Tubuh Tambah Melar Pasca Lebaran? Yuk Atasi dengan 7 Cara Ini

Tubuh Tambah Melar Pasca Lebaran_ Yuk, Atasi dengan 7 Cara Ini(1)

Hello everyone..

Ramadhan 1437 Hijriah sudah berlalu sekitar dua minggu yang lalu nii kawan-kawan. Kangen gak sii? Pastinya kangen dong yaa suasana Ramadhan yang menyenangkan, mulai dari bangun pagi sebelum subuh buat makan sahur, momen berbuka bersama keluarga, sampai main kembang api di pinggir jalan selepas terawih di Masjid.

By the way, kira-kira apa yang paling ngangenin dari bulan Ramadhan menurut teman-teman? Pasti jawabannya beragam. Namun bagi sebagian besar orang (terutama wanita) momen Ramadhan yang datangnya sekali setahun itu dimanfaatkan tidak hanya sebagai ajang menambah pahala dan kebaikan, tapi juga untuk mencapai target penurunan berat badan. Iya, kan?

Saya sendiri alhamdulillah selalu memiliki berat badan yang seimbang (ideal) dengan tinggi badan saya. Namun, dulu saya pernah punya teman sekantor yang berat badannya tidak ideal alias kegemukan. Banyak program diet yang dia lakukan, mulai dari menghindari nasi putih, menjauhi makanan yang mengandung garam, sampai mengikuti tren diet yang gak makan apa-apa selain buah dan sayuran, itupun hanya dua kali sehari. Awalnya sii iyaa bisa nahan, karena mengejar target penurunan berat badan. Namun saya melihatnya kasian, teman saya itu terlihat lemas dan seperti tidak bersemangat dalam bekerja. Dia sendiri cuman bertahan paling lama seminggu, mungkin karena ujung-ujungnya tergiur juga kalau liat teman tiap hari ada aja yang nawarin keluar buat jajan. Mungkin niat awalnya “gak apa-apa kali yaa, cuman sekali ini ajaa”, eh tapi lama kelamaan tetep kalap juga #uups.

Nah, saya yakin banyak orang di luar sana yang mengalami hal yang sama. Makanya gak jarang bagi sebagian orang momen berpuasa di bulan Ramadhan biasanya dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Namun ternyata, (lagi-lagi!) semuanya berubah ketika lebaran tiba dikarenakan laper mata. Lebaran dilihat sebagai ajang balas dendam, karena selama sebulan merasa diri kelaparan πŸ˜€

Makanan yang berbaris rapi di atas meja bikin kita akhirnya harus menyerah juga. Memandang opor ayam, rendang, bebek sambel ijo, dan beragam kue kering yang mengandung margarin, keju, cokelat dan gula itu pastinya sangat menggiurkan untuk segera disantap. Kalau udah kalap dan makan banyak, pastinya bakal bikin badan tambah melar. Belum lagi di tempat saya, Pulau Lombok. Seminggu setelah Lebaran Idul Fitri pun masih ada Lebaran lagi. Namanya Lebaran Topat atau Lebaran Ketupat yang merupakan tradisi khas suku sasak. Makanan yang tersedia pada saat Lebaran Topat pun gak kalah banyak, bahkan pilihannya lebih lengkap. Waah.. kalau gini, program penurunan berat badan pastinya bakalan tambah gagal lagiiiii -,-.

makanan lebaran topat

—Nah, ini contoh menu makanan yang disajikan pada saat syukuran di Masjid, di Hari Lebaran Topat khas Suku Sasak. Bagi teman-teman yang mau tahu tradisinya seperti apa, bisa klik artikel saya yang satu ini yaa…—

Terus gimana dong kalau badan sudah terlanjur melar setelah lebaran? Ya jangan diam aja! Semangat menurunkan berat badan harus tetap membara! Hihi..

Niih yaaa.. dalam postingan kali ini saya mau berbagi tips cara menurunkan berat badan yang telah saya rangkum dari berbagai sumber di internet. Semoga bermanfaat πŸ™‚

1. Jangan Tinggalkan Sarapan

Banyak orang yang lupa sarapan di pagi hari dengan berbagai alasan seperti: tidak sempat masak, bangun kesiangan, atau khawatir datang terlambat ke kampus/kantor. Padahal, sarapan ini sangat penting, karena berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang sengaja tidak makan/sarapan di pagi hari memiliki risiko terkena obesitas dan kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena mereka cenderung akan makan lebih banyak di waktu siang, bahkan malam hari. Bagi yang terlanjur memiliki berat badan berlebih, jangan sekali kali meninggalkan sarapan pagi yaaa..

2. Perbanyak Makan Buah

Buah-buahan memang sudah terkenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Para pakar kesehatan juga menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan buah memiliki serat tinggi yang baik untuk pencernaan, rendah kalori dan tinggi vitamin. Mengonsumsi buah sebelum makan dapat menjadikan perut terasa kenyang sehingga konsumsi makanan berat dalam porsi banyak dapat dihindari.

