Kenali Ciri Pengembang yang Bertanggung Jawab

Tahukah Anda ternyata angka ketidak puasan terhadap pengembang properti setiap tahunnya terus naik, fenomena ini tentunya dapat berdampak buruk terhadap tingkat kepercayaan calon pembeli rumah khususnya kepada pengembang properti.

Berdasarkan data dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) sepanjang tahun 2017 lalu pihaknya mendapatkan pengaduan ketidak puasan terhadap pengembang properti sebanyak 60 kali, dari jumlah tersebut 23 laporan mengeluhkan tentang masalah pembangunan, kemudian 17 laporan mengadukan tentang refund, 10 aduan tentang keterlambantan serah terima dan 7 laporan tentang dokumen dan kualitas bangunan.

Masalah kredibilitas pengembang juga sangat penting bagi Anda yang berencana untuk mebeli rumah dijual. Anda sebaiknya juga tidak langsung percaya dengan janji-janji pengembang, Sebaiknya jangan tidak buru-buru membeli rumah. Membeli sebuah rumah membutuhkan proses yang panjang dan memerlukan banyak pertimbangan. Dibawah ini Anda akan mendapatkan panduan agar Anda bisa mendapatkan pengembang yang bertanggung jawab.

Memiliki reputasi yang baik

Langkah pertama cara mendeteksi pengembang bertanggung jawab dan profesional adalah dari reputasinya. Reputasi pengembang akan terlihat dari bagaimana cara pengembang mengelola proyek properti itu sendiri. Bagaimana mengetahui reputasi pengembang tersebut? kini Anda bisa mencari tahu lewat media internet, atau bisa datang langsung ke marketing galery untuk bertanya tentang proyek properti tersebut. Atau bisa juga melihat proyek properti yang pernah dibuat mereka sebelumnya, dari sana bisa diketahui apakah mereka pernah membuat proyek yang bermasalah baik kecepatan dalam membangun proyek hingga masalah legalitas.

Memiliki rumah contoh

Kedua, pengembang yang bertanggung jawab akan mempunyai rumah contoh. Keberadaan rumah ini ini mempunyai fungsi yang sangat penting, karena akan memberikan gambaran tentang rumah yang akan dibeli nantinya. Ketika Anda melihat rumah contoh, sebaiknya Anda mengajukan beberapa pertanyaan misalnya tentang bahan baku yang digunakan, kekuatan rumah, fasilitas rumah yang Anda akan dapatkan dan lain sebagainya.

Memiliki kelengkapan legalitas

Ketiga, developer yang bertanggung jawab adalah pengembang tersebut harus memenuhi aspek legalitas yang baik. Setiap pengembang yang baik tidak akan mempunyai masalah sertifikasi, IMB dan masalah tanah lainnya. Selain itu Anda juga harus melihat fasilitas yang ditawarkan oleh pengembang. Pengembang yang baik akan dengan senang hati menunjukkan fasilitas yang akan Anda dapatkan jika membeli rumah.

Memiliki sistem managemen yang profesional

Keempat, pengembang yang baik akan mempunyai sistem manajemen dan kerjasama bank yang baik. Anda sebaiknya memilih pengembang yang mempunyai sistem manajemen sampai proses serah terima yang baik. Pengembang yang baik juga biasanya akan bekerjasama dengan beberapa bank yang menyalurkan kredit perumahan. Semakin banyak bank yang mau bekerjasama maka semakin kredibel pengembang tersebut. Pengembang yang baik akan membantu Anda mendapatkan KPR dengan cara yang cepat dan terpercaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s