Pentingkah Mobilmu Diasuransikan?

Bagi kalian yang sudah memiliki mobil atau yang bercita-cita memiliki mobil, pernahkah kalian berfikir untuk mengasuransikan mobil kalian? Emang seberapa pentingkah asuransi mobil itu?

Well, yang jawab asuransi mobil itu enggak penting mungkin alasannya karena “Ah, entar udah bayar premi mahal-mahal, belum tentu juga kan saya mengalami kecelakaan dalam setahun? Rugi dong!”.

Hmm, mungkin ada benarnya juga yaa? Siapa juga sih yang mau kecelakaan? Pasti enggak ada orang di dunia ini yang ingin terkena musibah. Tapi kalau dipikir-pikir, justru itulah gaes alasannya kenapa harus memilih asuransi. Kita itu enggak bisa memprediksi masa depan, iya kan? Karena kita bukan peramal yang bisa memprediksi masa depan maka diperlukan tindakan pencegahan sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Setuju nggak? Setuju dong?!

Nah, walaupun kita udah pada setuju nih gaes kalau mencegah itu lebih baik daripada mengobati tapi faktanya emang banyak kok yang masih ragu-ragu untuk mengasuransikan kendaraannya. Oke, kita emang perlu juga sih mempertimbangkan matang-matang sebelum melakukan suatu tindakan.

Nah untuk masalah asuransi ini, jika kalian masih bingung mau ambil asuransi mobil atau tidak, saya ada sedikit gambaran nih gaes. Gambaran tentang situasi dan kondisi di mana jika kalian mengalaminya maka kalian sudah seharusnya memilih untuk menggunakan asuransi mobil. Apa aja sih? Yuk simak gambaran berikut ini:

Pertama: Tinggal di Kota Besar

Jika kalian tinggal di daerah yang padat penduduk dan sering terjadi kemacetan saya sarankan kalian mengasuransikan saja mobil atau kendaraan kalian. Kenapa? Karena macet-macetan itu rawan gaes. Rawan terkena lecet sana-sini, belum lagi kalau ada orang jahat yang berniat mencuri, dll. Oiya, risiko mengalami kecelakaan di kota besar yang macet juga tinggi lhoo.. Jadi di saat seperti ini asuransi mobil sangatlah berguna.

Kedua: Tinggal di Daerah Rawan Bencana Alam

Kalau kalian tinggal di daerah  rawan banjir, tsunami, tanah longsor, pohon tumbang dan sebagainya emang sebaiknya kalian harus memilih asuransi mobil. Yaah, secanggih apapun teknologi gaes, kalau yang namanya bencana alam menerpa ya mau gimana lagi. Karena risiko yang sangat tinggi inilah sebaiknya kalian memanfaatkan perlindungan yang diberikan oleh asuransi mobil. Iya kan?

Ketiga: Harga Mobil

Jika kalian masih ragu untuk memilih asuransi mobil, perhatikan dulu deh harga mobil kalian gaes. Apabila harga mobil kalian terbilang tinggi maka otomatis kalian butuh biaya yang tidak sedikit kan untuk service mobil sekalipun itu rusak ringan.

Keempat: Penggunaan Mobil

Beda orang, tentu beda juga tujuan membeli mobil. Ada yang beli mobil untuk keperluan pribadi, ada juga yang membeli mobil untuk tujuan usaha tertentu. Misalnya saja untuk rental mobil, usaha kursus mengemudi, atau nih yang lagi marak sekarang adalah untuk dipakai sebagai taksi online. Nah, kalau mobil yang digunakan untuk tujuan usaha emang risikonya jauh lebih tinggi. Oleh karena itu penggunaan asuransi mobil itu sangat penting.

Kelima: Frekuensi Pemakaian

Semakin sering digunakan maka risiko mobil mengalami kecelakaan atau kerusakan semakin besar. Tapi kecelakaan juga bukan faktor penentu sih yaa… Karena jika mobil terlalu sering parkir di rumah juga belum tentu tanpa risiko. Ada risiko lain yang mengintai seperti kemungkinan kriminalitas seperti pencurian. Nah, kalau kalian tinggal di daerah rawan seperti itu lebih baik mobil kalian diasuransikan saja gaes!

Gimana? Apakah sudah sedikit tercerahkan dengan gambaran di atas? Jika iya, sekarang saatnya kalian mulai memilih jenis asuransi mobil mana yang pas untuk kalian. Biasanya sih jenis asuransi mobil itu pilihannya ada dua: yang all risk atau yang total loss only.

Bedanya apa? Kalau asuransi mobil all risk itu artinya asuransi yang menyeluruh. Artinya, pihak asuransi akan membayar penuh segala jenis kerusakan mulai dari rusak ringan sampai rusak parah bahkan sampai kehilangan. Nah kalau total loss only (TLO) berarti hanya jika kehilangan total. Biasanya sih “kehilangan total” itu adalah kerusakan yang terjadi di atas 75%. Lebih jelasnya mending kalian google aja deh yaa kelebihan dan kekurangan asuransi mobil all risk dan TLO ini.

Jadi kalian tinggal pilih aja asuransi mobil yang dibutuhkan. Ingat lhoo ya, sesuai kebutuhan saja. Pastikan juga memilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan harga premi yang murah juga ya!

Okedeh, segini dulu tulisan yang bisa saya share tentang pentingnya asuransi mobil. Mungkin kalian memiliki pendapat lain? Let me know di kolom komentar ya! Thanks for reading!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s