[Tips] Traveling ke Bali untuk Bulan Madu, Impian Setiap Pasangan Baru?

Waah, ngomongin bulan madu nih judulnya?! Berasa jadi pasangan yang baru nikah aja deh saya. Padahal kan nikahnya udah dua tahun yang lalu, udah punya anak satu pula! -,- heuheu

Eh tapi kalau menurut saya, sebenarnya bulan madu itu perlu banget lhoo dilakukan tidak hanya di awal nikah saja. Pasangan suami istri itu harus tetap “membaharui” cintanya setiap saat, agar bisa tumbuh dan berkembang hingga akhir hayat #eaaa. Yaah, Sesekali  bolehlah pergi refreshing berdua ke tempat-tempat wisata dekat rumah. Atau kalau emang memungkinkan, rencanakan traveling ke tempat yang agak lebih jauh. Syukur-syukur bisa jalan-jalan ke luar negeri.

Nah salah satu dari sekian banyak impian yang belum tercapai sampai saat ini, dan merupakan impian saya dan suami adalah pergi honeymoon ke Bali!

Teman-teman yang sudah tahu saya tinggal di Lombok pasti bertanya-tanya. Ngapain jauh-jauh ke Bali, padahal kan objek wisata di Lombok juga tidak kalah banyak dan menarik dibandingkan Bali.

Baca Juga: Ini 7 Pantai dekat Bandara Lombok yang Bisa Dikunjungi dalam Satu Hari

Well, setiap orang pasti memiliki to-do-list mereka masing-masing. Saya dan suami, ingin sekali traveling ke luar Lombok berdua. Walaupun sebenarnya kami sudah puas honeymoon ke beberapa tempat wisata di Lombok. Namun keinginan untuk ke luar pulau (ke tempat yang agak jauh) itu sangat kuat.

Setelah merumuskan ini itu, ternyata pilihan kami sama. Bali adalah pulau yang paling dekat dari Lombok dan pilihan yang paling pas untuk memulai traveling perdana kami. Tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh.

Itu alasan pertama, nah alasan yang kedua juga masih dibilang mainstream banget. Bali itu sudah dikenal menjadi destinasi honeymoon impian bagi setiap pasangan baru, iya enggak sih? Kayaknya enggak afdhol aja kalau tinggal di Indonesia dan belum pernah berkunjung ke Bali, hihi.

Dari alasan nomor dua itu lah akhirnya muncul alasan nomor tiga. Kenapa saya dan suami akhirnya memutuskan untuk honeymoon ke Bali? Karena saya sendiri belum pernah ke sana! Haha. Padahal deket banget. Yah, apalah daya. Kesempatan untuk jalan-jalan ke Bali emang belum kesampaian dari dulu. Mungkin gara-gara itu juga kali yaa saya berjodoh dengan suami saya, biar bisa sekalian ke sana berdua.

Suami yang sebelumnya sudah pernah ke Bali juga sudah memberikan beberapa pilihan objek wisata yang recommended untuk dikunjungi di Bali. Setelah saya perhatikan, emang destinasi honeymoon di Bali itu keren-keren ya. Pantas saja menjadi impian setiap pasangan baru untuk berbulan madu ke sana.

Video ini nih contohnya:

Gimana? Keren-keren semua kan?! Pokoknya saya tidak perlu menjelaskan dengan panjang lebar keindahan alam yang ada di Bali, cukup video di atas aja yang berbicara hehe.

Alright. Mimpi hanyalah mimpi jika tidak ada keinginan nyata untuk mewujudkannya. Maka dari itu saya di postingan ini mau sedikit berbagi ke teman-teman. Berbagi informasi mengenai langkah-langkah untuk mewujudkan impian honeymoon ke Bali. Sekalian sebagai reminder buat saya dan motivasi juga agar saya bisa menjadikan mimpi yang saya tulis ini menjadi kenyataan suatu hari nanti. Amiiin..

Tips Mempersiapkan Bulan Madu ke Bali

1. Pilih “Konsep” Bulan Madu

Langkah pertama dan yang merupakan langkah paling penting ketika merancanakan honeymoon traveling adalah merumuskan konsep bulan madu itu sendiri. Mau bulan madu yang seperti apa? Apakah dengan konsep ala “koper” yang serba mewah dan memanjakan atau konsep ala “ransel” yang seadanya tapi menantang? Yaps, tak jarang memang sekarang banyak pasangan suami istri memilih melakukan honeymoon traveling dengan cara backpacking. Sepertinya mereka adalah pasangan yang sama-sama ingin mencari tantangan lebih.

