10 Plugin Optimasi Gambar Terbaik Untuk WordPress

10 Plugin Optimasi Gambar Terbaik Untuk WordPress. Mengoptimalkan gambar untuk situs blog anda tidak hanya akan membantu beban situs wordpress anda menjadi lebih cepat, akan tetapi juga dapat meningkatkan SEO situs blog anda. Gambar yang memiliki resolusi tinggi secara drastis dapat memperlambat kecepatan pemuatan halaman blog. Untuk itu diperlukan bagaimana caranya untuk memperkecil ukuran gambar tanpa harus kehilangan kualitas dari gambar-gambar tersebut.

Di artikel kali ini saya akan memberikan pilihan 10 plugin terbaik untuk meng optimasi gambar supaya gambar-gambar lebih SEO Friendly untuk situs wordpress anda. Yuk, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga : 5 Plugin WP Agar Webste Mobile Friendly

1. Plugin Optimasi Gambar : Wp Smush.IT

Wp Smush.IT merupakan plugin WordPress (WP) yang digunakan untuk mengkompres gambar anda secara individual melalui media manager WP atau kompress gambar secara massal/banyak melalui item sub menu Bulk Smush.it dibawah ‘Media’. Plugin ini bekerja dengan cara pengupasan meta data dari file .JPEG, mengoptimalkan kompresi .JPEG, .GIF mengkonversi tertentu untuk .PNG.

2. Plugin Optimasi Gambar : EWWW Image Optimizer

EWWW Image Optimizer merupakan plugin pengkompres gambar di WP yang secara otomatis dan losslessly mengoptimalkan gambar-gambar anda saat anda melakukan upload ke situs anda. Hal ini juga dapat mengoptimalkan berbagai gambar yang telah anda unggah. Fitur lain yang menarik dari plugin ini yaitu kemampuannya untuk dapat mengkonversi gambar anda ke format file yang dapat menghasilkan ukuran gambar paling kecil. Hal ini juga dapat menjadi pilihan untuk menerapkan pengurangan lossy pada gambar ber ekstensi .PNG.

2 plug in wp
Source: IDwebhost

3. Plugin Optimasi Gambar : CW Image Optimizer

CW Image Optimizer merupakan plugin WP lain yang secara otomatis dan losslessly untuk mengoptimalkan gambar anda saat anda sedang melakukan upload ke situs anda, dan dapat juga untuk mengoptimalkan gambar yang diunggah sebelumnya. Plugin ini didasarkan pada plugin Smush.it, meskipun tidak seperti pada plugin WPMU DEV yang menggunakan layanan Yahoo Inc Smush.it, CW Image Optimizer menggunakan alat optimasi gambar dari Linux littleutils. Ini berarti gambar anda tidak akan pernah meninggalkan server anda.

4. Plugin Optimasi Gambar : Imsanity

Jangan takut dengan gambar dengan fitur aneh dari Imsanity dalam WP Plugin Repository. Plugin gratis ini dapat secara otomatis mengeubah ukuran gambar menjadi lebih wajar. Sebuah fitur yang menari dari Imsanity yaitu kemampuan untuk mengatur lebar maksimal, tinggi dan kualitas. Anda juga dapat melakukan konversi file berekstensi .BMP ke .JPG sehingga gambar dapat ditingkatkan sesuai keinginan anda.

5. Plugin Optimasi Gambar : Hammy

Jika anda mengambil desain adaptif yang seirus, anda mungkin ingin untuk mempertimbangkan menggunakan plugin Hammy. Plugin ini bekerja dengan cara mengambil gambar anda dan meregenerasikan sejumlah gambar menjadi berukuran lebih kecil. Jadi, ketika seorang pengunjung tiba di situs blog anda, mereka akan melihat gambar berukuran paling tepat atau mungkin yang terkecil. Hal ini membuat proses situs anda lebih baik dan lebih cepat, terutama bagi pengguna ponsel/smartphone. Hammy hanya bekerja untuk gambar dalam post dan page saja.

6. Plugin Optimasi Gambar : PB Responsive Images

Konfigurasi default/bawaan menyediakan ukuran gambar yang diperlukan untuk tema jenis Twenty Eleven sebagai referensi. Anda harus menyesuaikan konfigurasi supaya sesuai dengan tema wordpress anda. Gambar Eace diformat ulang berdasarkan pada pertanyaan media CSS standar dan SLIR gambar pada pasangan query, hal ini memberikan sejumlah besar fleksibilitas dalam berbagai kombinasi query’nya.

