Banyak Jalan Menuju Roma! Tak Punya Modal Bukan Berarti Tak bisa Berbisnis

Salah satu prinsip untuk sampai pada kondisi finansial yang mapan adalah dengan tidak mengandalkan satu sumber penghasilan saja. Prinsip tersebut tentu saat ini sudah banyak disadari oleh orang-orang. Untuk menjalankan prinsip tersebut, biasanya yang paling sering dipilih adalah bisnis. Ya, berbisnis menjadi salah satu jalan menambah penghasilan yang cukup fleksible. Terutama bisnis online. Anda tetap bisa menjalankannya tanpa keteteran dengan pekerjaan utama yang sudah Anda lakukan selama ini.

Hanya saja, untuk benar-benar mempraktekkannya bukan sebuah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang dianggap sebagai hambatan. Salah satu yang paling sering disebutkan adalah soal keterbatasan modal. Nah, hambatan tetap hambatan, tidak selalu bisa menghentikan Anda. Selama Anda memiliki cara penyelesaiannya, maka hambatan akan bisa terlewati. Jadi, jika Anda merasa tak punya modal untuk bisnis, bukan berarti Anda tak bisa berbisnis karena ada banyak jalan menuju roma! Apa saja?

1. Pilih bisnis dengan modal kecil

Bisnis tetap merupakan sebuah bisnis meskipun bentuknya sederhana. Bahkan, jika saat duduk di bangku sekolah dasar dulu Anda membawa beberapa pensil lucu untuk dijual, itu juga bisa dikatakan sebagai bisnis. Nah, jadi jangan hanya memandang bisnis sebagai sesuatu yang besar. Anda bisa memilih bisnis-bisnis bermodal kecil jika memiliki keterbatasan modal. Misalnya dengan menjalankan bisnis pulsa, dan sebagainya.

2. Pilih bisnis tanpa modal

Bahkan jika memang bisnis modal kecilpun masih terasa sulit dilakukan, maka Anda bisa memilih bisnis tanpa modal. Saat ini, tersedia sistem dropship untuk bisnis online. Jadi, Anda hanya perlu memasarkan produk tertentu saja, kemudian saat ada pembeli baru Anda lakukan pemesanan. Uang dari pembeli akan langsung Anda gunakan untuk membayar ke seller, sementara Anda sebagai reseller mendapatkan keuntungan dari penjualan terhadap pelanggan yang membeli kepada Anda. Tentunya perhitungan tawaran harga kepada pelanggan harus dilakukan dengan cermat agar Anda mendapatkan keuntungan yang cukup.

3. Bekerjasama degan teman atau keluarga

Tak bersemangat untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan dan tetap ingin menjalankan bisnis yang lebih besar? Maka Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk bekerjasama. Kalian bisa mengumpulkan modal bersama dengan sebuah perjanjian pembagian keuntungan. Tentunya juga pembagian kerja agar bisnis bisa dijalankan dengan lebih lancar. Dengan modal yang dikumpulkan dari dua atau beberapa orang, maka modal bukan lagi sebuah masalah. Nah, untuk cara yang satu ini, Anda harus bisa meyakinkan teman atau keluarga untuk ikut bekerjasama dengan Anda. Untuk memperlancarnya, maka buatlah konsep bisnis yang matang agar mereka tertarik dan mau bekerjasama.

4. Jual barang berharga untuk jadi modal

Jika rasanya bekerjasama dengan seseorang untuk berbisnis akan kurang menyenangkan, maka Anda bisa menjual barang berharga yang Anda miliki lalu hasilnya Anda jadikan modal bisnis. Tentu untuk cara ini, Anda harus dipastikan memiliki barang berharga yang bisa dijual. Kemudian barang tersebut juga sebenarnya tak menjadi kebutuha utama. Misalnya, ternyata Anda memiliki koleksi sepatu bermerek yang harganya lumayan mahal, maka berkorban dengan menjualnya bukanlah hal yang perlu Anda permasalahkan. Nantinya jika bisnis sudah berjalan lancar dan keuntungan sudah di tangan, maka Anda bisa membeli sepatu sejenis yang bahkan lebih bagus dan lebih baru. Atau bahkan Anda bisa menjual perhiasan sampai mobil. Tentunya dengan pertimbangan bahwa tanpa barang tersebut, kegiatan sehari-hari dan bisnis Anda tak akan terhambat.

*Featured image by Pixabay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s