Kain Katun, Bahan Kerudung yang Cocok untuk Iklim Tropis

Bahan Kerudung – Kerudung bukan hanya berfungsi sebagai penutup kepala saja, namun suatu kewajiban bagi setiap muslimah untuk mengenakannya. Saat ini banyak sekali kerudung dengan desain yang modis serta bahan kerudung yang beragam. Tentu saja jika kita akan membeli kerudung pastinya kita akan memilih kerudung yang nyaman dipakai dan dibuat dari bahan kerudung yang berkualitas baik serta membuat kita tidak gerah ketika memakainya.

Salah satu bahan kerudung yang sering ditemui adalah katun. Kain katun ini memiliki ciri khas yaitu adem ketika dipakai, tidak transparan dan agak tebal. Selain itu, kain ini dapat menyerap keringat dengan baik karena dibuat dari kapas alami. Bahan kerudung dari kain kain katun biasanya digunakan untuk kerudung segi empat.  Untuk kain ini memang tidak bisa dikreasikan dengan beragam gaya namun cukup awet dan nyaman saat dipakai.

Kain katun sendiri memiliki beberapa jenis yang biasa dijadikan bahan kerudung, yaitu kain katun ima dan supernova. Lalu apa saja perbedaan dari kedua jenis kain katun tersebut? Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Kain Katun, Bahan Kerudung Adem Cocok untuk Daerah Iklim Tropis

Kain katun supernova merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan katun yang lembut, halus, adem serta tidak transparan kecuali kain supernova yang berwarna putih. Kain ini memiliki tekstur misty atau motif seperti gerimis. Selain itu, dalam kain ini kita dapat menemukan 2 warna secara bersamaan.

Biasanya di pasaran terdapat 2 karakter kain supernova yang dikenal, antara lain kain supernova yang tebal yang memiliki tekstur sedikit kaku dan juga kain supernova sedang yang memiliki karakter berbeda yaitu agak jatuh. Kain jenis ini memang banyak digunakan untuk kebutuhan fashion seperti kemeja wanita, kerudung, celana bahkan rok. Selain itu, juga bisa digunakan sebagai sarung bantal karena bahannya mirip dengan katun linen.

Selanjutnya ada  kain katun ima, kain memiliki karakteristik yang rapi dan halus serta adem jika dikenakan. Jika dilihat secara detail terdapat garis-garis kecil berwarna senada yang sama dengan warna dasar kain. Kain ima ini memiliki kelebihan yaitu permukaan kain yang halus, mampu menyerap keringat dengan baik, lebih tahan lama dan warnanya awet dan tidak gampang kusut ketika dicuci.

Kain katun ima ini juga mempunyai kekurangan, yakni jenis kain tersebut biasanya rentan terkena jamur. Untuk itu, maka akan lebih baik jika disimpan di tempat yang kering. Jenis kain ini juga akan mudah rusak jika direndam dalam detergent selama kurang lebih 2 jam, serta mudah kusut ketika dipakai.

Kain katun ima sendiri memilki tiga jenis yaitu kain katun ima non slub, katun ima slub dan katun ima lokal. Kain jenis ini juga memiliki corak atau motif yang beragam sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan kerudung dan bahan kebutuhan fashion lainnya. Hal ini karena akan memberikan kesan rapi dan elegan untuk siapapun yang mengenakannya.

Ternyata baik kain katun jenis supernova maupun ima memiliki kelebihan dan kekurangan serta ciri khas tersendiri. Kualitas dari kain katun yang dijadikan bahan kerudung pun sangat beragam dengan harga yang berbeda-beda.

Selain itu, kain ini cukup laris di pasaran karena bahannya yang adem dan nyaman ketika dipakai. Dan kain ini juga sangat pas jika digunakan untuk kawasan yang beriklim tropis seperti di Indonesia, karena memiliki bahan yang baik untuk menyerap keringat. Jadi, sudah memilih kain katun apa sebagai bahan kerudung kamu?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s