Honeymoon Romantis nan Eksotis di Pulau Lombok

Seberapa penting sih bulan madu alias honeymoon bagi pasangan yang baru menikah? Well, kalau menurut saya sih penting banget. Tidak hanya untuk pasangan yang baru nikah aja, pasangan yang sudah lama menikah pun perlu juga merencanakan bulan madu kedua. Untuk apa? Untuk memupuk kembali rasa cinta yang ada, eeaa.

Eh kali ini serius lhoo yaa. Bulan madu itu tidak hanya “tradisi” yang harus dijalani oleh pasangan muda saja. Pasangan suami istri yang sudah lama menikah juga sesekali perlu mempererat hubungan emosional antar satu dengan lainnya. Momen bulan madu yang hanya berdua, tanpa ada gangguan dari anak atau keluarga bisa banget menciptakan hubungan yang lebih harmonis. Hubungan yang lebih intens ketika honeymoon juga dapat melatih kepekaan diri terhadap pasangan.

Walaupun penting, sayangnya banyak pasangan yang sudah lama menikah tidak terlalu berfikir untuk merencanakan honeymoon kedua. Alasannya beragam, mulai dari kurangnya waktu karena terkuras oleh rutinitas pekerjaan hingga masalah budget. Hmm, masing-masing rumah tangga punya masalahnya tersendiri sih ya.. Tapi kalau kalian udah berhasil menyelesaikan masalah yang ada, habis itu kalian bingung mau pergi honeymoonnya kemana? Nih saya kasih sedikit alasan kenapa kalian harus bulan madu ke Lombok aja.

Kenapa Lombok? Karena Lombok itu eksotis gaes. Pulau Lombok itu pulau romantis yang recommended dikunjungi oleh pasangan suami istri. Kalian akan dibuat kagum dengan pesona alam yang disajikan. Mulai dari menikmati sunset di bibir pantai dengan deretan pohon kelapa yang melambai, sampai dengan indahnya bebukitan yang bikin lupa pulang. Lebay amat yak? Wkwk, biarin lah dibilang lebay, emang gitu adanya. Terus, apa aja yang bisa kalian nikmati kalau bulan madu ke Lombok?

1. Menikmati Senja di Pantai

Lombok itu menurut saya adalah pulau kecil gaes, dibandingkan Pulau Jawa or Pulau Sumatera misalnya. Sangking kecilnya, kalian bisa keliling dari wilayah barat Lombok sampai ke timur itu tidak sampai satu hari alias hanya beberapa jam saja. Justru karena kecil inilah Pulau Lombok akhirnya memiliki sederetan pantai yang indah di sekelilingnya yang jumlahnya mungkin mencapai ratusan. Saya pun pernah menulis 7 Pantai dekat Bandara Lombok yang Bisa Dikelilingi dalam Satu Hari saja gaes. Jadi kalau mau ke Lombok tapi terkendala waktu liburan yang sempit, bisa banget lah disiasati dengan berkeliling pantai saja.

pantai-selong-belanak

Eh tapi kalau buat honeymoon ya enggak asyik lah yaa kalau cuma sehari dua hari. Banyak banget pantai indah yang bisa dinikmati seperti Pantai Senggigi yang terkenal dengan suasananya yang romantis. Pantai Senggigi menawarkan pemandangan sunset yang tak kalah cantik dibandingkan dengan Pantai Kuta Bali. Selain itu ada juga Pantai Pink dengan pasirnya yang bewarna merah muda. Jangan lewatkan juga untuk merasakan sensasi berjalan di pasir putih dengan tekstur pasirnya seperti butiran merica di Pantai Tanjung Aan.

