Review GoClean: Pengalaman Pertama Memesan Layanan GoClean di Mataram

Maaaak, udah!”

Para emak-emak kece se-Indonesia pasti tau arti kalimat ini ketika suara itu keluar dari arah kamar mandi. Yaps, itu artinya si kecil minta dicebokin! Padahal sore itu saya lagi bersih-bersih dapur. Baru aja mindahin beberapa perabotan yang ada di atas meja makan, belum sempat saya cuci, kewajiban mengurus si kecil tentu lebih saya utamakan.

Begitulah, kesibukan mengurus dua balita memang mengharuskan untuk menunda kerjaan rumah tangga. Entah itu menyapu, mengepel lantai, nyuci piring, nyuci baju, nyetrika, nyikat kamar mandi pasti tidak bisa diselesaikan semua dalam satu hari. Pernah waktu itu saya biarkan dua balita saya bermain di kamar sementara saya membereskan dapur yang berantakan. Lima menit berlalu dan tidak seperti biasanya, tidak terdengar adanya suara rebutan mainan kala itu.

“Anteng banget ya mereka? Tumben sepi banget enggak ada suaranya”, bisikku dalam hati.Buru-buru saya cek ke dalam kamar. Ah! Tentu saja mak! Jangan harap semua akan baik-baik saja. Ternyata si kakak (3tahun) sedang mandiin si adek (20 bulan) pakai bedak bayi! Ya Allah, untung bedaknya enggak sampai dituangkan ke wajah. Bisa masuk mata atau hidung kan bahaya.

Sejak saat itu saya lebih memilih menghabiskan banyak waktu untuk mendampingi anak-anak bermain. Rumah yang berantakan bisa dibereskan nanti saja, tapi waktu bersama anak-anak dan keselamatan mereka jauh lebih penting.

Hari ini, ketika draft tulisan ini dibuat (Minggu, 27/10/19) terasa begitu hectic. Ada beberapa tulisan yang harus segera tayang karena mepet deadline. Di satu sisi, tamu penting dari MUI akan datang. Mereka akan melakukan kunjungan/survey untuk keperluan lebel halal produk pizza dagangan suami.

Alhamdulillah sehari sebelumnya saya dan suami sudah melakukan general cleaning alias beres-beres semua sudut rumah, khususnya ruangan yang dipakai untuk produksi pizza. Tapi ada saja yang terlewat, kamar mandi tamu belum juga sempat dibersihkan dari kemarin. Karena itu tadi, kesibukan menjaga anak-anak masih menjadi prioritas.

Akhirnya saya nyerah, sesekali boleh lah order layanan GoClean dari GoLife-nya Gojek. Mumpung ada saldo Go-Pay dong mak! Apalagi di aplikasi GoLife tercantum akan ada diskon untuk orderan pertama yang pembayarannya via Go-Pay. Wah, harus dimanfaatkan nih!

Cara Order GoClean

Oke, langkah pertama sebelum memesan layanan GoClean adalah dengan mengunduh aplikasi GoLife terlebih dahulu. Setelah terinstall, buka aplikasinya, lalu pilih GoClean.

Cara order go clean

Setelah itu, akan muncul penjelasan tentang layanan GoClean. Oiya, ada info juga tentang kode voucher yang bisa kita gunakan. Lumayan, ada diskon 15.000 untuk penggunaan di jam 16.00-20.00. Tinggal masukin kode: BERSIHSENJA untuk mengaktifkan voucher tersebut.

Kemudian selanjutnya kita pilih kategori layanan. Ada yang Reguler dan ada yang Special. Kalau Reguler itu layananan bersih-bersih ruangan menggunakan peralatan dari GoClean atau bisa juga menggunakan peralatan pribadi. Sedangkan layanan Special itu paket beres-beres kos atau apartemen dan setrika baju.

Cara order go clean 2

Oke, karena saya butuhnya hanya untuk membersihkan kamar mandi tamu maka saya pilih layanan yang Reguler.

Setelah itu, kita tentukan mau pilih pakai peralatan dari GoClean atau peralatan sendiri? Tentunya jika memakai peralatan dari GoClean biayanya jatuhnya lebih mahal dibanding menggunakan peralatan sendiri. Berhubung waktu itu cairan pembersih kamar mandi habis, saya pilih memakai peralatan dari GoClean. Ternyata setelah saya cek, harganya cuma beda 10.000 doang kok.

Nah setelah itu akan muncul pilihan durasi layanan yang diinginkan. Ada pilihan 1 jam, 1.5 jam, 2 jam, 2.5 jam sampai 6 jam pun ada. Saya pilih aja sesuai kebutuhan yaitu 1 jam saja menurut saya cukup untuk membersihkan 1 kamar mandi.

Setelah itu ada juga pilihan “Preferensi Penyedia Jasa”. Jadi pelanggan bebas memilih penyedia jasa, mau yang pria atau wanita atau tidak ada preferensi alias terserah aja deh mitra terdekatnya siapa. Mau wanita atau pria ya tergantung keadaan yaa. Nah karena waktu itu suami ada di rumah, jadi kalau pun yang datang pria bagi saya enggak masalah.

Selanjutnya akan muncul jumlah yang harus dibayarkan untuk jenis layanan yang sudah dipilih. Total harga yang muncul di layar waktu itu Rp 48.000 (belum diskon).

