Lesehan Kebalen: Pilihan Hemat dan Nyaman untuk Wisata Kuliner Akhir Pekan

Lesehan Kebalen: Pilihan Hemat dan Nyaman untuk Wisata Kuliner Akhir Pekan. Kira-kira kalau teman-teman mau merencanakan jalan-jalan bareng keluarga di akhir pekan, faktor apa yang paling dipertimbangkan untuk memilih tempat? Apakah tempat yang nyaman? Tempat yang menyediakan makanan dengan harga murah? atau terserah deh anak-anak maunya kemana aja yang penting senang? 😀

Nah, kalau saya sih khusus untuk wisata kuliner di akhir pekan hal yang pertama jadi pertimbangan adalah tempat yang nyaman terutama buat anak-anak. Bagi saya, percuma harganya murah kalau ternyata banyak yang merokok atau tempatnya sempit sehingga anak-anak tidak leluasa bermain kesana kemari.

Setelah tempat yang nyaman, faktor yang kedua baru masalah harga. Saya selalu mencari tempat yang sebisa mungkin enggak bikin dompet bolong. Terus makanannya harus yang enak walaupun harganya murah. Bila perlu ada diskon atau promo harga yang menarik. Duh, ini pasti impian semua emak-emak hemat di dunia deh -,-

Emang ada gitu tempat yang nyaman, makanannya enak dan harganya murah? Kayaknya hampir enggak mungkin yaa. Kalau kata orang, harga kan mempengaruhi kualitas!

Eh tapi beneran deh, weekend kemarin saya hepii banget karena nemu tempat baru untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga kecil saya. Kalau masalah harga murah atau enggak mungkin relatif ya, masing-masing orang berbeda-beda. Kadang menurut saya murah tapi belum tentu menurut orang lain juga sama.

Tempat yang saya maksud di postingan kali ini adalah Lesehan Kebalen. Tapi sebelumnya saya mau ngasi info yang enggak kalah penting, bahwa postingan ini murni testimoni yaa, it is not a sponsored post or paid post. Murni mau berbagi pengalaman dari sudut pandang saya pribadi 🙂

lesehan kebalen 5

Sebelum membahas si Lesehan Kebalen, saya mau bahas sedikit tentang lesehan. Udah tahu dong ya kalau lesehan  itu artinya makan sambil duduk-duduk bersila (tanpa kursi) biar si pengunjung jadi lebih nyaman memilih dan menyantap makanan. Kebanyakan lesehan yang ada di Lombok nih umumnya terletak di pinggir sawah atau pinggir pantai. Nah, Lesehan Kebalen ini adalah lesehan yang letaknya di pinggir sawah, yang berlokasi di pinggiran Kota Mataram yaitu di kawasan Sayang-sayang.

Jadi jangan heran ya Kota Mataram itu selain ada pusat kotanya yang dipenuhi oleh pusat perbelanjaan, pertokoan dan perkantoran seperti kota pada umumnya, ada juga daerah yang masih asri yang dikelilingi oleh sawah yang hijau. Salah satunya adalah kawasan Sayang-sayang. Kalau kalian lewat kawasan ini, kalian akan mendapati banyak lesehan berjejeran karena lokasinya strategis banget.

Dari sekian lesehan yang ada di sepanjang jalan Ahmad Yani Sayang-sayang ini, saya baru nyobain berkunjung ke dua tempat dan salah satunya Lesehan Kebalen. Nah, kalau dibandingin keduanya, yang paling saya rekomendasikan adalah Lesehan Kebalen ini. Karena selain dari segi harga yang relatif murah, rasa masakannya juga lebih enak dan bumbunya lebih nendang menurut saya.

lesehan kebalen 4

Ketika masuk ke rumah makannya, terdapat banyak pilihan tempat duduk/lesehan. Ada yang bagian luar dan ada juga yang di bagian dalam. Kalau di bagian luar lebih banyak berukuran untuk 4-6 orang. Sedangkan untuk pengunjung yang membawa lebih dari 6 anggota keluarga disarankan langsung masuk aja ke dalam rumah makannya. Di sana nanti ada beberapa lesehan yang lebih panjang. Walaupun sebenarnya ada juga sih space buat yang 4-6 orangnya.

