5 Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun

Halo good readers, bulan November sudah memasuki hari ke-12 nih. Artinya bentar lagi masuk bulan Desember alias akhir tahun. Gimana dengan capaian target-target untuk tahun ini? Apakah sudah berhasil dicapai semua? atau mungkin sebagian? Tenang, namanya goals itu pasti ada yang tercapai dan juga ada yang belum. Bagi yang sudah banyak membuat mimpi-mimpinya menjadi kenyataan, saya ucapkan selamat yaa! Bagi yang belum, stay calm aja! Mungkin belum tahun ini, tahun depan insyaallah tercapai. Yang penting sudah usaha kan?

Nah, karena lagi ngomongin akhir tahun, biasanya banyak nih yang sudah merencanakan liburan. Banyak juga yang menjadikan liburan akhir tahun menjadi sebuah goal yang harus dicapai. Kalian sudah ada rencana belum sih menghabiskan akhir tahun entar kemana? Kalau saya, karena lagi hamil sekaligus punya baby yang baru satu tahun, kayaknya enggak memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh. Rencana liburan akhir tahun saya kayaknya sekitar rumah aja deh *hiksss.

Anyway bagi kalian yang masih bingung merencanakan liburan akhir tahun, saya punya beberapa tips nih! Walaupun udah jadi emak-emak rempong yang kesehariannya sibuk mengurus anak, dulu saya juga pernah muda lho! dan pernah merencanakan liburan juga. Pernah sekali backpacker sendiri ke Malaysia *hehe. Nah, Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun di bawah ini saya rangkum berdasarkan pengalaman saya pribadi, semoga bermanfaat ya!

1. Buat Konsep Liburanmu

Tips yang pertama adalah, kamu harus tahu dulu jenis/konsep liburan apa yang ingin kamu lakukan di akhir tahun nanti. Merencanakan liburan backpacking sendiri dengan membawa teman ramai-ramai tentu konsepnya berbeda. Atau mungkin yang lagi jomblo, tentu memiliki agenda liburan yang berbeda dengan yang sudah berkeluarga. Sebenarnya bahasanya enggak mesti konsep sih, apa ya? Yaa, kayak gambaran aja jenis liburan yang ingin kamu lakukan. Menurut saya ini penting, karena kalau sudah punya gambaran pengen ngapain, nanti itu semua ada kaitannya dengan budget, tujuan wisata, barang apa aja yang harus dipersiapkan, dan lain-lain. Iya kan?

2. Siapkan Jauh-jauh Hari

Kalau sudah memiliki keinginan untuk liburan akhir tahun, jangan tunggu mepet-mepet deh buat nyiapin semuanya! Minimal harus dicicil sampai sekarang. Setidaknya kamu udah harus booking tiket, siapin perlengkapannya, siapin uangnya, mikirin oleh-olehnya (bagi yang ngerasa perlu membawa oleh-oleh) dan persiapan-persiapan penting lainnya. Biasanya nih, kalau sampai nunda-nunda untuk nyiapin ini itu pasti ada aja yang tertinggal dan itu udah pasti bikin kezel. Kamu enggak mau kan liburan yang sudah diimpi-impikan menjadi kenangan yang kurang berkesan hanya karena kamu lupa bawa charger hp ketika nyiepin barang mepet-mepet waktu! Wew -_-

3. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Langkah awal yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari yang paling penting menurut saya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya. Tidak hanya mengenai keindahan objek wisata yang dituju, bisa juga mengenai keadaan lingkungan sekitarnya seperti cuaca, akses jalan, akomodasi, apakah tempat tersebut rawan longsor atau banjir, informasi penginapan, jarak dari lokasi rumah sakit atau pihak keamanan, dan lain sebagainya. Informasi penginapan bisa kalian peroleh dari rajin-rajin mengunjungi rewiew orang lain di internet. Jangan malas-malas browsing yaa!

Terus hal penting lainnya adalah ketika bepergian bareng keluarga dengan membawa anak kecil, sebisa mungkin si anak diminta menghafal nomor-nomor penting seperti nomor telpon rumah, nomor telpon orang tua dan lain-lain. Nah makanya saya bilang penting mengetahui segala jenis informasi termasuk info kantor kepolisian terdekat, biar kalau ada apa-apa kita tahu kemana arah yang dituju.

