Kalau Liburan ke Padang, Tertarik Nyobain Kuliner yang Satu Ini?

Pernah dengar atau nyobain kuliner khas Padang: Gulai Otak Sapi?

Wewww, ketika pertama kali mendengar ada makanan gulai otak sapi dalam pikiran saya langsung terbayang betapa empuknya kuliner yang satu ini. Gulai Banak namanya (bahasa Minangkabau) atau gulai otak (bahasa Indonesia), kuliner khas dari Padang – Sumatera Barat.

Orang Indonesia memang rajin banget yaa memanfaatkan semua bagian dari ayam atau sapi! Bayangin aja, usus ayam pun dijadikan sate. Otak sapi juga diolah menjadi gulai. Kreatif banget lah orang Indonesia! *pasangmukabangga.

Hmmm tapi ternyata nih guys, enggak cuma orang Indonesia yang bisa mengolah otak sapi menjadi kuliner, menurut detikFood otak sapi juga dikonsumsi di Pakistan, Prancis, Meksiko, Italia, el Salvador, Spanyol, Amerika Serikat dan Portugal lho!

Jujur sih kalau saya, belum pernah menyicipi makanan Padang yang satu ini. Bukan enggak mau, tapi emang belum pernah nemu ada Gulai Banak di warung atau restauran Padang yang ada di Lombok. Jadi saya hanya bisa membayangkan betapa empuk dan gurihnya Gulai Banak ini. Katanya sih gulainya pedes banget, sesuai selera orang Lombok yang juga pecinta pedas.

Gulai Banak

gulai otak sapi
Sumber foto: Instagram @padangkitchen

Gulai Banak (banak artinya otak) adalah gulai dengan bahan dasar otak sapi yang dimasak dengan kuah santan dan pedas. Yang membedakan gulai banak dengan gulai lainnya tentu di bumbu gulai khas Minangnya dong yaa..

Sekilas cara membuatnya adalah dengan mencuci bersih otak sapi terlebih dahulu. Setelah itu baru direbus atau dikukus. Tunggu dingin sebentar abis itu dibuang kulit arinya. Next, otak sapi dipotong kecil-kecil (sesuai selera). Ya iya, masa iya enggak dipotong? Makan otak sapi dalam bentuk whole otak juga mungkin serem kali yaa?

Baru deh ngomongin bumbunya. Seperti yang udah saya sebutkan sebelumnya kalau bumbu gulai khas Minang itu yaa khas banget lah pokoknya. Umumnya sih menggunakan santan, kunyit, cabai merah, bumbu dan tanaman herba plus rempah-rempah lainnya khas Minang yang membuat kuahnya berwarna merah sedikit orange gitu. Kuah gulainya juga khas Minang banget yaitu lumayan kental dibanding gulai pada umumnya.

Satu lagi yang membedakan gulai banak dengan gulai khas Minang lainnya adalah terletak pada asam kandis dan daun mangkokan yang dirajang halus sehingga bau amis pada otak sapi berhasil hilang sama sekali. Wah, kayaknya yang bisa menghilangkan bau amis pada otak sapi hanya orang Minang asli ya! Tentunya mereka yang lebih tahu persis rahasia cara mengolah otak sapi ini.

Ketahui Kandungan Gizinya

Udah kebayang sih yaaa gurihnya seperti apa. Cuma kan perlu juga kita ketahui bersama mengenai kandungan gizi yang ada di dalamnya. Hmmm bagi kalian yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh mending saran saya kalian menghindari mengonsumsi gulai banak. Kenapa? Karena kandungan kolesterol yang ada di dalam setiap 100gr otak bisa mengandung 3.100 mg kolesterol lho! Itu artinya sudah lebih dari 10 kali lipat batas konsumsi harian yang disarankan (menurut Program Edukasi Kolesterol Nasional Amerika Serikat. Sumber detikFood).

Nah lho! Banyak banget yaa kandungan kolesterolnya! Eh tapi, dari sumber yang sama juga menyebutkan bahwa otak sapi juga mengandung banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh kita, karena setiap 100gr otak sapi mengandung:

  • Β 11,7 gr protein (23% dari anjuran harian) yang berguna bagi otak
  • 1 gr DHA yang membantu menjaga fungsi otak
  • 21,8 mikrogram selenium (31% dari anjuran harian) yang berguna untuk mencegah radikal bebas
  • 0,2 mg tembaga (11% dari anjuran harian) yang membantu tubuh memproduksi energi
  • 1,2 mg Vitamin B5 (12% dari anjuran harian) yang bagus untuk metabolisme tubuh
  • 10,1 mikrogram Vitamin B12 (168% dari anjuran harian) yang berperan dalam kesehatan saraf dan pembentukan sel darah merah.

