Tips Memilih Perlengkapan Mandi Bayi yang Aman

Kegiatan memandikan bayi tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebersihannya melainkan juga momen intens yang sangat berharga untuk mempererat hubungan ibu dan bayi. Saya jadi teringat ketika pertama kali memandikan bayi saya dulu, rasa deg-degan dan terharu itu campur aduk. Ada sedikit ketakutan tentunya karena memegang tubuh mungil bayi yang masih ringkih.

Setelah melewati masa awal-awal belajar memandikan si kecil, momen memandikan bayi bagi saya adalah kegiatan yang menyenangkan. Sampai sekarang ketika memiliki dua anak batita pun bagi saya kegiatan memandikan itu adalah kegiatan yang paling seru. Nah, belajar dari pengalaman memandikan bayi saya mau sedikit berbagi tips nih buat mama-mama muda dalam memilih perlengkapan mandi bayi yang aman.

1. Pilih bahan yang aman

Ketika memilih perlengkapan mandi bayi yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah bahan pembuatannya. Untuk perlengkapan seperti bak mandi sebaiknya menggunakan plastik yang ringan dan kuat. Selain itu pastikan plastiknya juga tidak mengandung racun berbahaya. Bahan plastik yang aman contohnya adalah polypropylene plastic.

2. Pilih yang khusus didesain untuk bayi

Tips selanjutnya adalah pastikan semua peralatan dan perlengkapan mandi adalah memang khusus untuk bayi. Mulai dari sabun, shampoo, bak mandi dan sebagainya haruslah berbeda dengan yang digunakan oleh orang dewasa. Seperti shampoo misalnya, shampoo yang khusus untuk bayi biasanya didesain tidak perih di mata yang tentunya berbeda dengan shampoo orang dewasa.

3. Pilih produk yang berbahan dasar alami

Sekarang sudah banyak produk bayi yang terbuat dari bahan-bahan alami. Contohnya seperti shampoo bayi yang mengandung minyak kemiri yang mambantu menyuburkan rambut bayi. Contoh lainnya lagi adalah minyak telon yang memiliki tambahan ekstrak daun sereh sehingga melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk.

4. Pilih yang sudah teruji klinis aman untuk bayi

Untuk kebutuhan kulit bayi yang sensitif sebaiknya kita memilih produk yang sudah teruji secara klinis aman untuk kulit bayi. Lebih bagusnya lagi apabila produk tersebut sudah teruji oleh dokter kulit sehingga tidak menimbulkan iritasi di kulit bayi yang lembut. Untuk produk yang sudah teruji tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi umumnya disebut dengan istilah hipoalergenik.

5. Baca Review Produknya terlebih dahulu

Sebagai tambahan referensi dalam memilih produk atau perlengkapan mandi bayi yang aman memang sebaiknya kita baca terlebih dahulu ulasan mengenai produk tersebut. Sekarang sudah banyak ulasan atau review yang bisa kita baca secara online. Banyak orang membagikan pengalamannya menggunakan produk tertentu yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih perlengkapan mandi bayi yang aman.

Nah, itu dia sedikit sharing mengenai tips memilih perlengkapan mandi bayi yang aman. Untuk tambahan referensi saya juga merekomendasikan beberapa produk dan perlengkapan mandi yang terbukti aman digunakan untuk bayi. Yuk baca juga 9 Rekomendasi Perlengkapan Mandi Bayi yang Aman. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Oiya, mungkin kalian juga memiliki tambahan tips lainnya? Let us know di kolom komentar ya!

One thought on “Tips Memilih Perlengkapan Mandi Bayi yang Aman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s