Seperti gambar di atas, ini adalah lesehan yang letaknya di dalam. Dan suasana asri per-sawah-annya kerasa banget kalau di bagian dalam ini. Kayak langsung lepas gitu menghadap ke sawah. Pokoknya dari segi pemandangan dan udara segar enggak perlu diragukan lagi.

lesehan kebalen 1

Oke, setelah membahas tempat sekarang kita bahas menu apa saja yang ada di Lesehan Kebalen ini. Oiya, sedikit cerita… kalau sebenarnya saya ini udah dua kali berkunjung ke Lesehan Kebalen. Kunjungan pertama waktu itu enggak niat pengen nulis di blog. Murni karena laper dan suami ngajakin makan bareng di sana.

Kesan pertama pokoknya oke banget. Waktu itu saya pesan paket ber-2 yang harganya 90ribu. Saya dan suami orangnya doyan makan. Saya sudah yakin pasti paket ber-2 ini akan habis. Tapi ketika hidangannya dateng, weuh isinya banyak banget ternyata! Nasinya aja kalau menurut saya mah bukan porsi buat dua orang tapi bisa buat 3-4 orang hihi. Belum lagi ayam taliwang bakar dan ikan nila bakar yang bumbunya kerasa banget gurih di lidah. Ada pelecing kangkung juga, telur dadar, tempe tahu goreng, sambal teri, sambal khas kebalen yang manteb banget, sayur bening dan buah. Semua bikin kami bingung mau ngabisin yang mana duluan. Tapi karena laper banget dan kebetulan saya lagi hamil, yaa ujung-ujungnya semua habis sih 😀

Tapi sedihnya waktu itu hp saya lowbat dan emang enggak ada rencana mau diajakin kulineran sambil nyari bahan buat update blog. Semuanya terjadi begitu aja pemirsah sehingga tidak ada foto untuk menu makanan Paket A.

Oke, kunjungan yang kedua saya mencoba membeli menu yang terpisah alias yang tidak berpaket. Saya waktu itu pesan Ayam Lalapan + Nasi Komplit yang harganya 18.000 (lumayan murah untuk harga lesehan di Sayang-sayang) dan juga Nila Goreng Lalapan + Nasi Komplit yang harganya sama. Overall, rasanya oke banget dengan harga yang murah banget.

lesehan kebalen 3

Oiya satu lagi nih yang paling saya suka dari lesehan ini, yaitu pelecing kangkungnya yang enggak terlalu pedes dan juga enggak terlalu manis.  Udah tahu kan yaa kalau pelecing kangkung adalah salah satu makanan khas Pulau Lombok. Nah pelecing kangkung pada umumnya pasti disajikan dengan level pedes yang lumayan. Kalau di lesehan ini menurut saya pas. Jadi aman-aman aja buat ibu hamil.

lesehan kebalen 2

Pelecing kangkung, makanan khas Lombok yang biasanya disajikan pedas. Bumbu khasnya adalah sambal tomat dengan terasi dan juga ditaburi kacang goreng dan tauge rebus. Sudah dua kali kunjungan ke Lesehan Kebalen saya kembali  memesan pelecing kangkung karena rasanya yang khas di sana dibandingkan dengan tempat lain. Harga pelecing kangkung yang enak ini hanya 7ribu rupiah saja!

Saya juga waktu itu memesan es teh yang harganya 5ribu dan es jeruk yang harganya 6ribu. Untuk standar lesehan harga yang segitu udah murah banget, malahan harga di warung makan pinggir jalan juga sama kan? Bedanya kalau di Lesehan Kebalen ini sudah pasti tempatnya lebih nyaman dan lebih aman. Aman? iyah, aman banget buat kantong di akhir bulan hehe.

Udah yaa. Mungkin segitu aja yang bisa saya bagikan infonya. Sebenarnya saya pengen ke sana lagi buat nyobain Paket B untuk ber-2. Bedanya sama yang pake A, Paket B itu pake ikan Gurami Bakar. Saya ngebayanginnya pasti ukuran ikannya lebih besar lagi kan dari ikan nila. Dan juga rasanya pasti lebih gurih. Hmmm, ngebayanginnya aja udah bikin ngiler nih buat bumil kayak saya. Entar kalau emang ada rejeki ke sana lagi, insyaallah saya share lagi di blog 😉

Kalau di tempat kalian, wisata kuliner di akhir pekan yang nyaman dan hemat di kantong kemana aja? Share juga yuk!

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Lesehan Kebalen: Pilihan Hemat dan Nyaman untuk Wisata Kuliner Akhir Pekan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s