Kenapa Banyak Orang yang Jadi Suka Tinggal di Apartemen?

Entah yang mana lebih dulu, banyak orang yang menyewakannya sehingga semakin banyak orang yang lebih memilih tinggal di apartemen? Atau dimulai dari banyaknya orang yang mencari apartemen sehingga keberadaan apartemen kian menjamur seperti saat ini? Well, yang jelas ada supply dan demand yang saling berkaitan antar satu dan lainnya.

Terkait semakin banyaknya apartemen yang menjamur terutama di kota besar seperti di Jakarta kalian setuju dong ya? Saya dulu terakhir ke Jakarta sekitar tahun 2015. Wew enggak kerasa empat tahun yang lalu, dan saya melihat keberadaan apartemen di Jakarta emang lagi menjamur banget. Apalagi sekarang ya? Pasti makin banyak?!

Pertanyaannya, kenapa tinggal di apartemen itu kian banyak peminatnya? Terutama dari generasi milineal. Kenapa? Bukankah ada rumah kos yang jauh lebih murah? Atau sekalian aja uang sewa apartemen buat nyicil bayar rumah? Hmm entahlah, itu semua sih balik ke orangnya masing-masing. Pasti ada pertimbangan tertentu sehingga memilih menyewa atau bahkan untuk beli apartemen di Jakarta.

Empat tahun yang lalu saya masih di Jakarta dan saya mengira orang yang tinggal di apartemen itu pasti orang yang gajinya emang gede. Ya wajar lah kalau di Jakarta mah kalau gaji udah lumayan tinggi, lifestyle juga ngikut. Yang awalnya bisa bersabar tinggal di rumah kos setelah ada uang banyak pasti pengen naik level lah yaa. Wkwk tapi ternyata saya hanya julid pemirsah!

Tinggal di apartemen itu banyak pertimbangannya juga lah ya, bukan semata-mata masalah lifestyle! Dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata alasan mengapa generasi milineal lebih suka tinggal di apartemen itu disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

sewa apartemen

Lokasi

Lokasi yang strategis menjadi pertimbangan utama kenapa memilih tinggal di apartemen. Biasanya orang akan memilih lokasi yang dekat dengan tempat kerja, sekolah dan fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan atau fasilitas umum lain yang diperlukan untuk keperluan sehari-hari.

Dibandingkan dengan rumah petak atau rumah kos di pinggiran kota Jakarta, walaupun harganya terjangkau tapi memerlukan waktu lama untuk diakses di tengah kemacetan ketika pulang kerja misalnya. Maka tak heran jika generasi milenial lebih memilih tinggal di apartemen yang berlokasi dekat dengan kantor.

Fasilitas Lengkap

Kini sudah banyak apartemen yang memiliki fasilitas super lengkap. Selain berada di lokasi strategis yang dekat dengan fasilitas umum, banyak juga yang menawarkan fasilitas lengkap di dalam area apartemen itu sendiri. Hal ini menjadikan penghuni apartemen tidak perlu bersusah payah untuk keluar kompleks jika ada keperluan tertentu. Fasilitas lengkap itu seperti rumah sakit, supermarket, jogging track, sekolah, taman dan lain sebagainya.

Harga

Seiring dengan menjamurnya apartemen di Jakarta, harganya pun ikut bersaing. Banyak apartemen yang menawarkan harga sewa atau harga jual yang tidak terlalu menguras kantong milenial. Tak heran, tinggal di apartemen kian menjadi populer di kalangan milenial saat ini.

Investasi

Alasan investasi ini juga lagi populer di kalangan milenial. Yups, siapa bilang generasi milenial hanya memikirkan lifestyle dan tidak melek investasi? Banyaknya developer yang menawarkan harga apartemen yang relatif terjangkau menjadikan anak muda juga memikirkan faktor investasi ke depannya. Karena sudah dipastikan harga property dari tahun ke tahun semakin tinggi.

No Rempong

Selanjutnya adalah maintenance apartemen yang tidak repot alias no rempong. Ukuran apartemen biasanya tidak seluas rumah pribadi sehingga tidak memerlukan asisten rumah tangga dalam hal beres-beres. Ini juga relatif sih ya. Yang jelas penghuni apartemen tidak usah pusing untuk memikirkan perbaikan pipa air yang macet, masalah air, listrik, keamanan, semuanya sudah ditangani oleh pihak pengelola.

Keamanan

Terakhir dan yang paling penting adalah masalah keamanan. Pihak pengelola apartemen biasanya menyediakan sistem keamanan yang canggih untuk memastikan setiap penghuninya merasa aman dan nyaman. Penghuni apartemen tidak perlu merasa khawatir akan terjadi hal yang buruk karena pengamanan yang ketat 24 jam.

Oke gaes itulah kira-kira beberapa alasan mengapa kaum milenial sekarang ini lebih suka tinggal di apartemen. Lagi populer lah ya intinya, menurut kalian bagaimana?


Baca Juga Artikel Lainnya:

Advertisements

3 thoughts on “Kenapa Banyak Orang yang Jadi Suka Tinggal di Apartemen?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s