Jangan Takut! Begini Cara Mudah Belajar Berenang

Happy New Year!

Yeay, tahun 2017 datang, semua senang πŸ™‚

Tahun 2016 sudah berlalu kawans heuheu. Itu artinya saya sudah ngeblog sekitar 2 tahunan. Dan selama 2 tahun ini, postingan saya baru 50 biji! (ketahuan deh males nulis -,-).

Okey, it means postingan yang sekarang sedang teman-teman baca adalah tulisan saya yang ke-51. Yess

Dalam rangka memeriahkan tahun baru dan dalam rangka merayakan postingan ke-51 di blog baiqrosmala.com ini, saya mau berbagi info tentang 3 postingan teratas yang paling sering dibaca oleh para peselancar di dunia maya.

3 postingan ini betah banget berada di list Top Posts and Pages alias nggak pernah turun pangkat dari awal saya mem-publish untuk pertama kali pada tahun 2015 lalu.

top-post

Tiga postingan teratas itu adalahΒ  7 Kolam Renang di Depok , Tips Cara Mudah Belajar Berenang dan My First Swimming Experience.

Dan emang selama dua tahun nge blog ini, setiap kali ngecek statistik blog dan ngeliat bagian Search Term, tiap hari pasti ada aja yang nyasar ke sini dengan kata kunci Tips/Cara Berenang.

search-terms-of-the-year

Bahkan banyak juga yang email saya, nanyain gimana tips cara mudah belajar berenang. Padahal saya mah juga baru tahun lalu belajar berenangnya. Dan sampai sekarang saya masih belajar.

Ada juga lho yang curhat, kalau dia selama ini bukannya nggak mau renang tapi karena nggak ada temen renang dia jadi males renang. Nah lho, bagi yang mau nemenin si doi berenang bisa PM ya gan/sist πŸ˜€

Itu di email, di kolom komentar lain lagi ceritanya:

pertanyaan-of-the-year

Baiklah, di postingan ini saya mau share tentang tips cara mudah belajar berenang bagi pemula. Namun hal yang paling penting yang harus diingat adalah: Saya baru belajar, dan masih belajar berenang sampai sekarang. Jadi…. tips di bawah ini boleh diterapkan jika memungkinkan, bisa diabaikan jika kurang berkenan. Atau bisa juga diambil hikmahnya aja -_-

Baiklah guys bagi kalian yang kepengen banget bisa berenang tapi kok kayaknya susah banget yaa, ini dia tips ala saya πŸ˜‰

Bagi yang Takut Tenggelam

Well, tipe yang satu ini emang bisa banget bikin galau. Pengen bisa renang tapi takut tenggelam. Saran dari saya: TENGGELAMLAH!

Sadis? Nope! Justru ini yang diajarkan oleh guru renang saya dulu. Beliau gregetan sama saya karena saya susah menghilangkan rasa takut tenggelam. Karena saya dulu pernah punya pengalaman tenggelam di pantai dan masih menyisakan rasa trauma yang mendalam *tsaaah.

Akhirnya guru saya memutuskan untuk “menenggelamkan” saya. Hehe

Yaa nggak ditenggelamkan beneran sih. Waktu itu guru saya membuat suatu permainan. Saya dan teman saya yang juga baru belajar berenang disuruh mengambil sendok yang dilemparkan guru saya di dasar kolam renang. Jadi kayak lomba gitu. Nah, padahal kan belum bisa berenang. Tapi justru dengan cara itu saya ngerasa trauma saya sedikit demi sedikit berkurang.

Awalnya saya nggak bisa menyelam sampai ke dasar kolam, setelah memaksakan diri akhirnya saya beranikan untuk “tenggelam” mengambil sendok itu. Eh tapi pas di dasar kolam, saya nggak bisa naik lagi haha. Walaupun akhirnya saya dibantu juga sama sang guru agar bisa naik ke permukaan (ya masa si guru tega ngeliat saya tenggelam -_-).

Eh tapi lama kelamaan rasa takut akan tenggelam itu sedikit demi sedikit berkurang lho.. Dan setelah mempratikkan teknik renang yang diajari guru, saya juga akhirnya bisa naik sendiri ke permukaan. Maka dari itu, saya sarankan bagi yang takut tenggelam ya tenggelam aja lah!.Tapi harus ada yang ngawasi lhoo yaa! Entar tenggelam beneran lagi, kan repot :D.

