Ini 7 Pantai Dekat Bandara Lombok Yang Bisa Dikunjungi Dalam Satu Hari

judul

Iyaaa.. Serius..! Seharian, dari pagi sampai sore, bisa kok keliling 7 pantai yang lokasinya nggak terlalu jauh dari Lombok International Airport ini. Tepatnya di kabupaten Lombok Tengah.

Kebetulan saya dan suami akhirnya punya kesempatan buat jalan-jalan beberapa waktu yang lalu. Awalnya sii kita planningnya mau mengunjungi 7 pantai sekaligus dalam satu hari. Tapi karena dadakan, kita baru bisa berangkat jam 11 siang. Akhirnya cuman bisa keliling 5 pantai aja deh.

Jadi intinya, dari 7 pantai yang disebutin dalam tulisan ini, 5 diantaranya sudah saya kunjungi. Dan 2 nya lagi adalah rencana yang tidak terwujud karena berangkatnya kesiangan hehe..

Tapi buat teman-teman yang mau berkunjung ke Lombok dan cuma punya waktu dua hari (Sabtu-Minggu) alias weekend doang, jangan khawatir. Keliling 7 pantai dekat bandara bisa jadi alternatif untuk tetap menikmati keindahan Pulau Lombok dalam waktu singkat. Jaraknya yang berdekatan sangat memungkinkan untuk dikunjungi hanya dalam waktu satu hari.

Sebelum memutuskan untuk mengelilingi 7 pantai dalam sehari, saya juga mau berbagi 7 tips dulu nih buat teman-teman:

7 Tips Keliling 7 Pantai Dalam Sehari

a. Setelah Sampai di Lombok International Airport, teman-teman saya sarankan untuk langsung menuju Kawasan Wisata Kuta yang berada di Desa Kuta – Lombok Tengah. Teman-teman bisa menyewa mobil atau taxi, bisa juga menggunakan ojek yang ada di sekitar bandara. Waktu yang ditempuh dari Bandara menuju ke Kuta adalah sekitar 15-20 menit. Di sana tersedia juga berbagai jenis penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

b. Mulailah perjalanan dari pagi hari, karena jumlah pantai yang mau dikunjungi ada 7 maka teman-teman sebaiknya memulai perjalanan di pagi hari setelah sarapan. Itupun jika teman-teman ingin berlama-lama menikmati setiap pantai yang dikunjungi. Jika pun hanya mau foto-foto aja juga bisa dimulai dari pukul 11 setelah makan siang.

c. Pastikan kondisi fisik badan dalam keadaan sehat wal’afiat yaa. Jangan lupa sarapan. Dan kalau perjalanan dimulai dari dari pagi-pagi banget maka harus dipersiapkan juga bekal untuk makan siang. Kalau mau beli di sekitar pantai tentunya akan lebih mahal. Dan ada beberapa lokasi pantai yang tidak memiliki restaurant atau cafe. Kalau bisa siapkan beberapa bungkus camilan juga yaa -,-

d. Kendaraan yang digunakan untuk keliling saya lebih merekomendasikan menyewa sepeda motor matic yang ada di kawasan Kuta (kalau kelilingnya hanya berdua). Kalau perginya ramai-ramai juga di sana tersedia penyewaan mobil. Tapi kalau misalnya cuman berempat or berenam juga sebenarnya masih bisa pakai motor kok, boncengan #maksa. Maksudnya sih biar seru aja, sambil melihat pemandangan bukit-bukit hijau di sepanjang perjalanan.

e. Bawa perlengkapan seperlunya saja dan pastikan teman-teman membawa tabir surya yaa.. Karena memang kawasan Lombok Tengah ini terkenal dengan cuacanya yang panas terik jika sudah menjelang siang.

f. Jangan terlalu berlama-lama menikmati keindahan di satu titik aja, karena masih ada pantai lain yang harus dikunjungi dan dinikmatiΒ kan? πŸ˜€

g. Jagalah kebersihan lingkungan, tidak hanya ketika beekunjung di objek wisata yang ada di Lombok tentunya. Menjaga keindahan dan kelestarian alam juga harus dilakukan di manapun teman-teman berada πŸ™‚

