Tips Menjalin Hubungan Suami Istri Agar Tetap Harmonis di Bulan Puasa


Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, hubungan suami istri selama bulan Ramadhan haruslah diperhatikan. Tidak boleh melakukan hubungan suami istri ketika siang hari dan hanya boleh dilakukan pada malam hari saja. Dalilnya yaitu Q.S Al-Baqarah ayat 187.

Namun sayangnya, karena mungkin kondisi fisik yang lebih mudah lelah setelah menjalankan ibadah puasa di siang hari ditambah dengan berbagai aktivitas lainnya, membuat banyak pasangan suami istri enggan berhubungan saat bulan puasa di malam hari. Alasan mengantuk, dan tidak ada waktu serta rasa letih menjadi alasan utama mengapa sering tertundanya bercinta di bulan puasa.

Lalu bagaimana solusinya? Nah, dalam artikel kali ini akan memberikan tips agar hubungan suami istri tetap harmonis selama bulan puasa:

1. Hindari Jenis Makanan Yang Bisa Membuat Ngantuk

Tips yang pertama adalah sebaiknya hindari jenis makanan yang bisa membuat ngantuk. Dalam hal ini, banyak pasangan suami istri yang gagal menerapkan tips berhubungan sebelum sahur karena masalah rasa kantuk yang dialami. Jika tubuh sedang mengantuk, biasanya kondisi badan pun akan menjadi lemas kurang bergairah sehingga keinginan untuk bercinta pun akan sirna.

Nah, cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih menu makanan dan minuman berbuka puasa secara secara selektif. Hindari minuman atau makanan yang terlalu manis yang bisa membuat gula darah cepat naik lalu turun setelahnya sehingga bisa menyebabkan badan lemas. Ada beberapa jenis minuman yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk berbuka, sepertti minuman jenis kopi yang mengandung kafein atau teh. Namun, cukupi kebutuhan cairan tubuh setelah seharian berpuasa dengan mengonsumsi air putih (mineral) saja.

2. Jangan Makan Berlebihan Yang Melampaui Batas Perut Untuk Istirahat

Tips berikutnya adalah jangan makan terlalu berlebihan yang melampaui batas perut untuk istirahat. Artinya, jam tidur yang seharusnya anda sudah terlelap, menjadi terganggu dengan kerja organ usus dan lambung yang dikarenakan menyantap makanan di atas jam 9 atau jam 10 yang dekat sekali dengan waktu tidur. Dengan makan terlalu banyak juga akan membuat anda merasa ngantuk dan akhirnya rencana berhubungan anda dengan pasangan menjadi tertunda.

3. Tidur Antara Pukul 21.30 hingga 22.00

Perlu anda ketahui bahwa istirahat yang cukup merupakan kunci menjaga vitalitas tubuh saat ingin berhubungan suami istri di bulan Ramadhan. Selain akan membuat tubuh anda tetap bugar, dengan tidur yang cukup juga akan membuat anda lebih mudah bangun di waktu sebelum sahur. Tentunya hubungan suami istri akan lebih berkualitas saat dilakukan dalam keadaan santai dan bugar.

Dalam hal ini, luangkan waktu untuk melakukan hubungan bersama pasangan sebelum santap sahur antara pukul 02.00 – 03.00. Rentang waktu ini terasa pas untuk melakukan hubungan suami istri sebelum santap sahur.

4. Komunikasikan Dengan Pasangan

Dalam hal ini, anda bisa mengajak pasangan berdiskusi untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan. Masing-masing pasangan tentunya memiliki tipe dan selera yang berbeda-beda. Namun, melakukan aktivitas hubungan sebelum sahur bisa menjadi cara yang tepat.

5. Pastikan Urusan Menu Sahur dan Hidangan Khusus Anda Sudah Beres Disiapkan

Agar hubungan anda dan pasangan lebih fokus pastikan bahwa menu untuk sahur dan hidangan untuk anak-anak sudah beres. Dengan demikian konsentrasi anda bersama pasangan tidak terpecah.


Yuk Baca Juga Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s