Fakta Menarik Candi Borobudur yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Belum lama ini, umat Buddha di seluruh dunia merayakan hari raya Waisak. Di Indonesia sendiri, ada satu tempat yang sangat terkenal untuk merayakan hari besar tersebut, yakni di Candi Borobudur, candi Buddha terbesar yang ada di dunia. Mungkin kamu sudah pernah atau sering mendengar tentang candi yang menjadi salah satu warisan budaya paling terkenal ini. Tapi ada beberapa fakta lain yang cukup menarik untuk disimak mengenai Candi Borobudur. Tanpa berlama-lama, mari langsung kita simak sejumlah faktanya.

1. Dibangun dengan Tumpukan Batu

Bagi kalian yang sudah pernah berkunjung ke Candi Borobudur sebelumnya pasti tahu bahwa candi ini dibangun dengan tumpukan batu. Nah menariknya, batu-batu tersebut ditumpuk tanpa menggunakan bahan perekat sama sekali. Setiap batunya ditumpuk menjadi susunan candi yang sangat besar tanpa menggunakan semen atau perekat apapun. Namun nyatanya, batu-batu tersebut masih bertahan hingga sekarang. Menakjubkan bukan?

2. Terdapat 2672 Relief

Di setiap dinding yang ada di Candi Borobudur terukir relief yang jika disejajarkan akan membuat bentangan yang sangat panjang mencapai enam kilometer. Bisa dibilang relief tersebut merupakan relief Buddha yang terbesar dan paling lengkap di dunia. Jika dilihat dari nilai seninya, semua relief yang ada di Candi Borobudur ini memiliki nilai yang sangat tinggi karena bukan hanya jumlahnya yang banyak namun dari tampilannya juga. Relief tersebut menceritakan mengenai perjalanan Buddha dan semua pesan moral yang ada.

3. Dinobatkan Sebagai 7 Keajaiban Dunia

Borobudur adalah sebuah candi terbesar yang sudah ada sejak abad ke-9. Meskipun sudah sangat lama, namun candi ini masih berdiri dengan sangat kokoh. Hal tersebut membuat candi ini menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, dan sangat terkenal. Nilai warisan budaya yang dimiliki oleh candi ini sangat tinggi juga menjadi salah satu faktor penentunya. Selain itu cara membangun candi ini masih menjadi misteri hingga sekarang yang membuatnya begitu ajaib.

4. Dibangun Tanpa Menggunakan Peralatan Canggih

Dilihat dari usianya, pastinya di zaman tersebut belum ada peralatan canggih yang memadai untuk bisa membuat sebuah candi yang sangat besar seperti ini. Di era modern seperti sekarang ini, bukanlah hal sulit untuk membangun sebuah gedung tinggi karena dukungan peralatan yang canggih. Ukuran dari Candi Borobudur ini setara dengan sebuah gedung dengan 10 lantai. Pada saat itu tidak ada peralatan seperti truk untuk mengangkat bebatuan, tidak ada crane, dan lain sebagainya. Semuanya dikerjakan dengan peralatan sederhana seperti palu. Kendaraan yang ada pada saat itu pun hanyalah pedati, sebuah gerobak yang ditarik oleh bantuan sapi. Coba bayangkan betapa beratnya membangun candi ini dengan ukuran batu yang besar-besar seperti yang bisa kamu lihat sebagai material membangun candi ini. Tidak heran jika proses pembangunannya membutuhkan waktu hingga 23 tahun.

Kalau kamu tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai Candi Borobudur, kamu bisa langsung mengunjungi dan menyaksikan betapa ajaibnya warisan budaya ini. Pastinya, kalau kamu mau liburan ke Kota Jogja, selain mencicipi gudeg sebagai kuliner khasnya, kamu juga wajib memasukkan candi ini sebagai tempat yang harus dikunjungi. Informasi lengkap mengenai harga tiket masuk Borobudur bisa kamu dapatkan secara online. Kamu bahkan juga bisa sekaligus membeli tiketnya menggunakan smartphone kesayangan kamu.


Featured image by tiket. com

Baca Juga Artikel Lainnya:

Advertisements

One thought on “Fakta Menarik Candi Borobudur yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s