Baiklah, langsung aja.. Ini dia 7 Pantai di Lombok Tengah yang dekat dengan bandara dan bisa dikunjungi hanya dalam waktu satu hari:

1. Pantai Kuta Mandalika

pantai kuta

Pantai Kuta tidak hanya ada di Bali lhoo teman-teman. Di Lombok juga ada yang namanya Pantai Kuta. Bedanya, karena Pantai Kuta di Bali sudah terkenal sampai level internasional, di sana sudah banyak wisatawan yang berlalu lalang. Nah, kalau di Pantai Kuta ini (sekarang bernama Pantai Kuta Mandalika), wisatawannya belum terlalu banyak dan pantainya terbilang masih alami dan asri.

Pantai Kuta ini terkenal dengan pasir putihnya yang besar-besar seperti butiran merica. Selain itu, bibir pantainya yang luas menjadikan para wisata bisa betah bin nyaman berlama-lama menikmati keindahan Pantai Kuta. Ombaknya yang besar juga menjadi daya tarik sendiri bagi peselancar.

Anyway, Pantai Kuta ini merupakan pemberangkatan pertama ya kawans. Jenis penginapan yang beragam serta tempat penyewaan motor yang tadi saya sarankan di awal juga lokasinya tidak jauh-jauh dari Pantai Kuta ini.

2. Pantai Selong Belanak

selong belanak

List yang ada di sini tidak mesti berurutan sih ya. Sebenarnya yang paling dekat dengan Pantai Kuta itu adalah Pantai Tanjung Aan, tapi karena saya ingin berenang di Pantai Selong Belanak maka saya putuskan untuk ke sana terlebih dahulu (mumpung belum terlalu panas untuk berenang). Jarak dari Pantai Kuta ke Pantai Selong Belanak sekitar 20-25 menit (tergantung kecepatan bawa motornya).

pantai selong belanak

Ada yang bilang Pantai Selong Belanak ini seperti Hawaii-nya Indonesia. Pasir pantainya putih bersih dan lembut. Di sepanjang bibir pantai tersedia tempat bersantai dari bambu seperti gambar ini. Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai sepanjang 1 kilometer dengan lekukan mirip seperti bulan sabit. Pantai ini juga dikelilingi beberapa bukit yang enak dipandang mata.

Nah, alasan saya ingin berenang di Pantai Selong Belanak ini adalah ombaknya yang begitu tenang alias tidak terlalu besar. Sampai jarak sekitar 10 meter dari bibir pantai kedalamannya juga hanya 1,5 meter. Jadi yang gak bisa berenang pun tidak perlu khawatir tenggelam. Pantai ini juga cocok bagi peselancar pemula yang baru belajar surfing.

3. Pantai Semeti dan Pantai Mawi

Akuarium Alam Pantai Semeti
Pantai Semeti (sumber gambar: www. wisatadilombok .com)

Dua pantai ini sengaja saya sebutkan bersamaan karena letaknya yang bersebelahan satu sama lain. Untuk memasuki Pantai Semeti kawan-kawan memang harus terlebih dahulu masuk ke kawasan wisata Pantai Mawi.

Jika disuruh memilih salah satu, saya sarankan sii langsung menuju Pantai Semeti saja. Karena pengunjung di Pantai Semeti ini masih terbilang sepi. Jadi mau teriak sekenceng apapun gak bakal ada yang dengar #eh, ngapain juga teriak teriak -,-

Medan dan kondisi jalan yang belum terlalu bagus (melewati sawah yang becek) menjadi salah satu pertimbangan saya waktu itu untuk mengunjungi Pantai Semeti di lain waktu saja (selain emang waktunya mepet banget). Walaupun demikian, teman-teman harus semangat, karena di ujung jalan ada pantai indah menawan yang menanti kedatangan kalian.

Yang menjadikan Pantai Semeti ini berbeda dari pantai yang lainnya adalah hamparan batu karang yang menjulang tinggi lengkap dengan birunya air laut. Menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pengunjung tatkala melihat ombak menari-nari memasuki celah bebatuan. Tak heran kemudian Pantai Semeti ini diberi julukan Aquarium Alam.

