Jual Apartemen Jakarta Secara Cepat dan Menguntungkan

Kebutuhan akan tempat tinggal di kota-kota besar kian hari kian meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak bermunculan hunian-hunian alternatif pengganti rumah seperti, rumah susun, apartemen, dan condominium yang laris-manis di pasaran.

Hunian vertikal seperti apartemen memang tengah menjadi tren di tengah-tengah masyarakat kota urban. Bukan hanya diperuntukan sebagai hunian, apartemen juga dianggap dapat memperlihatkan status sosial seseorang.

Bagaimana tidak, harga beli dan sewa apartemen di kota-kota besar yang sangat mahal membuat hunian ini lekat dengan kesan eksklusif.

Apalagi di Jakarta, rata-rata kenaikan harga jual apartemen Jakarta setiap tahunnya mencapai angka 5 persen – 16 persen. Sedangkan permintaan penyewa apartemen pada tahun 2016 meningkat sebesar 33 persen di tahun 2017.

Angka ini memang sangat menggiurkan bagi mereka yang ingin menginvestasikan uangnya ke bisnis jual-beli apartemen.

Meski harus merogoh kocek yang cukup dalam pada saat membeli satu unitnya, namun rasanya cukup sebanding dengan nilai investasi yang ditawarkan di masa depan.

Lantas apakah Anda tertarik untuk berinvestasi berupa apartemen?

Tunggu dulu, sebelum Anda memutuskan hal tersebut, ada beberapa hal yang akan saya jabarkan terkait kiat-kiat dalam membeli apartemen.

1. Kredibilitas Developer

Kredibilitas Developer
Photo: iStock

Kredibilitas dari developer atau pengembang dari sebuah apartemen memang sangat penting untuk Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk melakukan investasi pada apartemen tersebut.

Hal ini dikarenakan banyaknya kasus bangunan yang terlantar karena pengembang yang tidak kredibil di Indonesia.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan pengembang apartemen Anda memiliki jejak dan history yang baik dalam mengembangkan proyek-proyek besar.

2. Legalitas Bangunan

Legalitas Bangunan
Photo: iStock

Periksa seluruh dokumen dan sertifikat kelengkapan bangunan seperti Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki pengembang, surat izin prinsip, surat Izin mendirikan Bangunan (IMB), serta Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT).

Jangan ragu untuk bertanya pada pengembang atau agen marketing dari apartemen tersebut terkait legalitas unit yang akan Anda beli, agar Anda terhindar dari resiko menginvestasikan uangnya pada bangunan sengketa atau masih berstatus sewa.

3. Lokasi Apartemen

Lokasi Apartemen
Photo: iStock

Ini sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum memulai investasi apartemen.

Pastikan Anda menginvestasikan uang Anda pada apartemen yang memiliki lokasi strategis seperti, mudah dijangkau, memiliki akses mudah, berfasilitas lengkap, serta bebas dari banjir.

Dilansir dari Okezone, ada tiga alasan kenapa masyarakat lebih memilih tinggal di apartemen daripada di rumah. Pertama, harga yang terjangkau, kedua lokasi yang dekat dengan tempat bekerja atau tempat beraktivitas, serta yang ketiga adalah adanya fasilitas penunjang yang memadai.

Maka dari itu, dalam memulai bisnis investasi apartemen, ada baiknya anda memperhatikan tiga hal ini agar unit yang anda jual/sewakan laku di pasaran.

4. Harga

Harga
Photo: iStock

Harga jual apartemen Jakarta memang terbilang sangat tinggi. Untuk menyiasati kenaikan harga yang begitu signifikan pada saat Anda membeli apartemen tersebut, Anda bisa membelinya saat pre-launch (sebelum launching).

Karena biasanya pengembang apartemen memberikan harga khusus pre-launch yang cukup miring dibandingkan harga jadi dan pada saat apartemen tersebut launching.

5. Lingkungan Apartemen

Lingkungan Apartemen
Photo: iStock

Tentu saja, sebagus apapun bentuk apartemen Anda apabila tidak dibarengi dengan lingkungan yang bersih dan juga aman, maka akan sulit untuk menjual apartemen tersebut.

Maka dari itu, carilah apartemen yang memiliki lingkungan yang bersih serta memiliki keamanan yang memadai, seperti diberlakukannya card access khusus untuk penghuni, serta pantauan CCTV dan security 24 jam yang mampu menjamin keamanan dan kenyaman dari penghuni apartemen.

