5 Kuliner Khas Lombok yang Super Pedas

Setelah sebelumnya saya share tentang penyakit unik yang hanya diderita oleh orang Lombok, kini saatnya saya akan berbagi informasi tentang 5 kuliner khas Lombok yang pedasnya minta ampun.

Bukan orang Lombok namanya kalau enggak suka pedas. Sudah kebiasaan turun temurun sepertinya kalau orang Lombok itu enggak afdhol makan tiga kali sehari kalau tidak dengan lauk yang super pedas. Oke, langsung aja yaaa… menurut saya lima macam kuliner di bawah ini adalah beberapa contoh dari makanan terpedas di Lombok, yaitu:

1. Pelecing Kangkung

pelecing kangkung
sumber tertera

Makanan khas Lombok yang super pedas nomor pertama adalah pelecing kangkung. Pelecing kangkung terbuat dari kangkung khas Lombok. Kangkung Lombok memiliki batang yang lebih besar dari kangkung yang ditemui di Pulau Jawa karena kangkung Lombok biasanya ditanam di air sungai yang mengalir. Selain itu, pelecing kangkung juga memiliki citarasa yang khas karena sambalnya dibuat menggunakan terasi khas Lombok yang berbeda dari terasi pada umumnya.

Cara membuat pelecing kangkung yaitu dengan cara merebus kangkungnya terlebih dahulu baru kemudian disuir-suir memanjang. Sambal pelecingnya terdiri dari cabe rawit merah, tomat, terasi Lombok, garam, penyedap dan perasan jeruk purut. Agar lebih nikmat bisa juga ditaburi parutan kelapa dan kacang tanah goreng di atasnya.

2. Beberuk

Sambel Beberok
sumber: google images

Beberuk atau bisa juga disebut dengan beberuk terong adalah terong bulat mentah yang dipotong kecil-kecil dicampur dengan kacang panjang mentah yang juga dipotong kecil-kecil. Kemudian dicampur dengan sambal tomat khas Lombok. Bumbu sambal tomatnya mirip dengan pelecing kangkung hanya saja ditambahkan irisan bawang merah dan sedikit minyak goreng sebagai penyedap rasa.

3. Ayam Taliwang

ayam bakar taliwang
sumber: halallifestyle.id

Siapa yang tak kenal ayam taliwang? Biasanya ayam yang digunakan untuk membuat ayam bakar taliwang adalah ayam jenis pejantan atau ayam kampung. Ayamnya disajikan utuh yang dilumuri bumbu khas taliwang yang menggugah selera. Rasa pedasnya jangan ditanya yaa… Dijamin pedas banget!

4. Nasi Balap Puyung

nasi balap puyung
sumber: liputan6. com

Kalau ngomongin nasi balap puyung ini saya jadi inget teman kuliah saya dulu. Dia pernah berkunjung ke Lombok dan menyicipi nasi balap ini kemudian dia menangis sangking pedasnya. Disebut nasi balap puyung karena kuliner yang satu ini berasal dari Kampung Puyung – Lombok Tengah.

Sebenarnya nasi balap ini sangat sederhana yaitu satu porsi nasi putih dicampur dengan ayam suwir yang super pedas. Biasanya disajikan dengan oseng buncis, kedelai goreng dan kentang goreng kering. Yang menjadikan nasi balap ini khas tentunya di rasa sambalnya yang super duper pedas dong yaa… Nah, biasanya nasi balap puyung ini disantap sebagai menu sarapan.

5. Kelaq Sebiye

kelq-sebie-kuliner-lombok
sumber: sasambotour. com

Wah ini nihhhh yang dinanti-nanti. Makanan yang satu ini pedasnya tidak bisa disaingi deh pokoknya! Gimana enggak pedas guys, bahan utamanya adalah cabe! Yaps, sekitar satu kilo cabe rawit hijau dipotong-potong kemudian dimasak dengan bumbu lainnya yaitu bawang merah, bawang putih, terasi, garam, penyedap dan santan kental. Semakin lama dimasak dan santannya semakin kental maka semakin sedap lah kelaq sebiye ini guys!

Oiya, kelaq itu artinya masak sedangkan sebiye artinya cabe. Jadi kelaq sebiye adalah cabe yang dimasak. Udah kebayang belum nih pedesnyaaa?

Oke deh, itu dia lima macam kuliner terpedas khas Lombok menurut baiqrosmala.com. Apa kalian berani mencoba?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s