Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel

Saya baru tahu, ternyata cuka apel sekarang lagi populer di kalangan komunitas sehat dikarenakan berbagai manfaat yang dibawanya. Sebenarnya makan buah apelnya langsung aja udah memberikan banyak manfaat lhoo, dan cuka apel juga tak kalah bermanfaat.

Manfaat Buah Apel

Berdasarkan artikel yang saya baca di Halodoc, buah apel memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Satu buah apel yang berukuran sedang sudah bisa mencukupi kebutuhan Vitamin C tubuh hingga 14%. Selain itu, apel adalah buah yang bebas lemak dan kolesterol. Mengonsumsi buah apel juga dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti Alzheimer, kanker paru, kanker payudara, penyakit jantung, hingga diabetes.

Baca Juga: Terbebas dari Kolesterol

Wah, banyak juga yaaa manfaat apel untuk kesehatan? Nah, selain kesehatan ternyata apel juga bermanfaat dalam dunia kecantikan. Cuka apel dipercaya dapat menghilangkan jerawat lho! Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba cuka apel untuk menghilangkan jerawat. Apa saja?

Cuka Apel untuk Menghilangkan Jerawat

Jika kalian tertarik untuk mencoba menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat maka kalian harus melakukannya dengan cara yang benar. Apalagi jika kalian memiliki kulit yang sensitif. Bagaimana tipsnya dan apa saja yang harus diperhatikan ketika menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat? Berikut rangkuman saya yang saya ambil dari berbagai sumber:

1. Uji Coba Reaksi Alergi

Sebelum mengoleskan cuka apel ke bagian kulit wajah, langkah pertama ini perlu sekali kalian perhatikan yaitu kalian harus uji coba dulu apakah kalian alergi atau tidak. Penting banget kan, apalagi buat kalian yang kulitnya sensitif. Takutnya sih enggak cocok, bukannya malah menghilangkan jerawat malah bikin kulit iritasi kan repot juga.

Gimana cara uji coba reaksi alerginya? Yaitu dengan cara mengambil sedikit cuka apel lalu ditepuk-tepuk pada kulit di bagian belakang telinga. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika terjadi reaksi panas seperti terbakar atau gatal-gatal berarti yo wes kalian belum cocok untuk menggunakan cuka apel ini ya! Nah, kalau tidak ada reaksi apa-apa kita lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Harus Diencerkan Terlebih Dulu

Langkah selanjutnya adalah mengencerkan cairan cuka apelnya. Yaps, cuka apel tidak boleh dioleskan langsung di kulit ya! Karena suka apel itu sifatnya perih, bahkan sangat bisa mengiritasi kulit bahkan menyebabkan sensasi terbakar. That’s why harus diencerkan terlebih dahulu.

Gimana caranya? Untuk kulit normal perbangingan air dan cukanya adalah 3:1 atau 4:1 (air:cuka). Nah untuk kulit yang sensitif campurannya lebih baik diencerkan lagi ya, alias lebih banyakin lagi airnya.

3. Gunakan Kapas

Setelah mencampurkan cuka apel dengan air, maka sebaiknya kalian menggunakan kapas untuk mengoleskan cairannya ke kulit wajah. Jadi mirip seperti ketika menggunakan face toner gitu lho girls. Mudah kan ya? Oiya pastikan lagi untuk menghindari area mata ketika kalian mengoleskan ke wajah soalnya kalau kena mata pasti rada perih.

4. Jangan Setiap Hari

I know kalian pasti pengen agar si jerawat cepat-cepat pergi dan kulit menjadi normal kembali. Walaupun cuka apel dipercaya dapat menghilangkan jerawat, tapi dosis pemakaiannya tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari. Alasannya adalah untuk mencegah lapisan kulit terkikis. Maka dianjurkan untuk digunakan sebanyak 1 sampai 3 kali saja dalam seminggu.

5. Gunakan Malam Hari

Tips selanjutnya adalah melakukan perawatan ini pada saat malam hari sebelum tidur. Jadi kalian bisa mendiamkannya selama semalaman, mirip krim malam gitu deh. Ketika bangun di pagi hari tinggal dibilas. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya dibilas menggunakan air hangat.

6. Jangan Diminum

Eh iya, ini info penting banget deh 😀
Iya, cuka apel itu bagus banget untuk menghilangkan jerawat. Tapi let me tell you kalau efek menghilangkan jerawatnya itu hanya berlaku untuk pemakian luar saja ya! Alias kalau kalian meminum cuka apel tidak akan memberi efek apapun dalam menyembuhkan atau mengurangi jerawat 🙂

7. Bisa untuk Bekas Jerawat

Selain untuk menghilangkan jerawat, cuka apel juga bagus untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat lho! Caranya adalah dengan membuat campuran cuka apel + madu. Jangan lupa untuk tetap menambahkan air dalam campuran tersebut.

Takarannya cukup satu sendok makan untuk cuka apel dan madu kemudian tambahkan air secukupnya. Jika sudah tercampur rata lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 20-25 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Dijamin kulit wajah juga akan menjadi kenyal dan lembut.

Oke, itu dia tips menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat. Selamat mencoba!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s