Tak jauh dari Pantai Semeti ada Pantai Mawi. Jika Pantai Semeti terkenal dengan suasana penuh keheningan, maka Pantai Mawi terkenal dengan deburan ombak yang lumayan kencang. Hal ini yang kemudian menjadikan Pantai Mawi dibanjiri peselancar, baik lokal maupun wisatawan internasional.

Perjalanan dari Pantai Selong Belanak ke Pantai Semeti – Mawi ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit.

4. Pantai Mawun

pantai mawun

Lokasi yang paling dekat dari Pantai Semeti selanjutnya adalah Pantai Mawun. Lokasi pantai ini bisa dibilang agak tersembunyi. Ciri khasnya sama seperti pantai lain di kawasan Lombok Tengah adalah pasir putihnya yang bersih. Selain itu, warna air lautnya yang biru muda agak kehijauan menjadikan saya betah berlama-lama di sini. Sebenarnya yang bikin saya betah juga adalah karena di pinggir Pantai Mawun ini ada pohon besar yang bikin udaranya terasa sejuk dan adem. Sampai ada lhoo bule yang tidur-tiduran di pinggir pantai tanpa menggunakan alas sangking nyaman dan betahnya. Jarak dari Pantai Semeti ke Pantai Mawun ini sekitar 20 menit menggunakan kendaraanΒ  roda dua.

5. Tanjung Aan

tanjung aan

Jarak dari Pantai Kuta ke Tanjung Aan ini adalah sekitar 4 kilometer saja atau hanya sekitar 10 menit jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Tanjung Aan memiliki garis pantai yang lumayan panjang yaitu sekitar 2 kilometer. Sama seperti Pantai Kuta, pasir pantai Tanjung Aan juga memiliki tekstur bulat berwarna putih kekuningan seperti butiran merica.

Tanjung Aan ini ombaknya terbilang tenang dan lautnya juga termasuk dangkal (tidak tiba-tiba dalam). Aktifitas yang paling asik dilakukan di Tanjung Aan adalah berenang dan snorkeling. Suasana pantai yang tiak terlalu ramai juga bisa bikin kita menikmati keindahan alam secara pribadi. Yang menarik adalah garis pantai Tanjung Aan ini melengkung hampir membentuk lingkaran dan dikelilingi oleh banyak bebukitan hijau disekeliling pantainya.

Oiya di tengah-tengah air laut Tanjung Aan ini (gak terlalu tengah siih, tapi gak terlalu pinggir juga :D) ada ayunan yang bagus buat fotoan.

6. Pantai Payung

pantai payung
Batu Payung (sumber gambar: nationalgeographic. co. id)

Dinamakan Pantai Payung karena di sini ada sebuah batu besar yang bentuknya mirip seperti payung (atasnya melebar sedangkan bagian bawah ramping). Lokasi Batu Payung ini sebenarnya tepat di ujung pantai Tanjung Aan.

Jika teman-teman melihat foto no.5 itu cuacanya agak mendung, ini yang menjadi alasan saya tidak sempat berkunjung ke Pantai Payung. Padahal letaknya tidak begitu jauh dari Tanjung Aan karena bisa ditempuh dengan berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer menyusuri bibir pantai (sekitar 45 menit). Kalau tidak mau capek jalan pun teman-teman bisa menyewa perahu nelayan untuk menyebrang ke sana. Lama perjalanan menggunakan perahu/boat sekitar 15 menit.

Oiya, kalau sudah sampai Batu Payung teman-teman hati-hati yaa karena di sana banyak bebatuan berlumut yang licin . Selain itu, tidak seperti pantai kebanyakan, di Pantai Payung ini tidak ada pasir putih or hitam. Di sana hanya ada deretan bebatuan besar dan Batu Payung adalah salah satunya.

7. Pantai Seger

pantai seger

Huruf “e” pada kata “Seger” pengucapannya adalah seperti huruf “e” pada kata “oke” atau “Medan”.

Lokasi Pantai Seger ini tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta yaitu hanya memakan waktu 15 menit saja menggunakan kendaraan. Di Pantai Seger ini terdapat monumen Puteri Mandalika yang merupakan legenda Suku Sasak (suku asli masyarakat Lombok).

