7 Kiat Menjalani Ibadah dengan Tenang Selama Ramadhan

Alhamdulillah hari ini sudah memasuki hari ke-empat Ramadhan. Saya yakin sahabat semua pasti masih semangat dong ya menjalani puasa! ๐Ÿ™‚

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan, bulan yang sudah semestinya dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi setiap manusia yang merasa beriman. Agar bisa menjalani ibadah dengan tenang di Bulan Ramadhan ini tentunya tidak hanya memperhatikan jenis makanan yang kita makan. Karena sejatinya puasa itu bukan saja menahan haus dan lapar, bukan?

Dalam postingan kali ini, saya mau sedikit share tentang kiat-kiat agar bisa beribadah dengan tenang selama bulan suci Ramadhan. Tujuh poin di bawah ini merupakan ilmu yang saya peroleh ketika mengikuti kajian menyambut Ramadhan beberapa hari sebelumnya. Semoga bermanfaat yaa ๐Ÿ˜‰

Persiapkan Iman

Dalam al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 183 Allah SWT berfirman yang artinya:

โ€œHai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

Dijelaskan bahwasanya kewajiban berpuasa ditujukan bagi mereka yang memiliki iman di dalam hatinya. Namun ada kalanya kadar iman seseorang turun naik. Oleh karena itu, kiat agar bisa menjalani ibadah dengan tenang selama Ramadhan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah menjaga diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa dan yang kedua adalah dengan cara menjalani sunnah-sunnah yang ada pada bulan Ramadhan.

Menjauhi hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa termasuk didalamnya adalah ghibah (bergosip), marah-marah, emosional, berkata bohong, dan juga kegiatan maksiat lain yang dapat membatalkan puasa. Selain itu, dianjurkan mengerjakan sunnah-sunnah selama Ramadhan seperti menyegerakan berbuka dan mengakhiri sahur.

Rutin mengerjakan hal-hal kecil tersebut tentunya diharapkan bisa menjaga kadar iman seseorang agar tidak berkurang. Kebiasaan baik yang dikerjakan dengan konsisten juga akan mendatangkan kebaikan lain yang pahalanya lebih besar.

Ketahui Hikmah dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang faqih (ahli ilmu agama) lebih ditakuti syetan dari pada seribu ahli ibadah (tanpa ilmu)”. (HR Ibnu Majah)

Menjalani ibadah puasa Ramadhan juga harus dilakukan dengan ilmu. Agar dapat beribadah dengan tenang di bulan Ramadhan, memang sebaiknya kita harus mengetahui apa hikmah-hikmah dan keutamaan yang terkandung dalam bulan suci ini.

Termasuk salah satunya adalah rahasia yang ada pada bulan Ramadhan yang dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu:

  • Sepuluh hari pertama pada bulan Ramadhan adalah rahmat. Kita dianjurkan memperbanyak doa dan ibadah kepada Allah karena pada 10 hari pertama Ramadhan ini Allah menurunkan banyak sekali rahmat untuk umat-Nya.
  • Sepuluh hari kedua adalah maghfirah yaitu ampunan. Pada 10 hari kedua ini Allah akan mengampuni semua dosa-dosa hambaNya yang bertaubat. Oleh karena itu, umat islam dianjurkan memperbanyak istighfar dan taubat.
  • Sepuluh hari terakhir merupakan penghindaran dari siksa api neraka. Selain memperbanyak doa agar terhindar dari neraka, di 10 malam terakhir ini juga terdapat lailatul qadr yaitu malam yang lebih mulia daripada seribu bulan.

Dengan mengetahui hikmah dan keutamaan bulan Ramadhan, tentunya kita akan lebih termotivasi dan memperhatikan lagi kualitas dan kuantitas ibadah kita.

Jaga Stamina 

carrot-1085063_640

Agar bisa menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan dengan tenang tentunya dibutuhkan stamina dan tubuh yang sehat. Jika tubuh tidak sehat, sudah pasti ibadah tidak bisa maksimal. Menjaga kesehatan tubuh selama ramadhan bisa dilakukan dengan cara menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, minyak dan kolesterol. Selain itu, makanan yang kita makan haruslah yang memiliki kandungan gizi seimbang dengan memperbanyak sayur dan buah-buahan.

Mempersiapkan Kebersihan Rumah dan Isinya

Memang sebaiknya kita mempersiapkan kebersihan rumah jauh-jauh sebelum ramadhan. Jika rumah dalam keadaan bersih tentu kita juga akan merasa tenang dalam beribadah, bukan? Coba bayangkan jika kita bersih-bersih rumah ketika sudah masuk bulan Ramadhan, pasti akan memakan waktu lama. Padahal, kita bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk menambah ibadah kan? Hal yang sama juga berlaku untuk peralatan ibadah seperti mukena, sejadah dan sarung yang harus dibersihkan dan dipersiapkan sebelum ramadhan agar bisa tenang menjalani ibadah.

Menentukan Target

Setelah mengetahui hikmah dan keutamaan yang ada pada bulan Ramadhan, langkah selanjutnya adalah kita perlu menentukan target ibadah ramadhan kita. Misalnya membuat daftar/Ramadhan Checklist yang berisi ibadah-ibadah sunnah yang ingin kita kerjakan selama ramadhan. Dengan membuat checklist, kita akan semakin termotivasi untuk beribadah secara konsisten.

Capture ramadhan

Atur Jadwal Buka Bersama 

Buka bersama adalah momen silaturahmi yang tepat dan penting dilakukan selama Ramadhan. Namun jika terlalu sering mengikuti acara berbuka bersama, kemungkinan besar malam-malam ramadhan yang penuh akan hikmah ini akan terlewat begitu saja. Nah, kita tidak mau seperti itu kan? Oleh karena itu, jadwal buka bersama perlu direncanakan dan diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu jadwal ibadah lain yang sudah kita targetkan.

Mempersiapkan Kebutuhan Hari Raya Lebih Awal

pakaian lebaran zalora

Bagi kalian yang terbiasa membeli baju lebaran baru untuk dipakai di hari raya nanti, alangkah baiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Begitu juga bagi yang terbiasa membeli perlengkapan lain seperti mukenah, sejadah atau sarung. Selain mempersiapkan pakaian, bagi kalian yang terbiasa bagi-bagi amplop untuk keponakan, anggarannya juga harus dipersiapkan dari sekarang lho yaa! Agar beribadah bisa jadi lebih tenang. Sayang banget kan, waktu yang harusnya kita manfaatkan untuk menambah ibadah malah terbuang begitu saja untuk hunting baju di mall misalnya. Untuk lebih hemat waktu, belanja baju lebaran juga bisa banget dilakukan dengan cara online di toko online atau e-commerce kesayangan kamu ๐Ÿ˜‰

Alright guys, itulah 7 Kiat Menjalani Ibadah dengan Tenang Selama Ramadhan dari saya. Jika teman-teman memiliki tips lainnya, boleh share di kolom komentar ya!

Thanks for reading ^^

Advertisements

3 thoughts on “7 Kiat Menjalani Ibadah dengan Tenang Selama Ramadhan

  1. Setuju mbak keperluan hari raya memang harus dipersiapkan jauh2 hari biar ga ganggu ibadah kita di hari2 terakhir.. Aku aja dah beli baju anak dan bajuku awal puasa kemarin hihii

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s