Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri

Sebenarnya rada bingung juga ketika mau share tulisan tentang Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri, karena saya bukanlah orang yang sering berpegian (apalagi ke luar negeri). Tapi beberapa teman yang sudah pernah baca postingan saya tentang pengalaman  jalan-jalan “gratis” ke Malaysia, sebagian ada yang bertanya “Gimana sih caranya bisa traveling hemat ke luar negeri?”

Baca juga: Jalan-jalan ke Malaysia Part I, Part II dan Part III

Sebenarnya pengalaman saya jalan-jalan ke Malaysia itu belum seberapa dibandingkan pengalaman teman-teman saya yang sudah berkeliling berbagai negara cuman bermodal backpacking. Intinya sih pinter-pinternya kita aja mengatur keuangan, mulai dari memilih tiket pesawat promo, akomodasi sederhana sampai bener-bener menekan budget untuk oleh-oleh. Nah, lebih lengkapnya saya mau berbagi sedikit tips traveling hemat ke luar negeri:

Berburu Tiket Promo

Tips yang pertama ini bener-bener ampuh dan penting banget untuk diperhatikan. Ada lhoo teman saya yang akhirnya bisa jalan-jalan ke Jepang hanya dengan modal tiket pesawat ratusan ribu (kurang dari satu juta). Dia emang cita-citanya pengen banget keliling dunia. Jadi hal yang pertama kali dia lakukan ketika udah sampe kantor dan duduk di depan komputer adalah nyari info tiket promo. Sampai akhirnya ketemu tiket promo yang ke Jepang dengan tanggal keberangkatan satu tahun dari tanggal pembelian tiket. Wah, satu tahun? Iyaps, traveling hemat emang butuh kesabaran dong! Pesan tiketnya aja butuh satu tahun sebelumnya 😀

So buat teman-teman yang pengen banget traveling hemat ke luar negeri emang harus bersabar dan kudu telaten yaa hunting tiket promonya! Enggak cuman tiket pesawat sih, hal ini berlaku juga untuk tiket promo hotel atau penginapan lainnya.

Pilih-pilih Akomodasi

Poin kedua yaitu akomodasi, di mana ini tuh sangat pengaruh banget terhadap total pengeluaran selama di luar negeri. Mau tinggal di hotel? Hmm, kalau budgetnya minim saya tidak merekomendasikan deh! Mending cari penginapan sekelas hostel atau sejenisnya. Syukur syukur kalau ada kenalan kerabat atau keluarga, bisa numpang gratis. Kalau saya waktu ke Malaysia waktu itu kebetulan ada teman yang kuliah di IIUM sehingga saya minta tolong untuk menginap di tempatnya hehe.

Pernah dengar cerita backpacker yang tidur dan mandi di bandara? Nah, bagi yang memiliki jiwa petualang dan suka tantangan emang apapun bakal dilakukan untuk menghemat biaya selama traveling di luar negeri. Kalian berani? Kalau saya sih enggak 😀

Cari Informasi tentang Negara Tujuan

Cari info sebanyak-banyaknya! Seperti rata-rata biaya penginapan, biaya transportasi, harga makanan dan sebagainya. Jangan sampai kayak saya waktu pertama kali ke Jakarta dulu. Ketika saya mau ke Tugu Tani, perjalanan dari Bogor ke Jakarta saya tempuh dengan kereta commuter line dan turunnya di Stasiun Gondangdia. Seharusnya kalau mau ke Tugu Tani mah tinggal jalan dikit aja nyampe kan? Karena males nyari informasi, saya akhirnya nanya ke tukang ojek dan sama bapak ojeknya langsung ditawari naik ojeknya dia aja, karena kalau jalan kaki lumayan jauh. Eh taunya, pas nyampe Tugu Tani, jaraknya Cuma seuprit doang dari Stasiun Gondangdia. Tahun 2010, bayar ojek 10ribu mah masih lumayan.

Nah, kejadian seperti yang saya alami itu kan bisa aja terjadi pas kita lagi di Negara orang. Kan lumayan biaya transportasi yang bisa dihemat kalau seandainya kita tahu informasi rute perjalanannya. Makanya, jangan malas-malas ngumpulin informasi tentang Negara tujuan ya!

Menghemat Biaya Internet

Di era teknologi saat ini alias di jaman now, kayaknya rata-rata yaa kalau lagi traveling ke manaa gitu enggak afdhol aja rasanya kalau enggak update status atau bikin instastory di instagram. Kebutuhan akan internet emang enggak bisa kita hindari lagi. Daaaan kalau merencanakan liburan ke luar negeri dengan budget sehemat mungkin, penggunaan pulsa untuk komunikasi dan internet lumayan menguras kantong lhoo menurut saya.

Solusinya? Enggak usah pake internet! Eh? Susah yaa kayaknya! Eh tapi sekarang sudah ada ternyata tempat sewa modem wifi yang bisa dibawa kemana aja tanpa perlu ganti kartu dan tanpa khawatir terkena roaming. Jadi kalian yang mau berhemat internet, bisa sewa modem wifi keluar negeri dari iziroam.com namanya. Iziroam ini merupakan rental wifi keluar negeri di mana si traveler bisa menyewa modem wifi untuk di bawa ke Negara manapun  yang ingin dituju. Nanti si iziroam.com ini akan mengirim modemnya ke alamat kita, atau bisa juga ketemuan di meeting pointnya. Modemnya bisa langsung digunakan di ratusan Negara di seluruh dunia tanpa perlu insert kartu SIM. Wewww.. praktis dan mempermudah banget ya?!

Okedeh, itu dia tips traveling hemat ke luar negeri ala baiqrosmala.com. Mungkin teman-teman ada yang mau menambahkan?

 

Advertisements

6 thoughts on “Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri

  1. Klo beli tiket promo gitu mesti pasrah, soalnya klo ga berangkat bisa hangus tiketnya, termasuk ga bisa revisi tgl. Pengalaman dulu pas mau jalan2 pertama kali ke eropa, sdh beli tiket promo hampir setahun sblmnya, eh dapat tgl wawancara utk visa jauh dr perkiraan. Sewa modem oke banget tuh, klo pas tidur di bandara biar ga mati gaya bisa internetan 😉 .

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s