7 Ide Kegiatan Outdoor Seru Bersama Batita

Halo moms! Memiliki anak batita saya akui memang sangat seru ya?! Apalagi jika batita tersebut adalah anak laki-laki yang kebiasannya bisa dibilang sangat berbeda dengan anak perempuan. Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena saya sendiri mengalaminya. Mempunyai dua anak batita sekaligus. Anak pertama baru umur 2 tahun 2 bulan dan anak kedua berumur 11 bulan. Dua-duanya laki-laki yang sangat aktif bermain.

Dunia anak emang dunia bermain. Kedua batita saya senangnya bermain fisik di luar rumah. Jika di dalam rumah, mereka senangnya bermain kejar-kejaran. Kakak Yusuf berlari kesana kemari sedangkan adik Yusril mengejar kakaknya sambil merangkak. Kebayang kan serunya?

Nah kalau aktivitas di luar ruangan mereka menyukai banyak hal. Yang paling heboh adalah ketika keduanya paling suka main air! Tidak hanya di luar ruangan tapi juga di dalam ruangan. Kalau sudah mengerjakan hal yang mereka senangi, yang repot ngeberesin pada akhirnya adalah emaknya hihi. Tapi enggak apa-apa lah, keseruan bareng anak ketika masih kecil ini harus dinikmati, karena time flies so fast! Waktu yang berjalan tidak akan terasa, baru kemarin rasanya dan masih terbayang di ingatan ketika melahirkan mereka ke dunia. Sekarang mereka sudah bisa berjalan dan berlari, sudah tidak suka digendong lagi. See?

Oke, kembali ke inti tulisan ini ya moms, sesuai judul… Kali ini saya mau berbagi ide kegiatan outdoor apa saja yang bisa dilakukan bareng anak batita. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, anak batita itu emang dunianya mereka adalah dunia bermain, maka ide kegiatan outdoor yang akan saya bagi di tulisan ini tidak jauh-jauh dari kegiatan fisik. Jadi apa saja kegiatannya? Yuk langsung aja lanjut baca 7 Ide Kegiatan Outdoor Seru Barsama Batita berikut ini:

1. Berenang

Kegiatan yang pertama ini nih yang paling seru, apa lagi kalau bukan berenang. Kedua batita saya sangat suka sama yang namanya main air dan berenang adalah kegiatan yang paling mereka sukai. Selain menyenangkan, ternyata berenang memiliki banyak manfaat lho moms! Berenang itu sangat baik untuk melatih otot motorik anak, menjauhkan anak dari risiko obesitas, meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki pola tidur. Nah, masalah nafsu makan emang kerasa banget bedanya, setelah anak berenang nafsu makannya pasti bertambah. Enaknya lagi, tidur mereka jadi lebih nyenyak dan si emak bisa melanjutkan pekerjaan lain yang sudah lama tertunda. Berenang itu terbukti paling asyik lah pokoknya.

2. Main Lempar Bola

2 main lempar bola

Kegiatan selanjutnya yang seru untuk dilakukan bersama batita adalah lempar bola. Kegiatannya sederhana memang, tapi serunya adalah ketika batita kita bergerak aktif ketika mengambil dan melempar bola. Kegiatan ini bagus untuk melatih otot motorik pada anak. Untuk aktivitas ini biasanya saya (atau bapaknya anak-anak) melakukannya di halaman depan rumah. Kadang dengan menggunakan bola plastik kecil maupun bola berukuran sedang. Yang penting terbuat dari plastik yang ringan untuk ukuran batita.

3. Main ke Taman Bermain

3 main ke taman bermain anak

Kebetulan taman bermain anak-anak tidak jauh dari rumah, maka kegiatan mengunjungi taman bermain ini setidaknya saya lakukan sekali dalam 1-2 minggu. Alasannya adalah karena di taman itu mereka menemukan banyak wahana permainan. Selain dapat menyalurkan energi anak yang tidak ada habis-habisnya, bermain di taman bermain anak juga memungkinkan mereka menambah pertemanan. Karena di sana mereka akan bertemu dengan teman baru sehingga membantu anak untuk bersosialisasi.

4. Naik Odong-odong

4 naik odong-odong

Nah kalau yang satu ini saya yakin adalah permainan yang paling disukai oleh anak-anak sejagat raya, hehe! Sering lihat enggak anak-anak rela merengek dan menangis kalau tidak dikasih naik odong-odong sama emaknya? Sering kan? Menurut saya, main odong-odong ini selain dapat membahagiakan anak juga dapat menjadi sarana pelestarian lagu anak-anak lho! Tapi harus diperhatian ya moms, saran saya sih kalau naik odong-odong naiknya yang diputer-puter di tempat gitu lho, bukan yang berbentuk mobil yang dibawa keliling komplek. Kalau berbentuk mobil yang dibawa keliling itu agak bahaya sih menurut saya, karena anak-anak kan enggak bisa diem. Belum lagi takutnya kalau di jalan ada yang nabrak. Lebih aman sih yang kayak komedi putar itu yaa? Anak-anak juga suka kok!

