Waspadai Penyebab Perut Kembung ini!

Perut kembung merupakan kondisi dimana perut layaknya orang begah dan disertai rasa mual. Salah satu tanda orang perut kembung adalah sering buang angin atau bersendawa. Hal tersebut tentu menjadi salah satu hal yang menghambat dalam beraktivitas.

Terdapat berbagai cara mengatasi perut kembung, namun jika kita tidak mengetahui penyebabnya maka kejadian ini dapat terus berulang. Bahkan perut kembung ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa karena anak – anak juga bisa menjadi korban perut kembung. Nah berikut ini akan dijabarkan penyebab perut kembung yang perlu kamu ketahui dan waspadai. Mencegah pasti lebih baik dibanding dengan mengobati.

1. Intoleransi laktosa

Berdasarkan National Institute of Child Health and Human Developmentseseorang yang mengalami intoleransi laktosa dikarenakan tubuhnya tidak bisa menghasilkan enzim laktase sesuai yang dibutuhkan untuk proses pencernaan. Tanpa adanya enzim laktase tersebut, laktosa tidak dapat dicerna. Hal tersebut dapat menimbulkan gangguan pencernaan.

Orang yang intoleransi laktosa akan kesulitan dalam mencerna produk laktosa. Gejalakondisi ini dapat berupa perut kembung yang berlebihan, diare,hingga sakit perut setelah minum produk susu.

2. Penyakit asam lambung

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit asam lambung adalah kondisi di mana asam lambung mengalir ke sepanjang esofagus atau kerongkongan. Hal tersebut menyebabkan nyeri di bagian ulu hati dan sensasi terbakar di dada.Asam lambung biasanya terjadi pada wanita hamil, orang yang kelebihan berat badan, atau orang yang terlalu banyak makan makanan yang berlemak.

3. Faktor makanan

Kita juga harus memperhatikan apa yang kita makan. Penyebab perut kembung umumnya dikarenakan terlalu banyak konsumsi buah atau sayuran yang mengandung gas. Sayuran atau buah yang mengandung gas seperti, kubis, kacang – kacangan, brokoli, kismis, kacang-kacangan, apel, dan lain sebagainya. Selain itu, makanan olahan yang memiliki banyak kandungan fruktosan juga bisa jadi penyebab perut kembung.

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritabel bowel syndrome merupakan penyakit pencernaan yang bisa mempengaruhi kerja usus besar. Kerja utama dari otot usus besar adalah berkontraksi untuk mendorong kotoran keluar. Pada kasus IBS, kontraksi otot ini abnormal. Gejala yang ditimbulkan seperti kram, perut kembung, sakit perut, sering buang angin, mual, hingga lemas. Penyakit ini termasuk penyakit umum, yang biasanya dialami oleh remaja hingga orang yang lebih tua. Akan tetapi penderita terbesar masih orang yang lebih tua.

5. Sembelit

Sembelit merupakan kondisi di mana sulit untuk buang air besar secara teratur. Sembelit dapat diukur dengan sedikitnya buang air besar dalam seminggu, biasanya kurang dari 3 kali. Pada umumnya, penyakit sembelit dikarenakan faktor makanan, stres, atau faktor lingkungan. Gejala penyakit sembelit adalah perut terasa begah, sakit, terasa penuh, sakit perut, dan lain sebagainya.

6. Penyebab lainnya

Penyebab perut kembung lain yang perlu diketahui adalah karena adanya kenaikan berat badan, hormon yang tidak stabil, stres, gelisah, berbicara saat makan, dan lain sebagainya.

Nah itu merupakan 6 penyebab perut kembung yang harus kamu waspadai. Faktor makanan masih menjadi salah satu penyebab utama dari perut kembung. Makan yang teratur dengan bahan makanan yang sesuai dengan nilai gizi dapat mengurangi potensi perut kembung.

Umumnya perut kembung bukanlah suatu kondisi yang serius dan masih bisa diatasi dengan mudah tanpa bantuan dokter, akan tetapi jika berlangsung terus-menerus maka ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan ke dokter. Semoga artikel iniΒ  bermanfaat ya! Thanks for reading!

Baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s