Cara Mengubah Background Gambar Menjadi Transparan Via Online Editor

background transparan

Akhir-akhir ini entah kenapa saya sangat suka mengubah background gambar menjadi transparan. Sebenarnya sih karena emang pada saat-saat tertentu, gambar dengan background transparan sangat dibutuhkan. Seperti misalnya ketika mengadakan acara seminar atau workshop yang harus mencantumkan logo sponsor di dalam banner/spanduk. Kalau warna background logonya tidak match dengan warna desain pada banner maka mau gak mau ya harus merubah backgroundnya menjadi transparan.

Background transparan juga berguna bagi teman-teman blogger (newbie seperti saya) yang suka gonta-ganti gambar header pada blog. Kadang sudah susah payah bikin desain header tapi tetap saja warna background nya tidak sesuai dengan tema blog kita. Nah, kalau background gambarnya transparan tentu bisa lebih fleksibel kan, karena bisa menyesuaikan dengan warna dasar apa saja.

Cara Mengubah Background Gambar Menjadi Transparan Secara Online. Kenapa online? Jawabannya pasti udah ketebak yaa… Karena saya ini tidak (belum) bisa mengoperasikan si Photoshop maupun Corel Draw yang emang umum digunakan untuk mengedit gambar. Kalau pun softwarenya di install di laptop saya yang mini ini pun kayaknya terlalu berat juga. Apalagi kalau hanya untuk (kalau hanya untuk, mengejar laki-laki lain, buat apa sih, benang biru kau ubah menjadi kelambu) #kokmalahdangdutan mengubah background gambar menjadi transparan sepertinya terlalu ribet jika harus menginstall aplikasi terlebih dahulu -,-

Okeh, seperti biasa… kalau ada masalah sepele kayak gini saya langsung meluncur ke rumahnya Mbah Google untuk mencari info. Dari sekian banyak artikel yang saya temukan, hampir semua artikel berisi tutorial cara mengubah background gambar menjadi transparan menggunakan Photoshop atau Corel Draw. Tapi setelah sekian lama mengobrak-ngabrik (eh, bahasa apa ini?) rumahnya Mbah Google, akhirnya artikel yang saya cari-cari ketemu juga.

Baiklah, siapa tahu ada dari teman-teman blogger yang juga mengalami hal yang sama seperti saya… Ini dia Cara Mengubah Background Gambar Menjadi Transparan Secara Online, tanpa menggunakan Photoshop ataupun Corel Draw:

  1. Buka https://pixlr.com/editor/
  2. Pilih Open Image From Computer jika gambar yang ingin di edit ada di laptop/PC, atau bisa juga melalui pilihan lain yang tersedia.
  3. Jika gambar sudah terupload, di bagian kanan editor ada tulisan Layer. Di bawahnya akan muncul versi kecil (thumbnail) dari gambar yang akan diedit dengan tulisan Background di sampingnya. Pada icon gembok, klik dua kali.
  4. Setelah klik dua kali, pastikan tulisan Background sudah berubah menjadiΒ Layer 0.
  5. Sekarang alihkan kursor ke arah kiri editor (pada bagian Tools)
  6. Pilih Wand Tool yaitu icon yang mirip seperti tongkat ibu peri πŸ˜€
  7. Klik pada background gambar (area yang ingin dijadikan transparan), nanti akan muncul garis putus-putus
  8. Tekan del pada keyboard –> Background gambar sekarang sudah menjadi transparan
  9. Jangan lupa tekan Ctrl + S untuk menyimpan
  10. Pastikan untuk menyimpan dalam format PNG (Transparent) yaa ^^

langkah mengubah background menjadi transparan

Selesai!

Oiya, Pixlr Online Photo Editor ini hanya bisa dijalankan jika teman-teman sudah memasang Flash Plug in yaa pada web browser. Jadi, pastikan Flash Plug in nya sudah terpasang terlebih dahulu.

Sebenarnya fitur-fitur yang ada di Pixlr tergolong lengkap, apalagi bagi yang sudah terbiasa menggunakan Photoshop tentu fitur-fiturnya sudah tidak asing lagi. Pixlr ini juga memiliki tampilan yang ramah dan sudah bisa langsung digunakan tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

Namun sejauh ini saya baru menggunakan fitur Wand Tool aja siih, karena pahamnya cuman baru itu doang -,-

Sedangkan untuk layout dan edit-edit font saya masih setia sama si canva.com.

Nah, kalau teman-teman lebih suka edit gambar pakai aplikasi apa? πŸ™‚


Baca Juga Artikel Lainnya:

Advertisements

32 thoughts on “Cara Mengubah Background Gambar Menjadi Transparan Via Online Editor

  1. Selamat malam mba..
    Saya mau tanya..
    Koq saya punya logo, setelah pakai wand tool+delete backgroundnya, hasilnya tidak sebagus punya mba ya?
    For example, Kayak huruf o atau e, pas bolong tengahnya tidak bisa transparan ( tdk bisa ke-delete backgroundnya).
    Mohon arahannya.
    Terima kasih.

    Like

  2. Wahhh, jago design ya mba.., kalo saya biasanya nge-play nya di photoshop sih, soalnya tombol dan pembelajarannya lebih mudah dan asik gitu.. kalo cuma untuk kasih efek sih di photoshop aja, tapi kalo untuk logo-logo gitu bagusnya corelldraw. Tapi ya tergantung individunya juga sih mau yang mana keduanya juga sama sama bagus

    Like

  3. Wuah keren, makasih tips nya mba Baiq, ini sangat bermanfaat buat CInta kalau disuruh buat surat pengumuman libur, biasanya Cinta kesusahan cari gambar2 unik format PNG / transparant ^__^

    Like

  4. Lebih mudah make photoshop mbak. Coba minta diajarin langsung ama yg udah bisa make photoshop. Soalnya klo otodidak nyari di Google malah bingung.

    Memang bisa berhasil sih, tapi klo kita nggak tahu fungsi tombol2 dan perintah di menu, ya sama aja bohong.

    Like

    • iyaaa setuju banget, aku sering liat temenku yang bisa pakai photoshop emang proses editingnya keren dan cepet πŸ™‚
      cuman kembali lagi, laptopku yang RAMnya kecil ini sepertinya akan semakin berat kalau diinstallin photoshop hehe.. anyway, thanks for your nice comments πŸ™‚

      Like

    • mbaaaaa aku mau dong diajarin pake photoshop, kayaknya seruu πŸ™‚

      tapi enaknya pake PC ya mba, soalnya kalau photoshop di install di laptopku yang mini kayaknya berat banget πŸ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s