Yuk Cari Tahu Apa Itu Colocation Server

Colocation sendiri berkaitan erat dengan rack, server, internet, data center, serta cloud computing. Hal ini bisa berkaitan juga dengan Infrastructure as a Servive atau IaaS. IaaS merupakan bentuk layanan dari third party berupa ‘persewaan’ infrastruktur TI. Akan tetapi, terbatas pada hal tertentu, seperti bandwidth, memory, RAM, storage, nerwork, serta konfigurasi lainnya. Segala peralatan yang dibutuhkan untuk menyusun sebuah sistem bisa dilakukan tanpa perlu membeli masing-masing unit yang diperlukan untuk membangun sebuah jaringan tertentu atau bisa disebut sewa. Mengapa lebih baik sewa? Simak uraian di berikut.

Dengan menyewa, perusahaan tentu bisa meminimalisir pengeluaran budget dalam pemeliharaan serta penggantian infrastruktur TI yang sudah lama. Sehingga hal yang harus dilakukan pengguna hanya mengupgrade atau menambahkan storage, memory, dan RAM saja. Kembali pada pembahasan colocation, yuk mengenal lebih jauh apa itu colocation.

Layanan colocation merupakan layanan penyimpanan server pada data center di setiap daerah. Kebanyakan yang menggunakan layanan colocation adalah perusahaan berskala besar untuk menyimpan file dan aktifitas lain baik itu aplikasi internal, werver website, serta aplikasi lainnya untuk perusahaan. Di bawah ini ada beberapa pengguna layanan colocation server:

  1. Website atau aplikasi dengan aktifitas yang sangat tinggi.
  2. Pembuat aplikasi atau perusahaan software house yang ingin hemat pengeluaran.
  3. Perusahaan media informasi yang membutuhkan banyak server.
  4. Perusahaan bisnis atau Startup yang membutuhkan resouerce besar dengan harga terjangkau.

Mempercayakan server pada colocation data center lebih menguntungkan dibandingkan dengan mengelola data center dan server sendiri. Akan tetapi, jika mempunyai tim IT yang profesional dan siap selama 24/7 untuk controlling dan menotorin data center maka tidak perlu memerlukan jasa colocation. Namun, dilihat dari banyak manfaat yang diterima jika menggunakan layanan colocation maka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membangun data center sendiri.

Selain colocation, Anda juga harus tahu cloud server. Cloud server sendiri merupakan sebuah server yang mempunyai operating system berbasis cloud. Jadi cloud server akan menggabungkan antara perangkat komputer dengan internet. Cloud server sendiri merupakan salah satu yang tercover oleh layanan colocation. Ada juga fungsi cloud server dalam bisnis yaitu sebagai media untuk storage atau penyimpanan data seperti lebih hemat biaya, lebih efisien bagi pengguna, bisa mengakses software dari cloud server tersebut, kemudahan untuk akses data bagi pengguna, serta tidak adanya biaya perawatan dalam maintenance perangkat keras.

Colocation dan dedicated server mempunyai arti yang berbeda. Perbedaannya tentang kepemilikan. Jika colocation bisa diartikan sebagai tempat untuk menitipkan server, sedangkan dedicated server bisa diartikan membeli dengan cara menyewa perangkat keras yang digunakan untuk kalangan pribadi, sehingga alat tersebut tidak akan berbagi dengan penyewa lainnya.

block-chain-2853054_1280

Colocation mempunyai dua model penyimpanan server, yaitu:

1. Model Rack

Model yang satu ini umumnya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna penyewa, ada yang hanya menggunakan rack, tetapi untuk keamanan yang lebih terjaga, banyak pengguna menggunakan colocation model kabinet.

2. Model Kabinet

Sama seperti model sebelumnya, model ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Begitu juga dengan pengguna yang mempunyai sedikit kebutuhan sedikit server lebih baik menggunakan Per U dikarenakan sesuai budget dan lebih efisien.

Dalam memilih layanan colocation, haruslah yang profesional. Di nexdatacenter.com  menyediakan layanan colocation dengan biaya yang terjangkau, dilengkapi dengan fitur-fitur terlengkap, serta melayani 24/7 jam. Buat bisnis Anda lebih berkembang.


Yuk Baca Juga Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s