Konsep bulan madu ini perlu dirundingkan secara mendalam bersama pasangan. Secara umum sih biasanya pasangan suami istri kalau mau bulan madu itu ya mau pakai konsep koper atau ransel mah pasti akan menikmati setiap momen yang ada. Namanya juga bulan madu, apapun itu selama bersama sang kekasih pasti dinikmati aja, ya enggak? 😉

2. Buat Anggaran Biaya yang Jelas

Langkah kedua yang harus diperhatikan setelah sama-sama menyepakati konsep bulan  madu dengan pasangan adalah membuat anggaran biaya yang jelas. Jika menggunakan konsep koper misalnya, maka tentu budget yang dibutuhkan lebih besar daripada menggunakan konsep ransel atau backpacker.

Semuanya harus dibuat dengan sedetil dan sewajar mungkin. Jangan sampai karena keinginan untuk memanjakan diri selama bulan madu menjadikan kalian untuk menguras semua tabungan. Pikirkan juga kebutuhan rumah tangga setelah bulan madu. Menurut saya, walaupun dengan budget terbatas kita bisa juga kok menjalani bulan madu dengan nyaman 🙂

3. Tentukan Destinasi

Setelah menentukan besar budget dan konsep bulan madu yang madu dijalani, saatnya menentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Menentukan destinasi ini kemudian bisa diatur berdasarkan budget yang kalian miliki. Termasuk mengenai fasilitas yang ada di tujuan wisata tentunya harus disesuaikan dengan anggaran yang sudah disepakati bersama.

Oiya, jangan lupa sesuaikan juga dengan jadwal yang lain (misalnnya bagi yang bekerja di perusahaan). Waktu dan destinasi yang dituju haruslah matching. Kan enggak lucu juga kalau mau bulan madu ke wilayah pegunungan ketika cuaca tidak mendukung.

4. Memilih Alternatif Perjalanan

Kenapa saya masukan ini ke dalam daftar hal-hal yang harus dipersiapkan ketika bulan madu, karena setelah merencanakan semuanya secara mandiri alangkah baiknya kalian juga bandingkan  dengan tawaran travel agent yang banyak menyediakan Paket Hemat Bulan Madu.

Emang sih, pasti ada kekurangan tersendiri kalau beli paket bulan madu. Masalah pertama adalah soal budget yang biasanya akan lebih mahal. Kedua masalah jadwal yang tidak fleksibel karena pasti kita akan mengikuti jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak travel.

Menurut saya menyiapkan semuanya sendiri pun sebenarnya memiliki sisi kelemahan juga.  Salah satunya yaitu kita harus mengeluarkan tenaga dan waktu ekstra untuk mempersiapkan ini itu. Belum lagi jika kita belum familiar dengan kondisi yang ada di tujuan wisata. Tentu persiapannya juga akan lebih ekstra. Tentunya semuanya kembali pada pilihan masing-masing yaa 😉

5. Persiapkan Kebutuhan dari Jauh Hari

Oke, saatnya merincikan kebutuhan selama bulan madu dari jauh-jauh hari. Hal yang perlu diingat ketika packing adalah persiapkan seperlunya saja ya! Bukan semaunya! Apalagi nih kita-kita para wanita, pengennya pasti bawa semua. Mulai dari pakaian, aksesoris, make up, dan lain-lain. Duh, jangan sampai yaa nanti kita jadi ribet sendiri. Menurut saya kalau emang punya uang lebih, perlengkapan yang sekiranya bisa dibeli di lokasi mending dibeli aja di sana. Hitung hitung nambah perlengkapan baru juga kan bagi pasangan baru.

6. Ingat Tujuan Utama Bulan Madu

Oke, jangan pernah jadikan bulan madu kalian sebagai beban. Sejatinya bulan madu itu adalah ajang untuk terus memperbaharui rasa kasih sayang diantara pasangan yang akan menjadi kenangan. Bulan madu mau gaya-gayaan? Gengsi-gengsian? Biar kekinian? Mending dipikirkan dulu dengan matang, tujuan utama bulan madu kalian buat apa? Yang penting, pastikan kalian menikmati setiap detik kebersamaan kalian ya!

7. Pesan Tiket dan you’re ready to go!

Dari tujuh tips yang saya bagikan di sini hampir semua sudah saya jalani #hahay!yeay!. Nah, langkah terakhir dan sebagai langkah awal untuk memulai perjalanan setelah semua dipersiapkan adalah pesan tiket!

Well, bagi yang merencanakan bulan madu dengan itinerary sendiri harus pinter-pinter nyari referensi ya! Termasuk ngecek harga tiket pesawat dan juga kamar hotel yang pas sesuai budget.

