Kreasi Menu MPASI 6 Bulan

Halo moms! Apa kabar? Kali ini kita ngomongin MPASI yuk?! Sebagaimana kita ketahui kalau menurut WHO bayi yang sudah berusia 6 bulan dianjurkan untuk memakan menu pendamping asi (MPASI). Menu mpasi 6 bulan yang mereka anjurkan juga bukan makanan dewasa seperti kita. Menu mpasi yang dianjurkan untuk bayi usia 6 bulan adalah yang masih berbentuk bubur halus atau pure. Hal ini dikarenakan kemampuan mengunyah mereka belum ada. Bayi usia 6 bulan juga belum tumbuh gigi jadi akan sulit untuk memakan makanan yang keras.

Nah anda bisa berkreasi agar bayi usia 6 bulan mau makan selain meminum asi. Jika anda bingung menu mpasi apa saja yang bisa dimakan bayi 6 bulan, anda bisa mempraktekan membuat menu mpasi berikut ini di rumah.

1. Menu Jagung Dan Wortel

Menu mpasi yang pertama yang bisa anda coba adalah dengan bahan jagung dan wortel. Jagung adalah sumber karbohidrat dan juga memiliki rasa yang manis. Selain itu jagung juga sangat baik untuk membantu anak tetap berenergi. Selain jagung, wortel juga sangat bagus untuk anak usia 6 bulan. Wortel mengandung betakaroten yang sangat baik untuk anak anda.

Cara membuat mpasi ini sangatlah gampang. Pertama anda rebus dulu jagung dan wotel. Setelah anda rebus jagung, anda kuliti dan siap untuk diblender. Wortel juga anda potong dulu kecil kecil setelah direbus, hal tersebut dilakukan agar anda mudah memblendernya. Kemudian blender jagung dan wortel menjadi satu. Setelah itu anda bisa tambahkan margarine khusus untuk bayi.

2. Kentang Dan Ikan Salmon

Kentang adalah karbohidrat pengganti nasi yang juga sangat bagus untuk dibuat menu mpasi. Untuk gizi anak anda terpenuhi. Selain kentang anda juga bisa menyiapkan salmon. Salmon adalah ikan yang sangat baik untuk tubuh, apalagi untuk  bayi anda. Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang banyak mengandung protein tinggi. Selain itu omega 3 di dalam ikan salmon juga bisa membuat anak anda cerdas.

Cara  membuatnya pertama anda rebus dahulu kentang dengan sebelumnya dikupas kulitnya. Begitu juga dengan salmon, anda rebus dahulu. Setelah kentang di rebus, anda potong-potong. Anda juga lakukan hal yang sama dengan ikan, anda potong-potong. Setelah kentang dan ikan salmon yang telah matang dipotong-potong. Anda blender keduanya hingga halus. Lalu sajikan untuk bayi anda.

3. Labu Kuning

Menu mpasi 6 bulan untuk bayi anda akanlebih bervariasi lagi jika anda memberikan mereka labu kuning. Labu kuning yang biasanya dipakai untuk perayaan Halloween ini sangat bagus untuk bayi anda. Kandungan vitamin di dalamnya baik untuk tubuh. Rasanya yang manis dan juga teksturnya yang lembut sangat baik untuk bayi.

Cara membuatnya sangatlah mudah. Anda siapkan labu kuning yang telah dikupas kulitnya. Jangan lupa anda potong dan cuci bersih labu kuning. Setelah itu anda rebus hingga matang. Setelah direbus anda blender hinggahalus. Setelah menjadi bubur labu, anda bisa menambahkan margarin yang dibuat khusus untuk bayi. Biasanya margarine itu mengandung susu yang lebih banyak. Memang harganya sangat mahal, namun margarine itu sangat baik untuk bayi anda.

4. Pure Alpukat

Untuk pertama kali mencoba makanan, anda bisa member anak anda pure alpukat. Alpukat adalah buah yang sangat baik untuk kesehatan. Selain mengandung karbohidrat alami, buah alpukat juga mengandung lemak baik yang sangat baik untuk tubuh. Protein di dalam alpukat juga sangat baik untuk tubuh.

Anda tak perlu merebus alpukat. Anda bisa langsung memblender alpukat dengan terlebih dahulu memotongnya. Setelah diblender, anda bisa langsung sajikan untuk bayi anda. Anda harus memperhatikan alpukat yang anda beli. Jangan sampai yang memiliki rasa pahit. Anda bisa memilih alpukat mentega, yang memiliki rasa yang enak.

Okedeh, itu dulu menu mpasi yang bisa saya share, semoga bermanfaat ya!


Note:
Cover image by Pixabay.com

Advertisements

One thought on “Kreasi Menu MPASI 6 Bulan

  1. saya dulu rajin banget bikin mpasi buat samir tapi gak ada yg dimakan sama dia, akhirnya menyerah, dia sukanya cuman makan buah waktu itu jadi tiap hari hanya gonta ganti buah saja😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s