Yuk! Ubah Kaos Lengan Panjang Lamamu menjadi Kardigan Lucu!

 

Halo guys! Kita udah masuk pertengahan bulan Agustus aja nih! Enggak kerasa yaa?! Oiya, gimana perayaan 17 Agustusan di daerah kalian? Seruu enggak?

Hmmm, kalau perayaan 17-an di daerahku jangan ditanya yaaa… Hiiks, Lombok masih berduka karena gempa yang terus menerus terjadi selama tiga pekan belakangan ini #PrayforLombok. Doakan kami yaa semoga tabah menjalani ujian yang enggak ringan ini. Sekarang kami lagi berupaya untuk bangkit lagi dan tetap semangat menjalani aktifitas sehari-hari.

Alright  mencoba move on dari gempa nih ceritanya, trauma healing bagi saya adalah dengan terus menulis di blog. Karena dengan menulis saya setidaknya bisa memiliki momen khusus untuk mengasah otak saya dan sejenak melupakan masalah yang ada.

Oke, langsung aja deh yaa… Tulisan kali ini saya mau berbagi tutorial sederhana cara mengubah kaos lengan panjang wanita menjadi sebuah kardigan yang lucu. Biasanya kan kita para kaum perempuan suka banget yang  namanya mengoleksi berbagai macam pakaian mulai dari kaos lengan panjang wanita, rok jeans, celana panjang, jilbab (bagi yang berjilbab), gamis, dan banyak lagi lainnya. Sangking banyaknya koleksi, kadang kita udah lupa kalau ternyata punya stok baju lama yang jarang kepakai. Nah, daripada mubazir mending diubah aja jadi pakaian baru yang lebih modis dan lucu.

Jadi kalau kalian punya kaos lengan panjang wanita yang udah lama enggak kepakai, boleh banget ikutin tutorial yang satu ini. Saya juga udah nyoba lhooo, dua kali malah hihi. Tutorialnya saya nemu di Youtube. Menurut saya tutorial ini mudah untuk diikuti dan bahannya mudah didapatkan. Apalagi enggak perlu dijahit, jadi cocok banget buat kalian yang enggak suka ribet.

Okedeh, karena videonya pakai bahasa inggris, saya mau coba terjemahin dan jelasin dengan pemahaman saya yang seadanya yaa… Yuk, tonton dulu video di bawah ini:

Untuk memulainya, kita perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan yaitu:

  1. Kaos lengan panjang
  2. Gunting
  3. Selotip bening
  4. Jarum pentul/peniti
  5. Spidol
  6. Penggaris
  7. Setrika

Untuk mempermudah penjelasannya saya sertakan foto screenshot dari video tersebut untuk setiap langkahnya yaa. Check this out guys!

Langkah pertama: Potong bagian depan kaos dengan posisi tengah-tengah secara vertikal

mengubah kaos panjang menjadi kardigan 1

Oke, langkah pertama adalah kita perlu memotong bagian depan kaos secara vertikal (dari atas ke bawah). Pastikan posisi potongan berada di tengah-tengah yaa.. Jadi kita perlu ukur dulu menggunakan penggaris dan beri tanda garis menggunakan spidol. Setelah itu, potong kaos sesuai garis yang sudah dibuat.

Langkah kedua: Pasang selotip di sisi tepi dalam kaos yang sudah dipotong

mengubah kaos panjang menjadi kardigan 2

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah menempelkan selotip pada bagian tepi dalam kaos yang sudah dipotong tadi. Caranya adalah seperti yang terlihat pada gambar di atas. Lipat sedikit bagian yang sudah dipotong sehingga bagian dalam berada di bagian luar kaos. Setelah itu, tempelkan selotip dari atas sampai bawah lalu tutup selotip dengan sisa kain yang ada. Biar lipatannya rapi kalian dapat menggunakan jarum pentul biar kaosnya enggak kegeser kemana-mana.

Langkah ketiga: Setrika bagian yang sudah ditempel selotip

mengubah kaos panjang menjadi kardigan 3

Pastikan langkah pertama dan kedua sudah dilakukan dengan benar yaa.. Langkah ketiga alias langkah terakhir adalah menyetrika bagian yang sudah ditempeli selotip tadi. Pastikan setrikanya dipanasin terlebih dahulu yaa.. Oiya, kenapa pakai setrika sih? Karena DIY project yang sedang kita lakukan ini adalah No-Sew Cardigan alias kardigan yang enggak dijahit. Setrika ini adalah pengganti jahitan agar potongan kaosnya terlihat lebih rapi ketika digunakan dan serat kainnya tidak brudul.

Nah, kalau kalian sudah mengikuti langkah-langkah di atas secara baik dan benar berarti udah berhasil deh bikin kardigannya! Yeay! Mudah kaan? ^^

Saya sudah mencoba, sekarang giliran kalian 🙂

Kalau udah berhasil, boleh dishare di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Advertisements