Misalnya dengan permintaan media min-width : 500 dan query akan mengubah ukuran dari width 700, maka versi gambar 700 pixel lah yang hanya akan di tampilkan ketika layar lebih besar dari 500 pixel lebarnya. Selain itu, plugin ini juga menyediakan shortcode yang memungkinkan anda untuk dapat menyelesaikan query yang digunakan per gambar, dan fungsi pembantu yang dapat anda gunakan untuk menyesuaikan query yang digunakan per pos atau per layout.

3 plug in wp
Source: IDwebhost

7. Plugin Optimasi Gambar : SEO Friendly Images

SEO Friendly Images dapat mengedit semua gambar anda dengan deskripsi ALT yang tepat dan TITLE (judul) atribut untuk membantu meningkatkan SEO gambar anda. Jika gambar anda tidak mempunyai ALT dan TITLE sudah ditetapkan, plugin ini akan menambahkan mereka sesuai dengan pilihan yang anda tentukan.

Apakah layak untuk menggunakan ALT dan TITLE atribut? ya, karena ALT atribut menjelaskan tentang gambar anda ke mesin pencari, sementara TITLE otomatis akan muncul dalam tooltip ketika user/pengguna menyorot gambar.

8. Plugin Optimasi Gambar : Media File Renamer

Media File Renamer ini memungkinkan anda untuk dapat mengubah nama file media anda dengan cara memperbaharui judul mereka. Ini juga secara otomatis akan melakukan update link mereka di dalam artikel/post.

Mesin telusur seperti google memberikan banyak hal penting yang menjadi bahan sumber nama-nama penting dan deskriptif serta supaya anda dapat mengunakan kata kunci yang tepat untuk meningkatkan SEO dari gambar anda.

9. Plugin Optimasi Gambar : Lazy Load

Plugin Lazy Load satu ini tidak perlu di konfigurasi karena plugin tersebut bekerja ‘out of the box’. Menggunakan jQuery sonar yang hanya memuat gambar ketika halaman itu terlihat di atas flip. Plugin ini adalah penggabungan dari kode yang ditulis oleh tim VIP WordPress.com, tim Redesign TechCrunch 2011, dan Jake Goldman dari WP konsultasi 10up.

10. BJ Lazy Load

Bj Lazy Load ini memungkinkan anda untuk mengoptimalkan gambar yang telah dipilih, termasuk postingan gambar dan thumbnail, gambar gravatas dan Iframe serta mengganti konten dengan placeholder. Tidak seperti plugin Lazy Load, ada beberapa pengaturan sederhana yang memungkinkan anda untuk dapat menyesuaikan bagaimana plugin bekerja, seperti memilih placeholder. Plugin ini juga melayani ukuran gambar untuk dioptimalkan, otomatis menyajikan dalam skala kecil, gambar dalam desain yang responsif, dan secara otomatis juga melayani hiDPI gambar untuk hiDPI layar seperti Apple display retina.

4 plug in wp
Source: IDwebhost

Baca Juga : 5 Plugin Terbaik WordPress yang Wajib Anda Miliki

Kesimpulan

Itulah 10 plugin optimasi gambar terbaik pada wordpress yang dapat anda pilih dan coba sesuai dengan keinginan anda. Kami sudah menjelaskan dan mendeskripsikan singkat semua plugin tersebut, anda tinggal memilih dan mencobanya guys.

IDwebhost akan update selalu dalam memberikan berbagai macam artikel bisnis menarik untuk membantu mengembangkan usaha anda, Simak dan pantau terus di blog IDwebhost ya guys. IDwebhost juga menyediakan dan melayani berbagai jasa dan layanan menarik yang sudah dipercaya oleh lebih dari 100 ribu pelanggan sampai luar negeri.

Oiya IDwebhost merupakan Salah satu hosting terbaik lho. Jasa IDwebhost antara lain seperti jasa web hosting dan domain, jasa pembuatan website (toko online, perusahaan, individu dan bahkan desa yang gratis), jasa promosi online. Sedangkan untuk layanan IDwebhost ada hosting unlimited, wordpress hosting, reseller domain, hosting indonesia, dan dedicated server. Harga yang IDwebhost tawarkan terjangkau denga kualitas yang bersaing.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Advertisements

One thought on “10 Plugin Optimasi Gambar Terbaik Untuk WordPress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s