4. Jaga Kesehatan

Oke, tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kalian harus menjaga kesehatan. Namanya liburan, sedekat apapun pasti memerlukan tenaga kan? Minimal untuk angkat barang bawaan kita ke mobil, bus atau pesawat. Nah kalian harus mempersiapkan kondisi tubuh yang prima sebelum melakukan perjalanan. Selain menghindari hal-hal yang dapat memicu penyakit, kalau bisa sih latihan fisik ringan agar tetap fit. Seperti rajin berolahraga, jalan kaki atau berspeda. Menurut pengalaman saya, kalau kita sudah rajin latihan fisik ringan nanti ketika melakukan perjalanan tubuh kita tidak “kaget” dan tidak kaku.

5. Mengatur Budget

Setiap perjalanan pasti memerlukan budget. Well kalau kalian sudah fixed memastikan tujuan liburan dan akomodasi segala macem, saatnya mengatur keuangan. Walaupun uang yang diperlukan sudah cukup, alangkah baiknya membawa uang lebih sebagai cadangan. Apalagi para cewek nih, kadang kita enggak tahu kapan “lapar mata” itu datang menghampiri. Kadang ketika melihat snack tertentu atau ketika melihat pernak-pernik lucu. Oiya, saran saya usahakan bawa uang cash aja yaa. Sebagai antisipasi aja dan untuk mempermudah transaksi terutama di daerah yang kemungkinan sulit/tidak tersedia pembayaran dengan kartu kredit.

***

Oke, itu dia tips sederhana merencanakan liburan akhir tahun ala baiqrosmala.com. Mungkin teman-teman ada tips menarik lainnya untuk dibagikan? Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya sekedar menyarankan aja sih yaa.. Usahakan liburan kalian itu yang bermanfaat, jangan hanya liburan dengan tujuan gaya-gayaan apalagi foya-foya. Enggak banget deh yaa di jaman now ini.

Dan kalau ngomongin liburan yang bermanfaat, saya ada satu info lagi nih yang enggak kalah menarik. Kalian sudah pernah baca tulisan saya yang Pengalaman Berburu Beasiswa Kursus Bahasa Asing belum? Jadi ketika saya masih muda dulu *duh berasa tua banget deh* saya tuh kalau ada waktu luang setidaknya saya manfaatin untuk mencari pengalaman yang bermanfaat. Mumpung masih muda dan waktu itu enggak akan bisa terulang kembali *mulai bijak ceritanya*.

Dulu saya memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri which is masih saya perjuangkan sampai sekarang walaupun sudah jadi emak-emak. Bedanya, sekarang waktu saya tidak seluang yang dulu. Nah, makanya kalau kalian juga memiliki mimpi yang sama yaitu pengen lanjut kuliah ke luar negeri, minimal target kemampuan bahasa inggris sudah kalian kuasai jauh-jauh hari. Jangan hanya target liburan.

Kalau mau liburan sekaligus bisa mempersiapkan bahasa inggris, bisa banget! Tempat yang recommended menurut saya adalah di Kampung Inggris Pare 🙂

Kebetulan salah satu lembaga di Kampung Inggris Pare yaitu Language Center punya program Paket Holiday Desember Ceria 2017. Program ini khusus dirancang buat kalian (terserah mau anak SD, SMP, SMA, Mahasiswa atau Umum) yang pengen belajar bahasa inggris sekaligus memiliki pengalaman liburan yang FUN alias menyenangkan.

Kalau di Pare mah udah terkenal lah yaa dengan tutor yang kece dan programnya yang seru dan efektif buat belajar bahasa inggris. Apalagi kalau di Language Center kamu enggak perlu khawatir gagal fokus, karena semua perlengkapan mulai dari camp, makan, laundry dan lainnya sudah disiapkan semua. Kamu tinggal pilih aja salah satu paket yang ada, ada paket seminggu sampai satu bulan.

Langsung aja, bagi yang mau kepoin info lebih lanjut bisa langsung ke situs kampunginggris.id yaa 🙂

Sekian dari saya, thanks for reading and have a nice holiday!

Advertisements

3 thoughts on “5 Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s