Mengenal Aplikasi Kasir yang Cocok untuk Usaha Besar Maupun Kecil

Sebagai seorang yang baru tiga tahun ini merintis usaha kuliner, banyak suka dan duka sudah kami (saya dan suami) lewati. Mulai dari masalah permodalan, masalah karyawan yang sering banget gonta ganti, masalah pelaporan keuangan hingga tentunya masalah bagaimana cara agar usaha yang baru dirintis bisa bertahan dan berkembang di tengah banyaknya usaha kuliner yang menjamur saat ini.

Saya masih inget banget dulu ketika masih merintis dari awal, konsep yang kami pakai adalah kafe baca. Jadi kami menyewa satu ruko kecil di sekitaran Gomong – Mataram, kafe tersebut kami lengkapi dengan ratusan buku yang tersusun rapi dalam satu rak yang tertempel di dinding. Harapan kami pengunjung yang datang akan merasa nyaman menunggu pesanannya sambil membaca buku. Benar saja, kebanyakan pelanggan kami adalah mereka yang suka membaca. Bahkan ada yang rela duduk berjam-jam untuk membaca buku dengan hanya memesan satu cangkir kopi hitam khas Lombok.

cafe-pinter

Singkat cerita, kami tidak bisa lagi melanjutkan usaha di tempat tersebut karena terhalang modal. Hasil penjualan selama satu tahun itu tidak cukup untuk memperpanjang masa sewa ruko senilai hampir 50 juta waktu itu. Sempat ada pihak bank yang menawarkan pinjaman karena omset kami tergolong lumayan per bulannya. Tapi suami keukeuh untuk tidak berurusan dengan bank untuk menghindari riba.

Akhirnya kami memutuskan untuk berjualan online dari rumah saja. Alhamdulillah hingga saat ini hasil penjualan sangat lumayan, berbekal modal yang kecil kini kami sedikit demi sedikit bisa mewujudkan mimpi. Tidak perlu membayar sewa ruko, dengan berjualan online dari rumah sudah bisa menghasilkan omset jutaan perbulannya.

Enaknya Jualan Online

Well, seperti yang saya sudah sebutkan sebelumnya kalau jualan online itu enaknya yaa tidak bayar sewa ruko per tahunnya. Kita tinggal melakukan marketing via sosial media seperti Fb-Ads dan memproses semua pesanan pelanggan dari rumah.

Keuntungan yang didapat dari sisi konsumen pun pasti ada. Pelanggan kami bisa menikmati makanan kesukaan mereka dengan harga yang lebih murah. Karena kami tidak mengeluarkan biaya sewa ruko kan.

Lagian sekarang ojek online seperti Gojek dengan fitur Go Food-nya sudah sangat membantu para pengusaha kuliner seperti kami. Kami bisa lebih fokus pada marketing dan inovasi produk karena masalah delivery sudah diserahkan sepenuhnya ke Gojek.

SPOTS, Aplikasi Kasir untuk Usaha Besar Maupun Kecil

Tidak dipungkiri kehadiran fitur GoFood dalam aplikasi Gojek sangat menunjang keberhasilan usaha kuliner yang sedang kami jalankan saat ini. Kabar baiknya, kami bisa terus mengembangkan usaha tanpa perlu memikirkan lagi masalah printilan kecil seperti mesin kasir.

Memang sih, selama ini kami masih menggunakan kertas nota yang ditulis manual untuk menghitung jumlah belanja customer kami. Tapi sekarang kami baru tahu kalau ternyata ada aplikasi kasir SPOTS yang dihadirkan oleh GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia.

Apa itu SPOTS?

Perkenalkan SPOTS

Nih kenalin, SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK. Semacam mesin kasir, tapi ini versi canggihnya. Jadi melalui perangkat ini, pelaku usaha kecil, menengah atau besar bisa menerima pesanan Go-Food, pembayaran Go-Pay hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan. Keren kan?

Nah, sebagai pelaku usaha mikro saya pun akan merasa terbantu sekali dengan kehadiran SPOTS ini. Selain bisa menghemat tenaga, keberadaan SPOTS juga bisa banget menghemat waktu dan uang. Penjual bisa memanfaatkan waktu dan tenaga yang ada untuk strategi mengembangkan usaha dibandingkan dengan terlalu sibuk mengurusi printilan kecil macam nota kasir, iya kan?

Apa saja fitur yang ada pada SPOTS?

Perkenalkan SPOTS, Aplikasi Kasir

SPOTS memiliki beragam fitur dalam satu perangkat untuk menunjang operasional usaha diantaranya yaitu:

  • Mengatur Menu
    Mengisi menu secara manual atau impor menu Go-Food, bisa mangatur jumlah, menambahkan foto, harga dan menambahkan kategori menu sesuai kebutuhan.
  • Terima Pesanan GO FOOD
    Setiap ada pesanan yang masuk melalui Go-Food maka ada notifikasi real time yang masuk ke SPOTS
  • Terima Pembayaran GO-PAY
    Pelanggan dapat membayar dengan Go-Pay (scan kodde QR) dan saldo akan bertambah ke akun Go-Pay penjual
  • Mencatat Ragam Tipe Pembayaran
    Berbagai macam tipe pembayaran bisa digunakan. Penjual bisa mencatat dan mengetahui tipe pembayaran yang sering digunakan oleh pelanggan.
  • Cetak Resi Instan
    Perangkat ini sudah dilengkapi dengan printer di dalamnya sehingga tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi
  • Dapatkan Laporan Harian
    SPOTS memudahkan penjual untuk memonitor perkembangan omzet melalui rekap yang dapat dipantau melalui aplikasi atau email yang dikirim setiap hari.

Wah, banyak juga yaa fitur SPOTS ini?! Dengan adanya SPOTS ini dijamin deh jualan jadi tambah asyik, mudah dan aman. Tidak perlu ribet lagi melakukan perthitungan manual dan tentunya kita bisa lebih memonitor usaha dengan lebih praktis.

Untuk harga? Harganya lumayan terjangkau untuk mesin kasir canggih ini. Hanya dengan Rp 290.000 untuk biaya pendaftaran dan Rp 2.900 per hari untuk biaya pemeliharaan.

Ternyata sudah banyak lhoo yang mendapatkan manfaat dari SPOTS ini, salah satunya adalah Hilmy Fauzy pemilik Thaiyo booth 18, Warakas. Berdasarkan testimoni yang diperoleh dari website SPOTS Himly menerangkan bahwa usaha yang dijalaninya semakin lancar dan berkembang dengan adanya SPOTS. Selain itu jika ada kendala teknis pada perangkatnya juga tim SPOTS langsung sigap me-maintenance tanpa waktu lama berhari-hari.

Hal yang paling membantu kami adalah pembukuan otomatis. Jumlah rupiah dan item sudah tercatat dengan jelas, kami tidak perlu pembukuan manual lagi. Semua outlet franchise kami juga wajib memakai SPOTS” tambahnya.

So, tunggu apa lagi? Saya juga rasa-rasanya kepingin nih punya SPOTS satu untuk usaha saya ^^ Yuk cek langsung aja website SPOTS untuk info lebih lengkap ya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s