Screenshot_2019-10-27-18-07-26-82

Daaan ini dia part yang paling saya suka. Ketika muncul rincian biayanya, ternyata saya hanya perlu membayar Rp 28.000. Wih lumayan banget ini mah diskon Rp 20.000! Enggak sia-sia ternyata mencoba layanan GoClean ini. Harganya tidak semahal yang saya bayangkan sebelumnya.

Review GoClean

Setelah memesan, sekarang tinggal menunggu kedatangan si mitra GoClean. Kebetulan dapetnya pria, namanya Pak Wahyudin. Ketika menunggu, ada chat masuk dari Pak Wahyudin mengabarkan kalau dia posisinya masih di Labuapi (Kabupaten Lombok Barat) which is lumayan jauh dari rumah saya di Kota Mataram.

Halo mba, mohon maaf saya posisinya masih di Labuapi. Kemungkinan sampai sana agak terlambat. Tapi saya usahakan tepat waktu mba jika berkenan menunggu.” Begitu kira-kira isi chat dari Pak Wahyudin waktu itu (saya lupa screenshoot).

Saya memaklumi sih, jarak antara Labuapi dan Mataram itu lumayan jauh. Pak Wahyudin bisa saja telat sampai 10 menit kalau saya perkirakan. Eh ternyata, setelah sampai rumah, Pak Wahyudin hanya telat 2 menit saja lho mak dari yang tertera di aplikasi! Saya sih orangnya santuy ya, telat dua menit ini ya enggak apa-apa lah 😀

Ketika turun dari motor, wajah Pak Wahyudin terlihat merasa bersalah. Kemudian kalimat yang pertama keluar darinya adalah permohonan maaf karena datang terlambat.

Wow, sopan sekali si bapak,” bisikku dalam hati.

Wah, enggak apa-apa kok Pak. Santai saja,” jawabku.

Go Clean mataram

Biasanya beresin ruangan apa dulu Pak? Soalnya saya baru pertama order GoClean,” jelasku pada Pak Wahyudin.

Karena ini waktunya cuma satu jam saja kan bu, jadi saya bersihkan ruangan yang paling berantakan dulu aja,” jelasnya.

Oh, oke pak. Berarti kamar mandi dulu aja yaa…” pintaku.

Baik bu,” jawabnya singkat.

Saya memang order GoClean ini niatnya dari awal untuk membersihkan kamar mandi saja. Tapi sengaja saya tanyakan terlebih dahulu seperti itu. Karena ini adalah pengalaman pertama saya memesan layanan GoClean. Ternyata saya baru tahu kalau udah selesai satu ruangan, boleh kok minta tolong beresin ruangan lain. Selama masih dalam waktu pengerjaan sesuai orderan dalam aplikasi tentunya.

Tanpa basa-basi Pak Wahyudin langsung minta izin untuk masuk ke dalam rumah dan bergegas menuju kamar mandi.

Duh, maaf ya Pak kamar mandi ini udah lama belum sempat kami bersihkan,” kata suami membuka pembicaraan dengan Pak Wahyudin.

Oh, gapapa Pak. Lha emang sudah tugas saya ini kok Pak,” jawab Pak Wahyudin sambil tersenyum.

Pak Wahyudin pun langsung melanjutkan pekerjaannya. Sekilas saya perhatikan bahwa yang pertama kali dikerjakan adalah menyapu langit-langit kamar mandi.Wih, ternyata kerjaannya cukup menyeluruh ya?! Kemudian dia keluar lagi untuk menaruh sapunya dan mengambil beberapa cairan pembersih lantai kamar mandi. Terdengar suara kalau ia sedang menyikat, sepertinya menyikat dinding dan lantai kamar mandi.

Saya akui, lantai dan dinding kamar mandi tamu ini emang berkerak lumayan parah. Sehingga saya terkadang merasa geli untuk membersihkannya wkwk. Sepertinya Pak Wahyudin juga membutuhkan waktu lumayan lama untuk menyikat lantai kamar mandi. Terdengar juga suaranya menyikat pintu kamar mandi. Wew! Luar biasa!

Selang sekitar 40-45 menit Pak Wahyudin keluar dari kamar mandi. Sempat saya tawarkan teh hangat, namun katanya dia mau melanjutkan dulu kerjaannya. Lumayan waktu 15 menit untuk membersihkan ruangan lain. Kemudian dia terlihat menyapu dan membersihkan lantai dapur yang memang waktu itu sangat berantakan. Kebetulan meja makan tidak terlalu berantakan sehingga dia memilih membereskan lantai dapur yang licin dan lengket karena jarang dipel.

Waktunya pun tak terasa sudah lewat 1 jam. Beliau kemudian buru-buru pamit karena sudah adzan maghrib. Setelah kepergiannya, saya pun penasaran dan langsung melihat hasil kerjanya.

bersihin kamar mandi go clean mataram 1

Alhamdulillah hasilnya bersih ma,” kata suamiku. Ternyata dia sudah masuk kamar mandi terlebih dahulu. Ketika saya mengecek, memang bersihnya paripurna. Artinya, dari plafon, dinding dan lantainya sudah jauh lebih bersih dibanding sebelumnya.

Screenshot_2019-10-27-18-07-20-55

Terima kasih Pak Wahyudin! Bapak sangat berhak mendapatkan bintang 5 dari saya 🙂

Oke mak, cukup sekian Review GoClean dari baiqrosmala.com. Semoga tulisan ini bermanfaat ya! Thanks for reading and see you on my next posts!


Baca Juga Artikel Lainnya:

One thought on “Review GoClean: Pengalaman Pertama Memesan Layanan GoClean di Mataram

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s