Apa yang Paling Ditakuti Traveler Saat Bepergian Jauh?

Kalau ngomongin soal traveling atau liburan dan jalan-jalan, yang kebayang duluan di kepala pasti yang asyik-asyik nih, seperti pemandangan yang indah, atraksi hiburan yang menarik, orang-orang yang ramah, ketemu objek wisata alam yang menantang, mendapat pengalaman dan teman baru, bisa menikmati makanan khas yang enak-enak dan banyak hal menarik lainnya. Nah karena beberapa hal asyik inilah banyak orang (khususnya pemuda) di era milenial ini lebih senang melakukan traveling ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Entah itu untuk mengunjungi objek wisata yang ada di daerah ataupun keliling Imdonesia bahkan keliling dunia! Sobat baiq ada juga kah yang memiliki keinginan yang sama?

Jujur sih ya, kalau menurut saya pribadi, siapa sih yang enggak kepengen jalan-jalan keliling Indonesia? Keliling dunia? Wewh saya yang udah jadi emak-emak juga pengen banget deh kalau ada yang nawarin hihi. Eiits, gini-gini saya juga pernah lhoo solo traveling ke negara tetangga Malaysia (alaah baru segini doang bangga! Wkwk). Eh iya, dulu pas masih muda saya pernah juga ngerasain yang namanya traveling asyik bersama teman-teman, mulai dari jalan-jalan yang pake angkot, kapal laut sampai pesawat terbang, dari jalan-jalan ke desa sebelah sampai dengan naik gunung! (aih mulai pamer padahal mah enggak seberapa #siapsiapdilemparinkoper -,-)

Traveling itu emang menyenangkan sih yaa.. Tapi tahu enggak, selain banyak hal menyenangkan yang bisa didapatkan dari traveling, ternyata banyak juga lhoo traveler yang takut akan hal-hal tertentu ketika bepergian, apalagi bepergian jauh. Yaa namanya juga manusia, traveler selain punya nyali yang kuat juga tentunya punya rasa takut.

Nah, berdasarkan berita yang saya baca di laman travel.detik.com (07/04/18) bahwasanya ada enam hal yang turis takuti dan cenderung akan dihindari dari destinasi wisata. Keenam hal ini adalah hasil riset dari Amadeus ‘Journey of Me Insight’ yang meneliti sifat dan perilaku turis di Asia Pasifik. Penelitian ini memiliki responden 6.870 orang di 14 negara Asia Pasifik yang pergi traveling menggunakan pesawat terbang dalam 12 bulan terakhir. Hasil risetnya adalah sebagai berikut:

  1. Cuaca ekstrem atau sangat dingin (52%)
  2. Bencana alam (51%)
  3. Serangan teror yang baru terjadi (47%)
  4. Lonjakan kriminal (42%)
  5. Kerusuhan politik (30%)
  6. Fasilitas medis yang minim (18%)

Nah, bagaimana menurut kalian? Secara garis besar saya yakin banyak yang setuju dengan hasil penelitian ini ya?!

Tapi bagaimana kalau sebenarnya kita sudah menghindari berwisata ke daerah yang ditakuti dari keenam hal tersebut, namun masih ada aja hal yang membuat kita takut or khawatir. Kalau menurut saya (menurut saya lhoo yaa, kalian boleh beda pendapat) bepergian ke negara yang paling aman di dunia pun sebenarnya ada hal-hal yang paling ditakuti oleh traveler khususnya ketika bepergian jauh. Apa aja? Menurut saya, hal-hal mengkhawatirkan itu adalah:

traveler boy

1. Kangen Rumah

Hal yang paling dirasakan pertama kali ketika melakukan perjalanan jauh pastinya kangen rumah dong! Pengalaman saya, sepanjang perjalanan ketika di atas kendaraan atau pesawat pasti yang kebayang adalah wajah orang-orang yang kita sayangi. Misalnya orang tua, pasangan (suami/istri), anak, pokoknya orang rumah lah intinya ๐Ÿ˜€

2. Dicopet

Ini nih hal yang paling ditakuti saat bepergian. Kecopetan dan kehilangan benda-benda dan dokumen berharga tentu hal yang paling dihindari oleh seorang traveler. Tidak ada salahnya sebelum bepergian melakukan salah satu tips yang direkomendasikan oleh banyak travel blogger/vlogger yaitu menyelipkan uang cash di banyak tempat tersembunyi selain di tas, seperti di kaos kaki atau dalam sepatu. Agar kalau kecopetan setidaknya punya cadangan untuk makan dan transportasi ke kantor polisi terdekat.

3. Kematian

Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Semua sudah ketentuan dari Tuhan, kapan dan dimana kematian itu menghampiri. Dan kekhawatiran akan kematian itu lebih terasa ketika sedang bepergian, iya enggak?

4. Berita Duka

Satu lagi yang paling ditakuti adalah berita duka yang datangnya dari rumah dan di saat yang bersamaan tidak memungkinkan bagi kita untuk segera pulang. Sedih pastinya hiiks.

