Mengenal Macam Jenis Kain untuk Bahan Gamis

Halo ladies, bulan Maret udah berakhir nih. Saatnya menyambut April dengan ceria ^^

And for my muslim friends, memasuki bulan April itu tandanya bulan Ramadhan sebentar lagi datang. Kalau enggak salah sih (CMIIW) Bulan Ramadhan itu dimulai nanti pertengahan Mei deh. Walaupun masih satu setengah bulan lagi, hawa-hawa menyambut Ramadhan itu kok kayaknya udah kerasa aja yaa. Iya enggak sih? Soalnya nih, di timeline facebook saya udah banyak yang bermunculan resep-resep aneka kue, aneka minuman untuk berbuka puasa, olshop-olshop yang nawarin dagangannya mulai dari kurma, mukena, sarung, koko, gamis lebaran, sandal, sepatu, tas dan seabrek-abrek produk lainnya.

Nah, enggak tahu kenapa yaaaa, yang sering muncul di timeline saya malah produk-produk fashion muslim wanita seperti mukena dan gamis. Kadang saya juga sering iseng kepoin olshop yang nawarin gamis cantik-cantik. Walaupun sebenarnya belum niat beli wkwkwk. Kalian juga pernah gitu enggak? Sering kepoin olshop karena liat gambar produknya yang kece-kece buat cuci mata? Haha. Kalau saya sih sering!

Sebenarnya alasan saya stalking si olshop karena suka penasaran aja sama harganya. Seperti kemarin nih, ada satu gamis yang cantik banget ala-ala princess gitu dan pas ngeliat harganya cuman 100-an ribu! Duh, saya jadi ingat dulu pernah beli gamis online dan sempat kecewa karena barang yang saya terima enggak sesuai sama gambarnya. Gambarnya bagus, rok bagian bawah gamis lebar banget dan kayaknya terbuat dari bahan yang adem. Ternyata gamis yang datang waktu itu bahannya jersey. Udah tahu kan bahan jersey itu? Lemes dan ngejiplak banget di badan, jadi bagian bawahnya enggak selebar seperti terlihat di gambar.

Kalau udah terlanjur kebeli gitu jadi salah siapa? Sempat saya salahkan olshopnya, tapi ketika saya cek lagi keterangan gambarnya emang bahannya jersey sih. Salahnya saya juga kenapa enggak ngebayangin dari awal kalau bahan jersey itu pasti ngejiplak di badan dan enggak mungkin lebar-lebar amat lah bawahnya -,-. Mulai dari sana saya selalu memperhatikan jenis kain bahan gamis yang akan saya beli dan tidak terlalu berpatokan sama gambarnya.

Anyway, prolognya kepanjangan yaa? Jadi curhat kan jadinya 😀

Intinya postingan kali ini saya mau bagi-bagi info lah buat kalian para ladies yang mau beli gamis lewat online shop. Pastikan kalian paham dulu jenis kain yang digunakan untuk pembuatan gamis, setidaknya secara umum. Sebenarnya jenis kain untuk bahan gamis itu banyak banget. Tapi pada postingan ini saya mau review beberapa jenis kain bahan gamis yang saya ketahui. So, semoga bermanfaat ya! 😉

Jersey

Screenshot-2018-4-5 Samara Gamis Jersey - Magenta
Gamis bahan jersey

Jenis kain ini seperti yang saya sebutkan di awal, bahannya lentur dan enak dipakai. Permukaan kainnya halus, tidak berbulu dan melar. Kalau dipakai tuh rada ngejiplak dan membentuk lekuk tubuh. So, sebaiknya kalau membeli gamis bahan jersey ini pilih yang kualitas super dan tebal. Bisa pilih yang jenis umbrella yang bagian bawahnya lebar sehingga tidak terlalu membentuk lekuk tubuh ya!

Spandex

Sebenarnya bahan spandex sama jersey agak sedikit mirip sehingga banyak orang yang kadang tidak terlalu ngeuh sama perbedaannya. Dibandingkan jersey, spandex itu memiliki sifat kain yang tidak terlalu tebal sehingga terasa ringan jika dipakai. Nah, pengalaman saya kalau bahan spandex serat kainnya bisa berbulu kalau udah kelamaan kepakai. Oiya, harganya juga relatif lebih murah dibandingkan jersey karena emang kainnya rada tipis. Tapi kebanyakan gamis bahan spandex enak dipakai untuk sehari-hari di rumah.

Misbee

Bahan misbee ini memiliki sifat yang lentur dan melar seperti jersey namun serat kainnya lebih tebal dan memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Gamis bahan misbee umumnya tidak terlalu kaku dan cocok juga untuk dipakai sehari-hari. Dibandingkan jersey, kain misbee ini terasa lebih adem dan lebih menyerap keringat.

