Tempat Makan Ayam Taliwang Nikmat Rasa Hotel Bintang Empat, Harga Bersahabat

Ayam

Bagi yang sudah berkunjung ke Lombok pasti sudah mengenal kuliner yang satu ini. Gurihnya daging ayam kampung muda dipadu dengan nikmatnya sambal pedas yang khas menjadikan siapapun yang berkunjung ke Lombok tentunya merasa rugi jika tidak sempat menikmati.

Yeah! Ayam Taliwang!

Saya sebagai orang asli Lombok pun gak pernah bosan deh sama makanan pedas yang satu ini -,-.

Nah, ceritanya hari Sabtu kemarin saya lagi ngidam banget pengen makan siang dengan menu ayam taliwang. Tapi karena udah masuk tengah bulan, pengennya nyari tempat yang menunya nikmat dengan harga bersahabat. Saya pun mulai nanya sana-sini, nyari info tempat rumah makan baru sekitaran Mataram. Kali aja ada promo pembukaan πŸ˜€

Eh tiba-tiba, Mba Andy (andyhardiyanti.com) nge-whatsapp dan ngajakin ngongkrong asik nan cantik di Golden Palace Hotel (!) Beuh, awalnya sempat ragu, “Mba, saya ini lagi nyari tempat makan yang hemat, kok malah diajakin ke hotel bintang empat? -,-“. Tapi emak gaul yang satu ini berhasil meyakinkan saya kalau di Hotel Golden Palace makanannya enak-enak, dijamin nikmat abiss dan yang paling penting gak bakal bikin dompet nangis.

Hmm kalau udah Mba Andy yang ngomong gitu mah saya langsung percaya aja dah..

2

Oke, sekitar pukul 12 siang saya dan Mba Andy beserta teman-temannya sampai di tekape. Tidak begitu sulit menemukan lokasi hotel ini, karena emang letaknya di tengah Kota Mataram yaitu di Jalan Sriwijaya. Selain emang hotelnya udah terkenal, bangunannya juga merupakan bangunan tertinggi sepanjang Jalan Sriwijaya. Jadi dari kejauhan juga udah kelihatan.

Saya sendiri emang baru pertama kali memasuki hotel yang sudah berdiri sekitar 2 tahun ini. Begitu masuk, hotelnya lumayan terlihat mewah dibanding city hotel lainnya di sekitaran Mataram. Tak heran jika Presiden Jokowi memilih singgah di hotel ini ketika menghadiri pembukaan MTQ Nasional ke-26 akhir Juli yang lalu.

3

Oke lanjut…
Siang itu saya dan Mba Andy ketemuan di Restaurant Cendrawasih, tepatnya di samping kanan resepsionis (agak masuk ke belakang). Nah, sampai sana kita dikasi tahu kalau khusus bulan Agustus ini ada promo Menu Selera Nusantara dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tentunya ayam taliwang masuk doong ke dalam list menunya. Yeay! Asiiik \(^^)/

Karena Menu Selera Nusantara, makanan yang masuk daftar tentunya makanan khas yang tidak hanya berasal dari daerah Lombok tapi juga daerah lain di Indonesia. Selain Ayam Taliwang, ada juga Asinan Jakarta, Tahu Tek-Tek, Tongseng Kambing, Empal Gepuk, Ikan Bakar Saus Dabu-Dabu dan Bebek Remek.

4

Pas nanya harganya berapa, ternyata emang beneran murah untuk kualitas hotel yang begitu mewah. Untuk makanan pembuka seperti Asinan Jakarta dan Tahu Tek-Tek saja harganya mulai Rp 25ribu. Sedangkan untuk menu makanan lainnya dipatok harga mulai Rp 55ribu. Dan semua harga sudah net, tidak ada tambahan tax and service lagi. Waah, dengan harga segini menurut saya atuh udah lumayan murah lah yaa dibanding harus makan di rumah makan, cafe atau restaurant.

Daan ternyataaaa, saya (dan Mba Andy tentunya :P) jadi kalap mata pemirsaaaa -,-
Yang awalnya niat mau makan ayam taliwang aja, lihat menu segitu murahnya jadilah kita pesan semuaaaa :D… Karena emang waktu itu kita totalnya ada lima orang, jadi emang sekalian aja biar hemat, perut kenyang hatipun senaaang..

5

Nah, ini dia penampakan Ayam Taliwang yang udah lama saya idam-idamkan. Oiya,Β  makanan pelengkap untuk menyantap Ayam Taliwang biasanya adalah Pelecing Kangkung dan Beberuk. Pelecing kangkung adalah kangkung yang direbus dan disajikan dengan campuran tauge, kacang goreng, parutan kelapa bakar dan sambal tomat pedas yang diberi perasan jeruk limau. Sedangkan beberuk merupakan irisan kacang panjang, cabe rawit dan bawang merah yang disajikan mentah, yang rasanya juga tidak kalah nendang di lidah. Dan kalau pesan Ayam Taliwang di sini, Pelecing Kangkung dan Beberuk sudah termasuk dalam satu paket.

