang sifatnya berulang. 

Uipath RPA melakukan pekerjaan lebih baik dan dapat mengurangi risiko kesalahan manusia atau human error. Hal ini dikarenakan sifat pekerjaan yang dilakukan secara berulang membuat produktivitas pekerja menurun. Dengan mengalihkan tugas ke RPA Uipath Indonesia, maka pekerja dapat melakukan aktivitas yang lain yang lebih strategis.

Adapun tugas otomatisasi yang bisa dilakukan oleh Uipath RPA yaitu tugas yang repetitive atau berulang, dikerjakan banyak orang, bervolume tinggi, berbasis rule, serta tidak banyak variasi

2. Implementasi Relatif Cepat

Melalui uipath RPA, satu ini memberi keuntungan untuk mempercepat implementasi. Karena RPA bukan bagian dari infrastruktur TI hal tersebut memungkinkan pengguna melakukan implementasi dengan efisien untuk mengotomatisasi proses termasuk proses legacy. 

Adapun pada virtual robot software bot RPA Uipath, software tersebut dapat mengidentifikasi pekerjaan manusia depan komputer, mulai dari menginput, mengklik mouse, memproses data dan lainnya. Artinya bot dapat mengerjakan aktivitas manusia tanpa intervensi sistem ERP.

3. Waspadai Resistensi Karyawan

RPA uipath juga memiliki tantangan tersendiri seperti implementasi teknologi. Di mana tantangan tersebut tergantung pada pemilihan Proses bisnis yang diotomatisasi. Jika Anda salah mengotomatisasi Proses bisnis, maka penghematan sulit signifikan. Tantangan lain yang juga penting yaitu resistensi karyawan, dimana banyak orang yang menganggap RPA merupakan ancaman. Padahal dengan kehadiran RPA maka pekerjaan akan terasa lebih mudah.

Itulah 3 manfaat penting RPA Uipath untuk perkembangan bisnis. Untuk mencari solusi RPA yang pas, Anda harus memperhatikan skalabilitas serta mengoptimalisasi buat supaya pekerjaan lebih cepat selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s