Nah, setelah Anda mengetahui tentang kiat-kiat yang perlu Anda perhatikan sebelum melalukan investasi apartemen, sekarang saya akan memberikan beberapa tips dan kiat-kiat jual apartemen Jakarta secara cepat dan menguntungkan.

6. Bekerjasama dengan Agen Properti

Bekerjasama dengan Agen Properti
Photo: iStock

Meski memang agen properti mematok komisi yang cukup tinggi sebesar 5 persen – 6 persen dalam menjual unit apartemen, tidak ada salahnya untuk bekerjasama dengan mereka dalam melakukan pemasaran apartemen Anda.

Namun pastikan anda bekerjasama dengan agen properti yang professional sertame miliki kredibilitas dalam bidang pemasaran properti, karena agen yang berpengalaman biasanya memiliki relasi yang sangat luas dan akan mempercepat penjualan apartemen Anda.

7. Lakukan Maintenance

Lakukan Maintenance
Photo: iStock

Hal ini sering sekali lutut dari perhatian pemilik unit apabila ia hendak memasarkan apartemennya.

Padahal melalukan maintenance atau pemeliharaan pada unit apartemen Anda sangat penting agar menjaga harga jual dari unit tersebut tetap tinggi.

Lakukan pengecekan dan pemeliharaan pada tiap detail ruangan atau furniture yang terdapat pada unit Anda. Perhatikan barang-barang yang rusak, meski hanya kerusakan kecil hal tersebut dapat mempengaruhi minat pembeli.

Serta, jangan ragu untuk melakukan renovasi seperti, membersihkan, merapikan, serta mencat ulang ruangan Anda agar terlihat lebih rapi dan memberikan kesan yang baik kepada pembeli.

8. Tetapkan Harga Secara Wajar

Tetapkan Harga Secara Wajar
Photo: iStock

Meski harga sewa dan jual apartemen Jakarta sangat tinggi, namun tidak semerta-merta membuat Anda harus mematok harga yang tidak realistis untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

Menetapkan harga jual dan sewa yang tepat memang sangat penting, mengingat para calon pembeli atau penyewa apartemen tentu telah melakukan perbandingan terlebih dahulu sebelum ia memutuskan apartemen mana yang akan ia beli atau sewa.

Jadi jangan mematok harga yang terlalu tinggi, dan jangan juga mematok harga yang terlalu rendah.

Anda boleh mematok harga yang lebih murah dibandingkan unit apartemen lainnya, hal tersebut bisa menjadi nilai jual Anda dibandingkan yang lainnya.

Walaupun meraup untung yang tidak terlalu banyak, yang penting secara continue ada konsumen yang menyewa apartemen Anda tersebut.

Namun, pastikan hitung-hitungan keuntungan Anda tidak terlalu jauh dari modal yang Anda keluarkan, agar Anda juga tidak mengalami kerugian.

9. Berikan Pelayanan Terbaik kepada Customer

Berikan Pelayanan Terbaik kepada Customer
Photo: iStock

Ingat pepatah yang mengatakan bahwa, ‘pembeli adalah raja?’

Perlakukan customer atau calon pembeli dengan baik. Akomodir setiap kebutuhan calon pembeli dengan informasi-informasi yang harus ia ketahui mengenai unit yang Anda pasarkan.

Luangkan waktu untuk menemani mereka apabila mereka ingin melihat apartemen Anda, karena kesan baik yang Anda berikan kepada mereka tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi para calon pembeli.

10. Beriklan pada Situs Jual-beli Properti

Beriklan pada Situs Jual-beli Properti
iStock

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan apartemen Anda adalah, masukkan iklan Anda pada situs jual-beli properti di Indonesia seperti 99.co/id.

Selain memudahkan Anda melakukan pemasaran Anda, anda juga bisa membandingkan harga jual/sewa apartemen sejenis yang ada di Jakarta, khususnya.

Dengan memanfaatkan situs seperti 99.co/id malah Anda bisa memanfaatkan fitur premium yang terdapat di dalamnya.

Jika Anda memasang fitur premium, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa prioritas penjualan dalam listing di situs 99.co/id. Artinya, unit apartemen yang Anda jual akan tampil di halaman pertama pencarian konsumen.

Menarik sekali, bukan?

Setelah mengetahui tips dan kiat-kiat dalam memasarkan unit apartemen, semoga Anda bisa lebih semangat dan terinspirasi dalam memasarkan apartemen Anda.

Advertisements

One thought on “Jual Apartemen Jakarta Secara Cepat dan Menguntungkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s