Apa Itu Software HRIS? Manfaat dan Pengertiannya

Apakah ada dari pembaca blog baiqrosmala.com yang bekerja di bagian Human Resource (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) suatu perusahaan? Jika iya, kalian keren banget! Karena menurut saya kerja di bagian HR atau SDM itu enggak semudah yang dibayangkan. Terutama bagian administrasinya, belum lagi mengelola SDMnya dan lain-lain. Tapi, tahu enggak sih kalian kalau ada suatu software yang dapat membantu proses administrasi dan beberapa pekerjaan yang dimiliki oleh HR menjadi lebih cepat dan akurat. Apaan? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Ada berbagai hal yang dapat mempengaruhi kesuksesan suatu perusahaan, salah satunya adalah SDM. Agar kinerja dapat memenuhi ekspektasi, perusahaan diharuskan dapat mengelelola sumber daya manusia seoptimal mungkin. Ada banyak macam solusi yang dapat digunakan untuk mengelola SDM, salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan software HRIS atau Human Resource Information System

Software HRIS (Human Resource Information System) merupakan sebuah software yang dibuat khusus untuk membantu perusahaan dalam mengorganisir dan mengelola berbagai hal mengenai sumber daya manusia pada perusahaan. Dengan adanya software HRIS, perusahaan dapat terbantu dalam melakukan entri data, pengecekan data, dan kebutuhan yang berhubungan dengan SDM seperti absensi, penggajian, manajemen karyawan, rekrutmen, pelatihan, dan lain-lain yang disimpan dalam database. Berikut ini adalah manfaat menggunakan software Human Resource Information System(HRIS) yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Produktivitas HR

Adanya software Human Resource Information System dapat membantu proses administrasi dan beberapa pekerjaan yang dimiliki oleh HR sehingga dapat lebih cepat dan akurat. Dengan begitu, produktivitas HR akan meningkat secara keseluruhan karena software HRIS dapat membantu HR dalam menyederhanakan proses pengumpulan CV dan pemeriksaan informasi hingga mengatur payroll.

Baca Juga : Manfaat Aplikasi Database Karyawan yang Wajib diketahui HR

2. Meminimalisir Kesalahan

Dalam pekerjaannya, HR seringkali dihadapkan dengan data dan keuangan yang sangat rawan terjadi kekeliruan baik kesalahan kecil maupun kesalahan fatal. Kesalahan ini dapat berdampak besar pada perusahaan karena dapat mengakibatkan kerugian finansial bahkan dapat mengundang masalah hukum. Dengan adanya software HRIS (Human Resource Information System), kesalahan yang biasa terjadi dapat diminimalisir.

3. Membantu Pengawasan

Software Human Resource Information System diciptakan agar dapat membantu pengawasan proses operasi perusahaan. Sehingga perusahaan dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang ada dan terjaga dengan baik reputasinya.

4. Membantu Sistem Payroll

Perusahaan seringkali dibuat bingung dengan pengaturan payroll untuk setiap karyawannya. Apalagi bila memiliki ribuan karyawan yang akan membuat sistem payroll semakin rumit. Software HRIS(Human Resource Information System)  dapat membantu perusahaan dalam mengelola payroll seperti gaji pokok, gaji lembur, bonus THR, pajak, asuransi atau BPJS dan lain sebagainya dengan waktu yang cepat dan tepat.

5. Mengurangi Anggaran

Penggunaan software HRIS(Human Resource Information System) dapat mengurangi anggaran perusahaan setiap bulannya karena dengan adanya software HRIS, perusahaan tidak lagi memerlukan banyak admin HR dan tidak adalagi kesalahan yang dapat membuat perusahaan mengalami kerugian.

Itulah beberapa manfaat yang dapat perusahaan Anda dapatkan bila menggunakan HRIS software Indonesia (Human Resource Information System). Kami merekomendasikan Anda untuk segera menggunakan Software HRIS (Human Resource Information System) dari Linov HR yang memiliki kualitas terbaik untuk perusahaan di Indonesia. Info lebih lanjut, hubungi tim LinovHR untuk trial gratis.

Advertisements

3 thoughts on “Apa Itu Software HRIS? Manfaat dan Pengertiannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s