5. Kehabisan Uang

Biasanya nih, yang namanya traveling pasti diiringi dengan icip-icip makanan enak khas negara yang dikunjugi, beli oleh-oleh, beli tiket atraksi/hiburan dan hal-hal lain diluar rencana dan diluar budget yang sudah direncanakan sebelumnya. Uang menipis sebelum waktunya pulang, weehh pasti bikin deg-degan. Takutnya kan ada kebutuhan mendadak seperti harus beli obat kalau sakit. Makanya, sebisa mungkin beli barang karena kalap mata itu dihindari deh kalau lagi traveling ke luar, khususnya buat para emak-emak ๐Ÿ˜€

6. Sakit

Sudah terbayang indahnya tempat wisata yang akan dikunjungi tapi ternyata di tengah jalan kita tiba-tiba sakit karena terlalu lelah, tentunya menjadi kenangan yang lumayan pahit yaa. Hmm.. sebelum berangkat emang tidak ada salahnya dimulai dengan doa terlebih dahulu, agar dihindari dari hal-hal yang buruk yang tidak kita inginkan. Jangan lupa juga siapkan multivitamin biar tetap sehat selama menikmati liburan.

7. Tersesat dan Mati Gaya

lost

Nah, ini nih yang saya alami ketika melakukan solo traveling ke negara sebelah. Takut nyasar dan saya pun hampir mengalaminya wkwk. Sebenarnya bisa aja sih yaa nanya ke orang-orang. Tapi sepengalaman saya, enggak semua orang di luar sana memiliki sifat ramah untuk memberitahu arah yang benar. Hmm, ketika enggak tahu arah dan tujuan, udah nanya sama orang lokal tapi kendala di bahasa, ketika ada yang paham bahasa inggris tapi kitanya dikacangin, kan jadi mati gaya -_-. Kalian pernah ngalamin juga enggak?

Nah, sebenarnya tersesat di jalan yang menyebabkan mati gaya di negeri orang ini dapat diatasi dengan cara menyusun agenda kegiatan atau yang disebut dengan itinerary. Namun, membuat itinerary tentu tidaklah mudah ya guys. Kalau nyusun itinerary sendiri tentunya diperlukan waktu yang lumayan lama untuk menggali informasi destinasi wisata yang dituju.

Untungnya, sekarang ada lhoo sejenis marketplace tour online yang menyediakan segala jenis paket wisata dan aktivitas di tempat wisata yang ingin dikunjungi, namanya Vizitrip. Vizitripย merupakan suatu marketplace online yang memberikan solusi lengkap bagi setiap tipe traveler yang membutuhkan produk wisata dan aktivitas. Beragam paket yang disediakan oleh Vizitrip dijamin termurah dan terlengkap se-Indonesia yang cocok untuk solo traveler maupun group travellers.

home vizitrip

Jadi nih ya, kalau kalian berencana mengunjungi kota tertentu di Indonesia maupun luar negeri, kalian tinggal search aja di kolom “Where do you want to go” pada website vizitrip. Setelah itu akan keluar berbagai jenis wisata terlengkap dan termurah yang ada di kota atau negara yang ingin kalian kunjungi.

paket trip vizitrip

Contohnya ini nih, kalau kalian pengen banget berkunjung ke kampung halaman saya Pulau Lombok ๐Ÿ˜€ akan keluar banyak paket regular trip, open trip termurah & terlengkap, maupun group trip yang nantinya mempermudah kalian untuk mengeksplor Pulau Lombok. Tinggal pilih aja paket yang sesuai budget dan keinginan kalian. Enaknya kalau traveling bareng Vizitrip kita juga bisa mengatur sendiri itinerary yang lebih fleksibel dengan keadaan kita baik itu dari segi budget maupun waktu. Kalian juga bisa mengatur ingin berwisata ke tempat yang relax, menyenangkan atau yang banyak kegiatan aktifnya.

tiket atraksi vizitrip

Selain menawarkan paket wisata ke seluruh destinasi populer, Vizitrip juga menyediakan tiket atraksi/wahana permainan ke berbagai destinasi populer di dalam maupun luar negeri dengan harga yang lumayan murah. Vizitrip menawarkan harga yang terbaik karena bekerjasama dengan 500 tour partner terbaik yang berpengalaman yang pastinya bisa memberikan pelayanan aman dan nyaman.

vizitrip mudah

Salah satu kelebihan yang dimiliki Vizitrip adalah semua informasi yang dibutuhkan sebelum kita memilih satu paket wisata/aktivitas sudah teretera dengan jelas dan lengkap. Mulai dari deskripsi paket wisata secara umum, tempat apa saja yang akan dikunjungi, isi paket/fasilitas apa saja yang akan diperoleh, itinerary dan cara mudah booking yang sangat membantu menghemat waktu dan tenaga.

Gimana? Kalian yang merencanakan liburan boleh banget lah ditengok-tengok dulu websitenya Vizitrip ini guys. Apalagi sekarang nih lagi ada promo besar-besaran yaitu April on Fire yang menawarkan diskon liburan hingga Rp 1 juta yang berlaku untuk tour domestik dan internasional! Wow

april on fire

Tertarik? Buruan yaaa.. karena periodenya mulai dari 1 April sampai dengan 1 May 2018 aja saja guys! Satu juta mah lumayaan banget. Yuk baca info lengkap dan syarat ketentuan untuk mendapatkan diskon April on Fire ini di website Vizitrip https://www.vizitrip.com/.

Keep calm and start traveling ^^

 

Advertisements

7 thoughts on “Apa yang Paling Ditakuti Traveler Saat Bepergian Jauh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s