Tips Membeli Tiket Pesawat + Kamar Hotel Murah

Kali ini saya juga mau berbagi informasi nih ke teman-teman. Informasi apa? Tentunya seputar cara bagaimana mendapatkan tiket pesawat dan harga kamar hotel yang paling murah, agar perjalanan bulan madu terasa lebih menyenangkan.

Oke, langsung aja yaa. Misalnya nih saya mau memesan tiket pesawat dari Lombok ke Bali menggunakan maskapai Lion Air untuk penerbangan sekitar bulan Desember (tepatnya di tanggal lahir saya 12 Desember :D)

Setelah mengecek ke situs resmi Lion Air, harga untuk satu orang penumpang dewasa adalah Rp 241.000. Jika ditambah dengan pajak dll maka harganya menjadi sekitar Rp 300-an ribu.

1 booking lion air

Next, booking kamar hotel. Sebagai contohnya, saya dan suami berencana menggunakan layanan The Sunset Hotel and Restaurant sebagai tempat menginap jika keinginan kami ke Bali tercapai suatu saat nanti (amiiin). Setelah mengecek ke situs resminya, untuk check in tanggal 12 Des 2017 hingga check out tanggal 17 Des 2017 (5 hari) harga kamar hotelnya sekitar Rp 1,5 juta. Belum lagi ditambah dengan pajak maka totalnya menjadi Rp 1,7 jutaan lah ya..

2 booking hotel the sunset bali

Itu artinya total budget yang harus saya persiapkan untuk tiket pesawat (one way) dan kamar hotel untuk 5 hari adalah Rp 600ribuan + Rp 1,7 jutaan = Rp 2,4 jutaan. Kalau dibagi per-orang (saya dan suami) jadinya sekitar Rp 1,2 juta/person. Ok Noted!

Ini nih, kita langsung ke intinya. Jadi ceritanya setelah saya cek dan ricek di mbah gugel, ternyata ada lhoo yang menawarkan harga yang sangat murah jika kita pesan paket Tiket Pesawat + Kamar Hotel secara bersamaan. Dimana? Ah, dimana lagi kalau bukan di Traveloka! dan saya telah membuktikannya sendiri!

Untuk penerbangan dan kamar hotel yang sama, ketika booking melalui Traveloka harganya jauh lebih murah. Beneran lho ya, setelah saya check out untuk pembayaran, total yang keluar sama seperti yang saya hitung manual tadi (jika book hotel dan tiket pesawat terpisah) yaitu sekitar Rp 2,4 jutaan.

Bedanya, kalau beli terpisah maka budget perorang sekitar Rp 1,2 juta. Sedangkan kalau booking tiket pesawat dan kamar hotel bersamaan (satu paket) di Traveloka bayarnya hanya Rp 916.000/person. Weww selisih harganya lumayaaan maaak. Sekitar Rp 600 ribu!!! Dih Emak-emak irit langsung bahagia deh ^^

4 lebih murah paket hotel dan tiket

Nah, yang paling saya suka adalah bagian terakhir ini mak! Pas mau pilih opsi pembayaran, ternyata ada pilihan lewat minimarket. Haha makin bahagiaaa deh sayah ~,~

Secara gitu yaaa, kalau mau bayar mah enggak usah ribet berarti. Tinggal nyalain motor, lima menit sampe deh ke minimarket deket rumah. Bayar disana, langsung beres…

5 metode pembayaran beragam

Yuk ah, buruaan! Bapak-bapak ibu-ibu yang mau merencanakan honeymoon yang kesekian kalinya, bisa langsung pesan tiket dan hotelnya lewat Traveloka. Seperti yang saya jelaskan di atas, kita bisa langsung dapat keuntungan yang plus plus. Enggak ribet, mudah, hemat waktu dan tentunya fleksibel karena banyak pilihan metode pembayarannya. Yang paling penting sih bisa lebih irit. Uang yang ada bisa buat beli kebutuhan lain atau buat nambah-nambah budget kulineran. Setuju? Setuju lah ya pastinya!

Enggak cuman buat pasangan baru yang mau bulan madu, saya dan suami yang udah jadi pasangan “tua” ini pun mau banget sering-sering honeymoon kalau ada paket hemat gini!

Yang mau honeymoon ke Bali, langsung aja klik link di bawah ini yaaa:

Paket Honeymoon Traveloka ke Bali.

Semoga tips yang saya bagikan ini bermanfaat. Happy traveling !!! ^^

 

Advertisements

3 thoughts on “[Tips] Traveling ke Bali untuk Bulan Madu, Impian Setiap Pasangan Baru?

  1. Dari Lombok emang enak ya ke Bali, tiketnya murah. Lebih enak lagi kalau jalan darat. Hahahaha.
    Eh tapi sukanya kalau di Bali itu tarif hotelnya terjangkau dengan fasilitas yang sudah terbilang wow 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s