Kuliner Legendaris Di Surabaya Yang Wajib Dicoba

Buat kalian yang pernah berkunjung ke Surabaya pasti setuju dong sama saya kalau Surabaya itu hawa-hawanya adem gimana gitu, bawaannya bikin kangen dan pengen balik ke sana lagi. Kotanya keren, enggak kalah sama Jakarta tapi bukan kota yang crowded banget dan enggak bikin kita stressfull, iya enggak sih? Pilihan tujuan wisata kuliner juga enggak kalah beragam dibanding dengan kota lain di Indonesia.

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang sering disebut sebagai kota pahlawan. Surabaya memang tidak hanya terkenal dengan sejarahnya, namun juga sangat terkenal dengan berbagai macam kuliner khasnya yang enak dan sulit untuk ditolak oleh lidah. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas beberapa kuliner legendaris di surabaya yang bisa wajib untuk Anda coba, yaitu:

Rawon Kalkulator

rawon kalkulator
Sumber: Detik Food

Rawon merupakan salah satu jenis hidangan khas Jawa Timur yang sangat populer dengan kelezatannya. Di Surabaya juga ada warung rawon yang sudah berdiri sejak tahun 1975. Warung rawon yang ada di Surabaya ini diberi nama Rawon Kalkulator. Pemberian nama Rawon Kalkulator ini bukan tanpa sebab, pasalnya nama yang diberikan oleh para pengunjung ini dibuat karena para pramuniaga yang ada di tempat ini sangat cepat menghitung jumlah akhir pembayarannya. Perlu diketahui, Rawon Kalkulator menjual dua jenis menu yaitu rawon dan soto. Selain itu Anda juga bisa menikmati kedua menu tersebut dengan menu pelengkap lainnya seperti, telur asin, kerupuk, perkedel hingga emping. Bagi Anda yang ingin mencicipi Rawon Kalkulator maka Anda bisa langsung ke Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya.

Lontong Balap Pak Gendut

lontong-balap-pak-gendut-surabaya_
Sumber: Tribunnews

Lontong Balap Pak Gendut merupakan salah satu kuliner di Surabaya yang sudah melegenda. Pasalnya warung lontong balap ini sudah berdiri sejak tahun 1958. Meskipun warung ini sudah berdiri cukup lama, namun warung ini tidak pernah sepi pengunjungnya. Perlu diketahui, untuk seporsi Lontong Balap Pak Gendut ini terdiri dari beberapa potongan lontong, tauge, kuah segar, lento hingga kecap. Selain itu, Anda juga bisa menambah bawang goreng agar rasanya makin lezat. Bagi Anda yang ingin mencoba Lontong Balap Pak Gendut, maka bisa langsung mampir ke Jalan Prof. Dr. Moestopo, Surabaya.

Bebek Goreng Tugu Pahlawan

bebek tugu pahlawan
Sumber: Travel – Tempo .co

Bebek Goreng Tugu Pahlawan merupakan sebuah warung kaki lima yang sudah berdiri sejak tahun 1989. Warung milik Hajah Minhah ini memiliki lokasi yang cukup strategis yaitu di Jalan Tembaan, No. 19A Bubutan. Bebek goreng yang menjadi menu andalan di warung ini disajikan dengan bumbu yang sangat pas sehingga memiliki rasa cukup gurih. Bumbu-bumbu tersebut juga meresap hingga ke dalam dagingnya yang terbilang empuk. Bahkan sajian ini akan semakin nikmat jika Anda santap dengan parutan kelapa gurih di atas bagian daging bebeknya.

Bagi Anda yang ingin mencicipi Bebek Goreng Tugu Pahlawan ini, pastikan jika Anda sudah terlebih dahulu mengantri sebelum jam buka warung ini. Pasalnya jika warung ini sudah buka maka antrian pengunjungnya akan semakin membludak. Oleh sebab itu, jangan heran jika warung ini membagi antriannya menjadi dua bagian, yaitu bagi pengunjung yang makan ditempat dan dibawa pulang. Kuliner yang ada di web Traveloka ini juga menyediakan menu favorit paha super ukuran jumbo. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai rasa dan porsi yang akan disajikan di warung Bebek Goreng Tugu Pahlawan.

Sego Sambel Mak Yeye

sambel pedes surabaya
Sumber IG tertera

Bagi Anda yang pecinta pedas, maka jangan ketinggalan berkunjung ke warung Sego Sambel Mak Yeye. Warung penyetan ini tidak hanya populer di kalangan penduduk paruh baya saja, namun juga para remaja. Warung Sego Sambel Mak Yeye yang berlokasi di Jagir Wonokromo ini memiliki satu menu andalan yang cukup diminati yaitu iwak pe.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Lombok yang Super Pedas

Iwak pe merupakan salah satu jenis ikan laut dengan rasa yang gurih dan bau yang menyengat. Iwak pe ini juga memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan disajikan dengan nasi panas serta sambal yang luar biasa pedasnya. Perlu Anda ketahui, meskipun lokasi warung Sego Sambel Mak Yeye hanya warung kaki lima yang menggunakan pelindung terpal, namun warung ini tetap ramai pengunjungnya. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda berkunjung ke Sego Sambel Mak Yeyen harus mengantri cukup lama.

Itulah beberapa kuliner legendaris khas Surabaya yang patut Anda cicipi. Bagi Anda yang berminat untuk mencicipi berbagai kuliner legendaris dari Surabaya lainnya, maka jangan lupa untuk terlebih dahulu mengecek web Traveloka.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s