5. Berkebun

5 berkebun

Biasanya anak-anak itu senang bereksplorasi dan berkreasi. Salah satu kegiatan yang bagus untuk meningkatkan daya kreatifitas menurut saya adalah kegiatan sederhana ini, yaitu berkebun. Biasanya saya lakukan di halaman depan rumah yang ada pojok untuk menanam tanaman. Untuk usia anak batita kegiatan berkebun lebih cenderung untuk memberikan efek rasa bahagia sih menurut saya. Yaa gimana enggak bahagia kalau diberi kesempatan main tanah dan main air di waktu yang bersamaan 😀

6. Ajak Berbelanja

6 berbelanja

Wah kalau ini sih kegiatan yang memerlukan banyak kesabaran bagi orang tua. Untuk ukuran batita sih kegiatan berbelanja ini tidak sampai harus menyediakan daftar belanja dan mencari barangnya ke supermarket. Ya enggak seribet itu lah, ya kalii? Hehe. Kegiatan berbelanja ke supermarket saya lakukan semata-mata untuk melatih motorik dan fisik Kaka Yusuf. Saya biasanya akan meminta tolong Kakak Yusuf untuk mengambil barang dan menaruhnya di keranjang belanjaan. Memakan waktu emang, tapi bisa banget bikin batita bahagia.

7. Main Petak Umpet

Nah kalau main petak umpet ini biasanya saya ajak para anak tetangga bermain ke rumah. Kebetulan di rumah kami ada Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) jadi emang anak-anak tetangga sudah terbiasa bermain dengan kedua batita saya. Tentunya main petak umpet ketika di luar jam belajar TPQ dong yaa… Nah biasanya anak-anak yang datang ke rumah usianya lebih besar dari kedua anakku. Main petak umpetnya pun ala kadarnya juga karena halaman rumah yang tidak terlalu luas. Emaknya bisa memanfaatkan situasi ini untuk mengerjakan kerjaan lain mumpung batitanya ada yang momong 😀

Nah  itu dia moms 7 ide kegiatan outdoor bersama batita versi saya. Siapa tahu bisa jadi referensi untuk mengajak bermain si kecil. Yang penting ketika mengajak anak bermain kegiatan outdoor adalah jangan sampai emaknya lupa kalau si kecil juga butuh ekstra nutrisi agar tetap fit menjalani kegiatan-kegiatan tersebut.

Bagi saya, salah satu jenis tambahan nutrisi untuk batita agar tetap aktif berkegiatan di luar rumah adalah dengan memberikannya susu UHT. Pemberian susu juga tidak boleh sembarang lhoo moms, usahakan susunya yang mengandung rendah gula agar anak-anak kita terhindar dari risiko obesitas. Namun sayangnya, susu UHT yang banyak beredar di pasaran rata-rata adalah produk susu dengan rasa manis yang tinggi. Mungkin dikarenakan anak-anak pada umumnya suka yang manis-manis.

7 minum indomilk

Tapi untuk kasus anak saya untungnya dia suka juga lhoo kalau saya berikan susu tanpa gula dan tanpa garam. Yaps, jadi rasanya seperti hambar gitu lho moms, seperti susu Indomilk UHT Kids Full Cream. Susu ini tidak ada tambahan garam dan gula sama sekali sehingga cocok untuk diberikan pada si kecil usia 1 tahun ke atas. Saya sering memberikan susu ini kepada anak saya yang pertama yang berumur 2 tahun. Alhamdulillah cocok dan dia suka.

8 minum indomilk full cream

9 indomilk full cream kids

Saya sendiri kenapa memilih susu ini untuk diberikan ke anak karena suka dengan kemasannya yang mungil (115 ml) yang bisa di bawa kemana saja. Kemasan yang travel friendly praktis di bawa ketika menemani si kecil bermain di luar rumah.

Okedeh sekian sharing saya mengenai kegiatan outdoor seru bersama batita. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menginspirasi. Nah, kalau kalian kegiatan outdoor apa saja yang paling menyenangkan bersama batita? Share juga yuk!

#IndomilkUHTKidsFullCream #AktifItuSehat

2 thoughts on “7 Ide Kegiatan Outdoor Seru Bersama Batita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s