Tips Aman Traveling Menggunakan Bus

Setuju dong guys kalau bulan Desember itu identik dengan liburan?! Iya dong, pergantian akhir tahun dengan tangal merahnya yang bederet menjadikan banyak orang merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga. Apalagi orang tua yang memiliki anak usia sekolah, liburan kerja dan liburan sekolah datang diwaktu yang bersamaan, jadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Baca juga: 7 Ide Menikmati Liburan Akhir Tahun

Ngomongin tentang liburan, kalian lebih suka mana nih guys bepergian menggunakan pesawat, kereta api atau bus? Well masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri lah yaa.. Masing-masing orang punya pertimbangan tersendiri kenapa menggunakan moda transportasi tertentu untuk traveling.

Nah, bagi mereka yang suka bepergian menggunakan bus mungkin alasannya adalah:

  1. Harga tiket bus itu lebih murah dibanding harga tiket pesawat, travel atau kereta api;
  2. Meski harga murah, fasilitas yang didapat dalam bus juga lumayan seperti AC dan Wifi yang umum terdapat dalam bus antar provinsi;
  3. Mereka yang suka naik bus mungkin karena ingin eksplorasi tempat-tempat tertentu karena bus bisa menjangkau segala jurusan;
  4. Jika perjalanan enggak terlalu jauh, bus emang pilihan yang efektif;
  5. Tiket bus bisa dibeli di hari keberangkatan, enggak mesti jauh-jauh hari seperti tiket pesawat atau kereta api;
  6. Tiket bus juga ada yang bisa dibeli online. Seperti tiket bus bejeu misalnya. Jadi enggak kalah praktis dengan tiket pesawat;
  7. Naik bus itu lebih fleksibel. Penumpang bus bisa request turun di mana aja asalkan emang sejalur dengan laju bus tersebut.

Baca juga: Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri

bus-2531578_640
sumber: Pixabay

Alright guys bagi kalian yang emang suka banget traveling menggunakan bus dengan segala pertimbangannya, kalian perlu juga mempertimbangkan beberapa hal yaa… Hal yang dipertimbangkan itu khususnya terkait rasa aman dan nyaman ketika kalian naik bus. Well sekarang langsung aja kita bahas mengenai Tips Aman Traveling Menggunakan Bus agar perjalanan kalian juga menyenangkan. Yuk simak tips di bawah ini:

1. Pilih Tempat Duduk

Tips yang pertama adalah pilihlah tempat duduk yang kira-kira bisa membuat kalian nyaman. Misalnya kalau saya lebih suka duduk di bagian paling depan karena bisa melihat pemandangan dengan lebih luas.

Kalau kalian bepergian dengan teman usahakan duduk berdampingan atau jangan jauh-jauh. Kalau bepergian sendiri dilihat dulu yaa teman duduknya. Kalau sekiranya menyeramkan dan mencurigakan dan bikin enggak nyaman lebih baik cari tempat duduk yang lain.

Baca juga: Apa yang Ditakuti Traveler saat Bepergian Jauh?

2. Bawa Bantal Leher

Perjalanan menggunakan bus itu lumayan melelahkan, jadi enggak ada salahnya kalian bawa bantal leher agar kepala bisa bersandar di tempat yang empuk. Bantal leher juga bisa melindungi kepala agar tidak terbentur kaca jendela ketika tertidur.

3. Bawa Bekal Camilan

Biasanya kalau bus antar provinsi memiliki jadwal makan tertentu, dan akan berhenti di rumah makan sebanyak tiga kali sehari. Tapi namanya naik bus dengan waktu yang panjang dan melelahkan mending bawa camilan juga dari rumah. Lumayan untuk menghilangkan rasa bosan dan sebagai penunda lapar.

4. Bawa Obat-obatan Pribadi

Ini wajib banget dibawa kemana saja dan kapan saja ketika traveling. Lebih khususnya lagi kalau traveling menggunakan bus. Obat-obatan yang bisa kalian bawa adalah seperti minyak kayu putih, balsem, obat anti mabuk bagi kalian yang sering mabuk perjalanan.

5. Pakai Baju yang Bahannya Nyaman

Jangan memakai pakaian yang terlalu terbuka atau terlalu ketat. Karena selain untuk kenyamanan pribadi  juga untuk kenyamanan orang lain yang melihat. Usahakan pakai baju yang bahannya nyaman dan agak longgar. Jangan lupa sediakan jaket juga buat jaga-jaga di musim hujan.

Semoga artikel ini bermanfaat, thanks for reading and have a nice holiday!!!

Advertisements

5 thoughts on “Tips Aman Traveling Menggunakan Bus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s