2. Snorkeling ke Tiga Gili

gili-trawangan-
Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB

Bagi kalian pasangan petualang yang suka dengan keindahan alam bawah laut, Pulau Lombok juga menawarkan spot snorkeling terkeren di Tiga Gili yaitu Gili Trawangan, Gili Menu dan Gili Air. Ketiga gili tersebut terkenal dengan keindahan alam bawah laut seperti kerang dan ikan warna-warni. Sebenarnya spot snorkeling tidak hanya di tiga gili saja namun juga di gili lain seperti Gili Kondo dan Gili Nanggu. Baca juga: Spot Snorkeling di Lombok.

3. Wisata Kuliner

ayam-bakar-taliwang
Sumber: halallifestyle.id

Belum afdhol rasanya kalau berkunjung ke Lombok tanpa menyicipi kuliner khasnya. Yaps, sesuai namanya, Lombok terkenal memiliki kuliner khas yang super pedas seperti ayam bakar taliwang, pelecing kangkung, beberuk, nasi balap puyung, dll. Cocok banget kan menikmati Pulau Lombok sambil makan yang pedas-pedas? 😀

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Lombok yang Super Pedas

4. Berbaur dengan Masyarakat Lokal

cidomo
Sumber: kicknews .today

Berkunjung ke Pulau Lombok tidak melulu tentang menikmati pesona alam. Menikmati Pulau Lombok bisa juga dengan cara berbaur dengan orang asli Lombok untuk mengenal kearifan lokal. Salah satu alternatif caranya adalah dengan membeli paket keliling Gili Trawangan dengan Cidomo misalnya. Kalian bisa jalan-jalan keliling gili menggunakan Cidomo (delman khas Lombok) sambil ngobrol ringan dengan pak kusir. Dengan begitu kalian bisa menanyakan apa saja mengenai Lombok dan tentunya pak kusir cidomo akan senang hati menjelaskannya.

5. Berkunjung ke Desa Sade

desa sade
Sumber: Travel Detik

Cara menikmati Pulau Lombok berikutnya adalah dengan berkunjung ke desa wisatanya yaitu Desa Sade. Di Desa Sade ini terdapat bangunan asli suku sasak yang masih dilestarikan sampai sekarang. Bangunan sederhana bertembok anyaman bambu, beratapkan alang-alang kering lengkap dengan lantainya yang masih menggunkan tanah. Masyarakat yang tinggal di Desa Sade adalah masyarakat asli suku sasak yang masih sangat kental memegang teguh adat dan tradisi sasak. Di desa ini juga merupakan tempat produksi kain tenun khas sasak yang dibuat secara manual atau handmade.

Okedeh gaes setidaknya itulah 5 hal yang bisa kalian lakukan di Pulau Lombok untuk berbulan madu. Jika kalian masih bingung menentukan daerah mana saja yang harus dikunjungi kalian bisa juga baca tulisan saya yang ini: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok.

Sebenarnya kalau sudah di Lombok kalian tidak akan kesulitan kok mencari tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi. Karena akses informasi sudah lengkap banget kan sekarang. Tinggal googling, semua info mengenai tempat wisata sampai google map pun akan langsung muncul. Untuk berbulan madu, kalau enggak mau ribet sih enaknya langsung aja beli paket honeymoon Lombok murah yang banyak disediakan jasa tours and travel. Tapi kadang harus dipastikan lagi bahwa travelnya terpercaya. Dan kalau pakai jasa travel tentunya akan lebih mahal kan?

Jika kalian terkendala masalah budget yang minim, saya merekomendasikan untuk membeli sendiri tiket pesawat dan hotelnya. Belinya bisa lebih murah kalau melalui Traveloka misalnya. Soalnya kalau booking paket tiket pesawat + hotel di Traveloka jatuhnya jauh lebih murah dibandingkan booking tiket pesawat di maskapai dan booking room hotel secara terpisah.

Alright gaes segitu dulu yaa info dari saya. Bagi kalian yang pernah liburan ke Lombok boleh lah dishare pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ini ya! 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya:

3 thoughts on “Honeymoon Romantis nan Eksotis di Pulau Lombok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s