Ceruti

Screenshot-2018-4-5 Fitia Gamis Syari Ceruti - Putih
Gamis bahan ceruti

Ceruti ini memiliki banyak teman yang yang sejenis yaitu crepe, wollycrepe, bubble crepe dan lain-lain. Intinya kain jenis ini tuh agak tipis dan sedikit nerawang. Bagusnya emang kalau pakai gamis or jilbab bahan ceruti lebih baik didouble. Tapi yang enaknya, ceruti/crepe/wollycrepe dkk memiliki tekstur kulit jeruk jadi tidak terlalu keliatan kusut walaupun belum disetrika hehe.

Baloteli

Screenshot-2018-4-5 Khansa Dress - Gamis Syari - Gamis Baloteli - Cream
Gamis bahan baloteli

Baloteli baru populer dijadikan bahan gamis kayaknya tahun 2017 kemarin. Baloteli memiliki serat yang bergaris dan kainnya terlihat agak mengkilap. Bahan baloteli ini tebal dan tidak nerawang. Kalau dipakai tidak terlalu kaku, jatuh dan nyaman. Tapi menurut saya bahan baloteli ini agak panas dan tidak terlalu menyerap keringat.

Wolfis/Wolpeach

Screenshot-2018-4-5 Bajuyuli Baju Muslim Anak Perempuan Gamis Polos Basic Wolfis - Pink
Detail bahan wolfis

Nah, ini nih kain yang paling populer untuk dijadikan bahan gamis maupun kerudung. Kain wolfis secara umum lumayan tebal walaupun tidak setebal baloteli. Kain wolfis tidak nerawang dan tidak terlalu berat kalau dipakai. Kesan kainnya tidak kaku, tidak licin dan memiliki tekstur halus sehingga mudah disetrika. Kain wolfis biasanya sebutan untuk kain yang polos sedangkan yang bermotif disebut sebagai kain wolfis monalisa.

Maxmara

Screenshot-2018-4-5 BlanjaBlanji Gamis Maxi Jumbo (XL - Fit XXL) SALTRA - Maxmara Impor - Big - Pink
Gamis bahan maxmara

Kain maxmara adalah salah satu turunan dari kain satin. Teksturnya licin dan terlihat glossy tapi enggak terlalu mengkilap seperti satin pada umumnya. Bahannya ringan dan nyaman dipakai. Kalau gamis berbahan maxmara menurut saya terlihat sangat elegan. Tapi tergantung juga sih ya, kalau pakai kain kualitas super or premium pasti terlihat elegan 😉

Rayon

Walaupun ada yang bilang kain rayon bukanlah kain katun tapi menurut saya rayon ini sangat nyaman sebagaimana halnya kain katun. Dan rayon ini lebih ringan, halus, lembut, dingin dan adem ketika digunakan sebagai bahan gamis. Biasanya gamis bahan rayon adalah daster karena nyaman digunakan sehari-hari di rumah.

Katun Jepang

katun jepang
Gamis katun jepang

Gamis katun jepang adalah salah satu jenis gamis yang menjadi favorit saat ini. Karena gamis katun jepang sudah terkenal dengan bahannya yang halus dan nyaman dipakai. Permukaan kain katun jepang lebih lembut dibandingkan dengan katun pada umumnya sehingga gamis katun jepang harganya relatif lebih mahal. Gamis katun jepang juga menjadi salah satu gamis yang paling saya suka karena dapat menyerap keringat dan warnanya juga tidak mudah luntur.

Mungkin segini dulu yang bisa saya share ke teman-teman. Masih banyak jenis kain bahan gamis lainnya yang belum saya ketahui. Namun semua jenis kain yang saya sebutkan di atas pernah saya miliki dan kalau mau milih yang paling favorit kayaknya saya memilih gamis bahan rayon untuk dipakai sehari-hari di rumah. Sedangkan untuk bepergian saya suka gamis wolfis dan gamis katun jepang.

Kalau kalian lebih suka yang mana? Share juga yuk di kolom komentar! 😉

Note: all pictures on this post are taken from mataharimall(dot)com

Advertisements

6 thoughts on “Mengenal Macam Jenis Kain untuk Bahan Gamis

  1. Paling banyak punya yang bahan wolfis dan katun Jepang. Kalau spandek berbulu..jadi enggak bisa lama dipakainya, kelihatan enggak bagus lagi..Kalau ceruti enggak nyerap keringat, padahal saya tipe keringatan kwkwkw..
    Btw, komplit infonya MBak..bisa jadi bekal buat hunting baju lebaran. Saya juga suka bingung bedain jersey sama spandek hihihi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s