Pantai Seger seperti kebanyakan pantai lain di kawasan Lombok Tengah masih terbilang sepi pengunjung. Wilayah pantainya terbilang luas dan terbagi menjadi beberapa bagian. Festival tahunan masyarakat sasak yaitu “Bau Nyale” juga berpusat di Pantai Seger ini.

Mungkin lain kali akan saya ulas juga ya mengenai cerita legenda Puteri Mandalika yang kemudian melahirkan suatu tradisi tahunan di Pulau Lombok yaitu Festival Bau Nyale.

Info Penting

penjual gelang anak-anak

Sekedar info aja sih biar gak terlalu kaget. Jangan heran nanti kalau di setiap pantai yang dikunjungi teman-teman akan ditawarkan berbagai macam bentuk dagangan. Salah satunya adalah anak-anak pedagang gelang seperti yang ada di gambar πŸ˜€

Kalau ke wisatawan asing mereka mematok harga Rp 10.000 per gelangnya. Kalau ke wisatawan lokal biasanya Rp 5.000. Kalau orang sasak asli nawar Rp 3.000 pun akan dikasih juga (ini info penting nggak sih sebenarnya? hihi).

Tiket Masuk

Oke, kalau yang satu ini beneran info yang penting banget. Setiap masuk ke kawasan satu pantai, ada tarif parkirnya yang sudah dipatok rata yaitu sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil (kalau untuk wisatawan asing harganya dua kali lipat). Harga parkir tersebut sudah termasuk tiket masuk.

***

Alright, itulah 7 pantai yang dekat dengan bandara Lombok dan bisa dikelilingi dalam waktu sehari. Pilihan pantai yang ada di daftar bisa dikunjungi semuanya atau bisa juga dipilih-pilih sesuai selera.

Gimana? Teman-teman sudah ada rencana untuk liburan ke Lombok belum? ^^


Baca Juga Tulisan Lainnya:

Advertisements

55 thoughts on “Ini 7 Pantai Dekat Bandara Lombok Yang Bisa Dikunjungi Dalam Satu Hari

  1. eh ini gak sesuai urutan ya mbak? Hihihi.. soalnya balik lagi Kuta dan Seger itu kan berdekatan πŸ˜€
    btw, iya banget itu..perhatikan waktu juga..karena daerah pantai selatan tersebut kurang aman kalau sudah sore menjelang malam. Lain halnya dengan daerah Senggigi yang cenderung lebih ramai.

    Like

    • iyaa mba nggak sesuai urutan karena wktu itu ngejer waktu buat berenang di selong belanak biar gak kesorean, jadinya ambil rute muter dari terjauh ke yang terdekat ke pantai kutanya πŸ™‚
      iya betul, wilayah lombok tengah sana masih sepi dibandingkan daerah lombok barat

      Like

  2. Mbak… pengen banget ke sana.
    Sejak dulu ingin kesana tapi belum kesampaian semoga bisa mampir tahun ini, bersediahkan mbak menjadi guide kami hehehe? karena belum pernah kesana jadinya agak takut kalau tersesat.

    Like

    • amiin, semoga keinginan untuk berkunjung ke Lombok bisa terwujud mba.. Hehe, aku kebetulan lagi hamil guede mba, kalau mau nanti aku rekomendasiin travel yang oke buat jadi guide nya πŸ™‚

      Like

    • hehehe boleh atuh kita kopdaran entar, tapi karena lagi hamil sama suami belum boleh travel kemana-mana dulu nih sayangnya πŸ˜€
      tapi entar kalau mau ketemu koontak aja ya mbaaa ^^

      Like

      • Mbak… pengen banget ke sana.
        Sejak dulu ingin kesana tapi belum kesampaian semoga bisa mampir tahun ini, bersediahkan mbak menjadi guide kami hehehe? karena belum pernah kesana jadinya agak takut kalau tersesat.

        Like

      • amiin, semoga bisa berkunjung ke Lombok tahun ini mba.. Waah ingin rasanya kopdar sesama blogger, namun saya kebetulan lagi hamil jadi sama suami belum diijinin kemana-mana dulu hehe.. Jika mba mau, saya punya kenalan travel bagus yang bisa mba kontak jika berkunjung ke Lombok πŸ™‚

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s