Rileks, Jangan Panik

Kalau panik, udah dipastikan belajar berenang jadi bakalan susah. Saya ngalamin sendiri ketika di pertemuan pertama saya kursus renang. Panik sih wajar aja ya, karena baru pertama kali memberanikan diri masuk kolam renang lagi setelah sekian lama. Namun nggak usah kelamaan, pelan tapi pasti rasa panik itu harus dihilangkan. Rasakan dan nikmati aja aliran dan irama airnya, dijamin bikin rileks πŸ™‚

Mulai dari Kolam Dangkal

Yaps, ini sih termasuk tips yang konvensional. Belajar berenang ya mulai dari kolam yang dangkal. Kalau langsung ke kolam yang dalamnya lima meter mah namanya bukan belajar berenang, tapi menyelam. Dan kalau emang bener-bener nggak bisa renang sama sekali dan baru mau nyoba belajar, pastikan kamu ada teman yang bisa renang buat ngawasin kamu ya!

Pelajari Teknik Berenang

Nah, ketika memutuskan untuk belajar berenang saya sarankan terlebih dahulu untuk mempelajari teknik berenang. Teorinya aja dulu, bisa di search atau nonton di youtube juga banyak video belajar berenang bagi pemula. Teknik awal belajar berenang juga sudah saya share di tulisan saya sebelumnya ya πŸ˜‰

Sabar, It Takes Time

Tidak ada yang instan. Semua butuh waktu. Bersabarlah. Kalau udah beberapa kali pertemuan kamu nggak bisa juga berenang, mungkin emang kamu belum berani memaksakan diri untuk yakin bahwa kamu tu BISA renang!

Alright, itulah tips agar bisa berenang ala saya yang juga masih belajar sampai sekarang.

oiya,

sekali lagi

it takes time

enjoy! πŸ™‚

Advertisements

34 thoughts on “Jangan Takut! Begini Cara Mudah Belajar Berenang

  1. mb… sy mo les in anak2 les berenang di daerah jagakarsa atau srengseng sawah…tau ga mb kolam renang yg ada les renangnya ? trims

    Like

  2. Waktu kecil takut berenang. Padahal di sekolah ada ujian renang. Awalnya takut, lama-lama berani karena menguasai satu gaya renang. Jadi kalo (amit-amit) tenggelam saya bisa berenang pakai gaya itu.

    Like

  3. Kalau udah bisa berenang tuh emang beda rasanya ya kak Baiq, jadi nggak ada kecemasan sama sekali tiap masuk kolam, apalagi masuk ke kolam yang dalam, enak aja jadinya :3

    Like

  4. duhh mbak saya juga ada trauma pernah hampir tenggelam pas kecil, sekarang kalo berenang di kolam dangkal atau yang seleherlah paling berani..pas mau ke yg lebih dalam langsung gugup dan panik jdnya koordinasi gerak renang susah..saya juga cuma bisa gaya katak itupun ga lancar2 amat hehehe..

    Like

  5. Sy termasuk yg nyasar ke blog mb Baiq krn browsing tips bljr renang hehe.. thanks mba.. dr yg tdnya ga berani masukin kepala di air stlh bc tulisan mb skrg sdh bs meluncur.. hehehe

    Like

  6. saya mulai berenang waktu SD. gak pernah ada yang ngajarin atau ikutan les. cuma lihat orang berenang. akhirnya bisa-bisa sendiri meskipun gak ahli. terus karena pengen kurus akhirnya diet dengan berenang. Akhirnya sampe sekarang saya berenang paling gak seminggu sekali. Yup, agar ahli berenang itu butuh waktu. Sekarang, kalau berenang gak dikedalam 2 meter rasanya gak enak. hehe
    setelah baca postingan ini saya jadi pengen berenang lagi, karena sudah dua bulan absen renang. hehehehe

    Like

  7. Waktu kecil suka main di sungai. Jadi udah bisa renang. Sayangnya sekarang udah gak renang lagi. Tapi bener tuh, dulu saya juga ditenggelemin dulu baru bisa renang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s