​Cara Memulai Bisnis yang Efektif

Hmm… menjalankan bisnis itu pasti ada suka duka, jatuh bangunnya. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kesuksesan maupun kegagalan adalah sebuah hasil yang selalu dipertaruhkan. Namun nyatanya tidak banyak yang menjalankan suatu bisnis bisa mengalami kesuksesan. Kegagalan dalam suatu bisnis merupakan hal yang sangat umum, karena banyak pebisnis yang mengalami kesuksesan setelah berkali-kali mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, kegagalan dalam menjalankan bisnis merupakan hal yang sangat wajar.

Meskipun menjadi hal yang wajar, namun bukan berarti kegagalan dalam suatu bisnis tidak bisa diatasi. Karena hal yang paling utama dalam menjalankan sebuah bisnis untuk bisa selamat dari kegagalan adalah memiliki motivasi yang kuat. Dengan adanya motivasi yang kuat, bisnis apapun yang dijalani akan menjadi lebih mudah dan bisa berpotensi semakin berkembang dan sukses. 

Motivasi Diri untuk Pebisnis

Seorang pebisnis yang memiliki motivasi tinggi dalam menjalankan bisnisnya tidak akan mudah goyah ketika dihadapkan dengan keterbatasan. Keterbatasan dalam berbisnis tersebut misalnya keterbatasan modal, keterbatasan pengalaman, keterbatasan keahlian, keterbatasan ilmu atau latar belakang pendidikan, dan lain sebagainya. Seseorang yang memiliki keterbatasan dalam berbisnis namun memiliki motivasi yang kuat untuk membawa bisnisnya menuju kesuksesan tidak akan terlalu mempermasalahkan keterbatasan yang dimilikinya tersebut. Oleh sebab itu, ketika sudah bertekad menjalankan suatu bisnis sebaiknya motivasi diri dengan cara berikut ini:

  • Memotivasi diri dengan melakukan jenis bisnis yang disukai. Dengan melakukan kegiatan bisnis sesuai dengan jenis bisnis yang disukai tidak akan membuat Anda merasa jenuh dalam menjalankan bisnis. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih jenis bisnis sesuai dengan jenis bisnis yang disukai, misalnya suka membuat kerajinan tangan kemudian menjalankan bisnis souvenir, maupun kerajinan tangan lain.
  • Memotivasi diri dengan mengatur keuangan dengan benar. Mengatur keuangan dengan benar merupakan salah satu kunci utama yang dibutuhkan untuk memastikan kelangsungan suatu usaha. Karena seberapa besarpun usaha yang dijalankan jika pengaturan keuangannya belum benar, maka bisa jadi usaha yang dijalankan akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu, Anda juga perlu mengetahui cara pengaturan keuangan dalam sebuah bisnis yang benar.
  • Memotivasi diri dengan cara pandai-pandai mengatur waktu (time management). Pandai-pandai dalam mengatur waktu juga sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, karena dengan pandai mengatur waktu, Anda akan lebih mudah membuat sistem yang lebih baik dan mengembangkan bisnis. Oleh sebab itu, banyak pebisnis yang telah sukses menerapkan manajemen waktu untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.
  • Memotivasi diri dengan membuat sistem pemasaran yang unik dan keeatif. Pemasaran merupakan penentu bisa laku atau tidaknya produk Anda. Dengan sistem pemasaran yang tepat, masyarakat akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda. Oleh sebab itu, lakukan pemasaran se unik dan kreatif mungkin hingga menarik perhatian masyarakat. Karena sebagus apapun produk yang Anda hasilkan tidak akan membawa keuntungan jika sistem pemasaran yang diterapkan kurang kreatif.

Pentingnya memotivasi diri dalam menjalankan sebuah bisnis tidak dapat dipungkiri lagi. Selain bisa lebih tahan terhadap tekanan, motivasi yang kuat akan membuat bisnis yang dijalankan juga menjadi lebih matang.

Advertisements

3 thoughts on “​Cara Memulai Bisnis yang Efektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s