Untuk standar makanan yang disajikan di hotel bintang empat, rasa Ayam Taliwang ini tentunya sangatttt nikmaat! Apalagi dengan harga yang begitu bersahabat :). Gak perlu ditanya lagi, udah pasti pengen nambah lagi dan lagi. Oiya, one more thing yang perlu teman-teman ketahui adalah hampir semua masakan Lombok itu pedas. Apalagi yang namanya Ayam Taliwang ini. Tapi di Golden Palace Hotel semua makanan bisa dipesan sesuai keinginan. Jadi bagi yang bukan pecinta pedas bisa request rasa sesuai selera. Dan bagi ibu hamil yang gak boleh makan sayur mentah misalnya, bisa minta dibuatkan khusus agar sayurannya terlebih dahulu direbus.

8

Dari sekian makanan yang ada di daftar menu yang dari namanya aja udah bikin penasaran adalah yang satu ini, namanya Bebek Remek! Awalnya saya kira mungkin Bebek Remek ini maksudnya adalah bebek goreng keremes. Pas dijelasin langsung sama chefnya ternyata kata Remek itu diambil dari kata Remuk, dan melebur ke dalam logat daerah sasak jadinya Remek! Jadilah si Bebek Remek ini bentuknya emang agak sedikit hancur. Tapi dari segi rasa tentunya jangan ditanya, disajikan dengan sambal ijo dan kerupuk pangsit, ketika masuk mulut rasanya begitu menggigit.

Makanan lain yang berbahan dasar daging ada Empal Gepuk dan Tongseng Kambing. Empal Gepuk adalah daging sapi lulur dalam,Β  yang proses memasaknya memakan waktu minimal satu jam. Inilah yang mambuat Empal Gepuk terasa begitu empuk.

6

Yang satu ini adalah Tongseng Kambing. Kuahnya yang begitu kental dan dagingnya yang sama sekali gak terasa amis ini akhirnya menjadi favorit bagi semua. Proses memasaknya gak kalah lama, minimal satu jam untuk menghasilkan rasa daging yang lembut nan empuk.Β  Dan emang secara keseluruhan rasanya itu lhoo teman-teman! Maknyuuss pisan!

11

Sebagai penutup, Menu Selera Nusantara menyediakan pilihan minuman yang menyegarkan. Ada Es Melon Cendrawasih, Es Teler, Es Dawet dan Es Cincau Santan. Dari gambar di atas bisa dilihat sendiri yaa kawans, semua minuman terlihat begitu segar. Apalagi harganya hanya Rp 15ribuan! Hmm dijamin walaupun perut udah kenyang, pasti bakal ketagihan sampai minta bungkus buat bawa pulang πŸ˜€

Eh, ini judulnya Ayam Taliwang kok isinya malah banyak yang menyimpang? -,-
Gapapa yaa teman-teman, info penting gini kan sayang kalau terlewatkan. Apalagi promo ini hanya untuk bulan Agustus doang. So, bagi kalian yang tinggal di seputaran Mataram, gih buruan! Dan buat para wisatawan yang mau icip Ayam Taliwang, monggo gak perlu pikir panjang.

Baiklah, itu dia info tempat makan ayam taliwang yang nikmat ala hotel bintang empat yang harganya bersahabat. Nanti kalau ada info menarik lainnya tentu akan saya share jugaaa.. Thanks for reading yaaa!

Advertisements

44 thoughts on “Tempat Makan Ayam Taliwang Nikmat Rasa Hotel Bintang Empat, Harga Bersahabat

  1. lumayan murah sih untuk harga restoran hotel, perlu dicoba sepertinya nanti kalau berkunjung ke Mataram lagi. Ayam taliwang yang pernah saya coba di RM ayam bakar di daerah lovina harganya Rp 30rb (termasuk nasi, plecing,dan es teh 3 gelas). Porsinya mantab dan rasanya enak, tapi pedesnya bikin nangis, makanya butuh minum 3 gelas :p

    Tahu tek termasuk menu langka di Bali, yang lumayan rasanya di depan hotel Bima, Kuta seharga 15rb/porsi sudah termasuk minum dan telur dadar jumbo.

    Like

  2. neguk ludah bacanyaaa… tapi jauuuh -__-… di jkt sbnrnya ada bbrp resto ayam taliwang mbak.. tapi sampe skr, aku blm nemuin yg katanya bener2 pedes.. Semuanya masih so-so buat lidahku yg suka bangetttt pedes level tinggi :D.. makanya pengen sih ke lombok lgs demi nyobain ayam taliwang yg asli pedes itu gmn…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s