Gulai Otak Sapi: Yay or Nay?

Wah, ternyata walaupun tinggi kolesterol otak sapi juga memiliki banyak sekali kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Hayoo lah yang tingkat kolesterol tubuhnya enggak terlalu tinggi kayak saya, enggak ada salahnya mencoba kuliner khas Padang yang satu ini, iya kan?

Menurut saya sih, bagi yang enggak ada pantangan sah-sah aja kok. Asalkan jangan berlebihan, sesekali boleh lah. Apalagi disantap dengan nasi putih hangat, wuih enaknya!

Yuk Liburan ke Padang dan Cobain Gulai Otak Sapi!

Yaah, tapi sayangnya saya sampai saat ini belum nemu menu gulai banak di warung padang langganan saya. Apa harus pergi ke Padang terlebih dahulu baru bisa menyantap gulai banak? Alamaak πŸ˜€

Hmm enggak apa-apa sih, saya sih seneng-seneng aja dong kalau bisa liburan ke Padang. Sekalian silaturrahmi dengan teman-teman kuliah saya dulu kayaknya asyik! Apalagi kalau ada yang mau jadi sponsor wkwkwk.

Perkataan itu doa, jadi saya aminin dulu aja deh. Sementara itu, bisa lah sambil cek dan ricek harga tiket pesawat ke Padang dari Lombok kisaran berapa rupiah. Agar nantinya kebayang budget yang harus dipersiapkan kalau ke sana.

For your information, untuk tahun 2019 banyak banget lhoo libur long weekend yang bisa dimanfaatkan untuk merencanakan liburan. Udah pada ngecek belum? Misalnya aja nih untuk tahun baru nanti long weekend dimulai dari hari Sabtu (29), Minggu (31), Senin (31) dan Selasa (1 Jan 2019). Wah, lumayan banget empat hari bisa menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta.

pegipegi

Kalian bisa memulai dengan mencari harga tiket pesawat ke destinasi liburan yang kalian inginkan. Misalnya seperti saya yang ingin sekali pergi ke Padang, harga tiket pesawat murah yang berhasil saya temui adalah harga tiket pesawat dari situs pegipegi(dot)com. Harganya mulai dari Rp 1.5 jutaan untuk sekali penerbangan dari Lombok ke Padang pada tanggal 29 Desember 2018. Wah, kalauΒ menurut saya ini lumayan murah lhoo untuk tiket akhir tahun.

pegipegidotcom

Enaknya sih kalau booking tiket pesawat melalui situs pegipegi(dot)com harga yang tertera biasanya selalu sesuai dengan harga yang ditampilkan di awal. Jadi harga tiket yang ada pada halaman awal ketika booking biasanya sama dengan harga yang harus dibayar pada akhirnya, tanpa ada tambahan apa-apa lagi. Pilihan metode pembayaran juga beragam seperti transfer bank, BCA Virtual Account, transfer ATM, kartu kredit, pilihan cicilan 0%, klik BCA ataupun melalui kredivo.

So, kalian ada rencana liburan ke Padang? Berani nyobain gulai otak sapi? Atau mungkin sudah ada yang pernah nyobain, share pengalamannya dong di kolom komentar. Saya juga kepo sih rasanya seperti apa πŸ˜€

Advertisements

13 thoughts on “Kalau Liburan ke Padang, Tertarik Nyobain Kuliner yang Satu Ini?

  1. Wahhhhh, Aku pertama kali makan otak sapi waktu di India. dibikin curry pedas gitu, rasanya gurih, pedas. Dans ejak itu aku ketagihan. Waktu balik ke Indonesia pingin banget nikamti otak sapi dan dapat info dari postingan ini ternyuata ada Gulai otak sapi dan dilihat dari deakripsi rasanya enak. pingin….. InsyaAllah klo ke padang aku hunting gulai otak sapi. Thanks.

    Like

  2. Wajib coba mbak, saya doain nanti nemu rumah makan Padang yang menyajikan menu ini. Saya sendiri orang Padang dengan bangga mau bilang ini gulai mantap banget rasanya. Termasuk pilihan favorit. Tapi memang tidak semua rumah makan Padang menyediakan menu ini.

    Like

    1. oke mba, pasti saya akan nyobain kalau emang nemu rumah makan padang yang menyediakan menu ini, tapi sejauh ini belum nemu, semoga saya bisa ke padang lansung aja deh suatu hari nanti, amiin hehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s