Mau Investasi Emas? Simak Dulu Tips-nya Agar Untung Banyak

Investasi emas merupakan instrumen yang mudah dan praktis. Tak heran jika peminatnya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Terlebih, untuk orang-orang yang memiliki tujuan jangka panjang seperti memiliki rumah, kendaraan, ataupun berangkat haji. 

Sebab, keuntungan investasi emas sangat terasa jika sudah dilakukan sekitar 5 tahun atau lebih. Selain itu, emas juga mudah dicairkan atau likuid. Untuk itu, investasi emas sangat disarankan terutama bagi Anda yang tidak berani mengambil resiko tinggi.

Namun, sebelum berinvestasi, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini terlebih dahulu. Langsung saja, ini dia alasannya!

1. Menentukan Tujuan Berinvestasi

Apabila Anda ingin melakukan investasi dengan tujuan jangka panjang, maka emas adalah pilihan yang tepat. Investasi emas juga bisa dijadikan sebagai diversifikasi portofolio investor. Sehingga, peluang keuntungannya pun menjadi lebih maksimal.

Nah, dengan menentukan tujuan investasi, maka Anda pun bisa menentukan berapa jumlah emas yang akan disimpan setiap bulannya. Serta berapa lama kira-kira Anda bisa menyimpan logam mulia tersebut untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Selalu Mengecek Harga

Sebelum membeli atau menjualnya, Anda harus selalu mengecek harganya pada situs resmi Butik Emas Antam, marketplace, Pegadaian, atau di toko emas yang Anda percaya. Biasanya, akan ada informasi mengenai harga emas yang tercantum. Lalu, bandingkan harganya, mana yang memiliki kualitas bagus tetapi harganya paling rendah.

3. Memilih Cara yang Tepat

Jika Anda sudah mengecek harganya, maka sekarang saatnya Anda memilih cara berinvestasi yang paling sesuai. Apakah akan membeli langsung, menabung, atau juga melakukan kredit.

Keuntungan membeli emas fisik adalah Anda bisa langsung membawa pulang dan menyimpannya. Sedangkan tabungan emas adalah cara yang dapat Anda lakukan jika budget terbatas. Lalu, jika ingin mencetaknya dalam bentuk fisik, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Pastikan Anda memilih cara yang sekiranya Anda bisa mengelola keuangan dengan baik. Sehingga, tidak menyebabkan keadaan finansial Anda menjadi kurang stabil. 

4. Memilih Sumber yang Terpercaya

Karena emas adalah barang yang sangat berharga, maka ada banyak oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, Anda harus selalu berhati-hati dan memilih sumber yang benar-benar terpercaya. Sebaiknya, Anda tidak mudah tergiur dengan harga emas yang terlalu murah.

Apalagi, saat ini transaksi bisa dilakukan hanya secara online. Sehingga, kemungkinan tertipu sangat besar. Untuk itu, pilih beberapa sumber investasi emas online yang memang kredibel seperti Logam Mulia Antam, Pegadaian Digital, serta marketplace besar.

5. Pastikan Emas Anda Aman

Bagi Anda yang melakukan investasi emas dengan cara membelinya langsung, maka sebaiknya Anda menyimpannya di tempat yang aman. Jika akan disimpan di rumah, maka pastikan ada safety box yang memadai. Anda juga bisa memercayakan pihak bank yang memiliki layanan safe deposit box, menggunakan Brankas LM dari PT Antam, atau bisa juga menyimpannya di Pegadaian.

6. Mengetahui Waktu Pencairan Emas yang Tepat

Saat pertama Anda memutuskan untuk investasi emas pun, waktu pencairannya harus Anda pikirkan secara matang. Sebab, rasanya kurang efektif jika Anda hanya menyimpan emas hanya dalam waktu yang sebentar. Sebab, harga emas baru akan naik secara signifikan jika sudah mencapai paling tidak 5 tahun penyimpanan. 

Saat akan mencairkan emas, Anda juga harus melakukan survei harga terlebih dahulu. Kunjungi beberapa toko terlebih dahulu. Jika sudah, bandingkan harga yang ditawarkan. Pilih lah toko yang menawarkan harga tertinggi. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan pun akan semakin maksimal.

Demikian tips agar investasi emas Anda akan mendulang keuntungan lebih besar. Perhatikan setiap tips-nya, dan selalu berhati-hati dalam menginvestasikan emas Anda. 


Baca Juga:

14 thoughts on “Mau Investasi Emas? Simak Dulu Tips-nya Agar Untung Banyak

  1. Mbak terimakasih banget artikelnya ya, aku tuh buta banget mengenai investasi emas ginian. Karena dulu kupikir mending nabung sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak bisa langsung diambil. Tapi ternyata bagus emas ya, nilai naiknya drastis banget. Didiamin 5-8 tahun saja sudah banyak banget beda harganya

    Like

  2. Informasinya sangat menarik nih mba buat aku.

    Pernah, aku coba nyimpen dana dalam bentuk emas, ternyata ada keperluan dan harus aku jual kembali, eh taunya bulan depannya emas naik meroket disaat sebulan yang lalu aku jual dalam kondisi emas sdg turun.
    Hahaha, apes

    Like

  3. Saya juga lebih suka investasi ke emas mba.
    eh investasi apa gak ya namanya.
    kalo ada uang lebih, saya lebih memilih membeli emas daripada di depositokan gitu.
    karena menurut saya, jika butuh uang mendadak, emas lebih mudah diuangkan, daripada deposito yang memiliki jangka waktu baru bisa dicairkan

    Like

  4. Saya dapat keuntungan juga berinvestasi emas. Dua tahun lalu mencoba ikut program cicil emas sebuah bank syariah. Tahun ini karena perlu merenovasi rumah dicairkan. Alhamdulillah dapat untung banyak karena harga emas meroket. Gak nyangka aja. Biasanya nabung emas seperti yg diajarikan nenek dan ibu, simpan perhiasan emas, trus kl butuh uang dijual, hehe…

    Like

  5. semua tips yang ada di artikel ini memang benar, karena emas memiliki nilai yang tahan terhadap inflasi. apalagi cocok untuk mas kawin hehe

    Like

  6. investasi emas sekarang lagi booming lagi ya mbak. Memang bagus banget invest emas, hanya kadang bingung nyimpannya di mana. Ternyata bisa di pegadaian juga ya.

    Like

  7. Saat ini saya juga mulai menabung emas, Mbak. Hanya saja saat ini khusus simpanan buat keperluan mendadak saja. Apalagi masa pandemi seperti ini. Jadi ada kebutuhan, tinggal jual. Dan ini belum emas antam hehehe.
    Insya Allah ke depannya mau nabung emas antam ini. Kalau ada target, maka semakin semangat mencari rezeki.

    Terima kasih tips lengkapnya, Mbak.

    Like

    1. Kalau saya juga masih suka sama emas perhiasan, karena kalau dijual itu ruginya enggak terlalu banyak dan bisa untuk keperluan mendadak. Kalau emas LM cocoknya buat jangka panjang, entar 5tahun ke atas baru keliatan untungnya. Kalau untuk dijual jangka pendek malah rugi menurutku kalau emas LM

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s