3. Minum Air Putih

Minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya memungkinkan hati dapat melakukan fungsinya dengan optimal yaitu mengubah lemak menjadi bahan bakar. Meminum air dalam jumlah cukup juga dapat mengurangi rasa lapar. Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa meminum air sebanyak 500ml 30 menit sebelumΒ  makan dapar menurunkan berat badan hingga rata-rata 4,3 kg setiap hari jika dilakukan tiga kali dalam sehari. Artinya, jika dilakukan satu kali saja dalam sehari maka berat badan bisa berkurang sekitar 0,8 kg per hari. Nah, jangan lupa bawa botol air putih kemanapun sobat pergi yaa πŸ˜‰

4. Stop Konsumsi Menu Tak Sehat

Diet bukan berarti makan dalam jumlah sedikit namun lebih kepada mengatur pola makan sesuai jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Bagi teman-teman pekerja yang terbiasa mengonsumsi makanan cepat saji, gorengan atau makanan minuman instan lainnya sebaiknya harus dihindari dari sekarang. Cobalah untuk memilih makanan sehat dan tidak mengandung banyak lemak. Selain untuk menghindari kenaikan berat badan, tentunya mengonsumsi makanan sehat bisa berdampak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

5. Olahraga

Poin no.5 ini adalah yang paling dianjurkan bagi yang ingin menurunkan berat badan. Bagi yang beralasan tidak sempat berolahraga karena sibuk beraktifitas dapat disiasati dengan berjalan kaki. Minimal ketika istirahat makan siang, teman-teman bisa berjalan kaki ke kantin daripada harus meminta tolongΒ office boy membelikan makanan. Jika tidak memungkinkan berjalan kaki, sempatkan olah raga ringan 10-15 menit di pagi hari sebelum memulai aktifitas seperti Squats, Push-ups, Lunges, atau Ab Twist. Olahraga ringan setelah bangun tidur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memunculkan rasa semangat sepanjang hari.

6. Berfikir Positif

Tekanan dari tempat kerja, kondisi keuangan yang memburuk dan hubungan sosial yang tidak harmonis merupakan beberapa contoh faktor penyebab stress yang paling dominan saat ini. Namun bagi teman-teman yang ingin menurunkan berat badan, maka cobalah dan mulailah untuk berfikir positif dan bersikap tenang dalam menghadapi masalah guna menghindari stress. Hal ini dikarenakan stress dapat memicu produksi Hormon Kortisol yang dapat membangkitkan rasa lapar sehingga membuat orang makan berlebihan. Jika yang dikonsumsi adalah makanan yang manis dan terlalu asin maka tentunya berat badan bisa bertambah.

7. Ikuti Program Penurunan Berat Badan yang Aman

Menurunkan berat badan memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Jika teman-teman telah melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan namun belum membuahkan hasil maksimal, maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan ke dokter. Dokter spesialis gizi misalnya, dapat membantu dalam mengatur kebutuhan nutrisi. Atau dokter spesialis olahraga yang dapat membantu mengatur kebutuhan olahraga sesuai kondisi berat badan. Yang penting, teman-teman harus berhati-hati yaa agar tidak salah dalam memilih program penurunan berat badan yang justru nantinya bisa membahayakan kesehatan.

Itu dia 7 tips menurunkan berat badan pasca lebaran. Bagaimana menurut teman-teman? Mudah untuk diterapkan bukan?

Thank you for reading and have a nice day all !

 


Link Referensi:

Bahaya Meninggalkan Sarapan Pagi
Bobot Cepat Naik Jika Anda Sering Stress
Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Cara Minum Air Putih Seperti Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Advertisements

41 thoughts on “Tubuh Tambah Melar Pasca Lebaran? Yuk Atasi dengan 7 Cara Ini

  1. Banyak teman juga mengeluhkan bertambahnya berat badan mereka saat setelah lebaran. Mungkin mereka harus tahu cara ini ya min. Makasi banyak min infonya, ditunggu inf lainnya ya

    Like

  2. Benar tuh jangan lupakan sarapan pagi dan perbanyak minum air putih untuk menunjang kesehatan πŸ™‚ gpplah kendor juga yang penting sehat πŸ˜€ itu sih menurut saya sebagai cowok, gak tahu sih kalau menurut mba sebagai cewek πŸ™‚ hhee

    Like

  3. Lengkap banget yes tulisannya mbak
    Semoga sukses yaa,,,

    bai de way.. ku pngen banget gemuk. Begitu hari raya tiba, meski makanannya banyak, tetep aja kurusan T_T
    Emang ada bberapa suplai makanan yg jarang banget kukonsumsi. seperti Jarang banget minum aer putih. Konsumsi buah-buahan. itu tuh πŸ˜€

    Like

    • amiin, makasi doanya mba..
      nah, minum air putih dan makan buah itu malah penting lho mba hehe. Dan kalau mau dpt bb ideal, cobain rajin olahraga deh mba. soalnya aku dulu kurus banget, karena rajin renang jadi gemukan, abis renang biasanya laper dan kalau olahraga berarti tubuh kita lebih baik dalam mencerna kandungan gizi dari makanan #kata guru renang aku dulu, dan terbukti hehe

      Like

  4. Waduh saya malah kesulitan menambah berat badan hahah, tapi bener banget, pola makan sehat ditambah olahraga berat badan perlahan tapi pasti mengikuti ideal :3

    Nice tips mbaa ☺

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s