STEI Tazkia: Kuliah Berdimensi Ibadah

Gd._STEI_TAZKIA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Belakangan ini ada beberapa sahabat pembaca yang bertanya mengenai kampus saya Tazkia. Kayaknya abis baca tulisan saya yang isinya curhat Anehnya Kehidupan Setelah Kuliah ya? Hihi. Well, karena yang ngirim email nanyain tentang kampus Tazkia gak cuman 1 or 2 orang, jadi kenapa gak di post aja kali ya? Biar banyak juga yang kenal sama kampus akuuh #eaaa. Honestly, yang langsung ngeh kalau Tazkia itu adalah nama kampus saya yakin tidak begitu banyak (untuk saat ini). So, yuk perkenalan dulu *,*

Taz_02
Kampus STEI Tazkia

Apa itu STEI Tazkia?

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia atau sering juga dikenal dengan sebutanΒ  Tazkia berlokasi di Sentul City Bogor untuk kampus utama dan di Dramaga Bogor untuk kampus matrikulasi. Kok ada 2 kampus? Yap, untuk tahun pertama semua mahasiswa baru diwajibkan mengikuti program matrikulasi which is mirip-mirip asrama/pondok pesantren gitu. Disana kita dikenalin tentang islam lebih mendalam sebelum belajar ekonomi islam. Bayangin, mulai dari solat lima waktu yang diabsen dan gak boleh telat sampai puasa sunnah senin kamis yang tiba-tiba jadi “wajib” adalah salah dua dari banyak keunikan program matrikulasi ini. Cerita lengkap dan seru seputar program matrikulasiΒ  akan saya jelaskan di artikel tersendiri yaa, insyaAllah πŸ™‚

Sejarah STEI Tazkia

syafii antonio (2)

Berdirinya kampus Tazkia tidak terlepas dari sosok Pak Dr. Muhammad Syafi’i Antonio. Beliau adalah seorang mu’allaf yang juga Pakar Ekonomi Islam di Indonesia, sering mengadakan pelatihan-pelatihan perbankan syariah bagi bankers. Hal ini sudah dilakukan dari tahun 1998 (masa-masa krisis moneter) dimana waktu itu Bank Indonesia sudah mulai melirik perbankan syariah sebagai salah satu solusi untuk menyehatkan kembali industri perbankan di Indonesia.

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia mulai pesat, salah satunya dengan dikeluarkannya UU tentang perbankan syariah yaitu UU No. 10 Tahun 1998. Nah dari sini, perbankan nasional sudah banyak yang mulai membuka Unit Usaha Syariah (UUS) dan juga membuka Bank Umum Syariah.

Kemunculan UUS dan BUS ini tentunya diiringi dengan kebutuhan SDM right? SDM yang tidak hanya hasil/produk dari pelatihan-pelatihan singkat tentang perbankan syariah, melainkan juga SDM yang paham dan kompeten tentang ekonomi islam secara menyeluruh. Nah, Tazkia akhirnya mendirikan perguruan tinggi deh, namanya Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia yang mulai beroperasional pada tahun 2002.

Kelebihan dan Suasana Kampus Tazkia

Well masing-masing kampus pasti punya kelebihan sendiri, dan bagi saya kelebihan Tazkia dibanding kampus lain bisa dilihat dari komitmen yang kuat untuk membentuk karakter mahasiswanya terutama dari dimensi akidah. Gak heran kalau di Tazkia ada yang dikenal dengan istilah Komdis (Komisi Disiplin) yang langsung ngasi teguran ke mahasiswa kalau terbukti melanggar aturan (baik aturan syariat ataupun aturan kampus). Contohnya: jilbab yang gak menutupi bagian dada or pakaiannya terlalu ketat (cewek), ketahuan berduaan/pacaran dengan lawan jenis, ketahuan merokok, dll. Unik ya? Disaat kampus lain mungkin tidak mau ambil repot kalau menyangkut urusan pribadi seperti ini. Tapi itulah keunikan Tazkia πŸ˜€

Sebelum belajar ekonomi islam, mahasiswa tahun pertama di Tazkia wajib ngikut program matrikulasi di asrama. Selain sholat 5 waktu dan sholat tahajud yang diabsen, puasa senin kamis juga gak ketinggalan. Terus penguatan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris selama 2 bulan intensif sebelum masuk perkuliahan semester 1, dll. Kegiatan asrama juga akan ada lagi di akhir tahun, jadi biar nulis skripsinya bisa lebih fokus (perhatian banget yaaa *soSweet*)

Kurikulumnya mengacu pada Al-Azhar University dan International Islamic University of Malaysia (IIUM). Kebanyakan dosen yang ngajar juga lulusan IIUM dan banyak juga dosen lain yang praktisi di bidang massing-masing. Jadi pas belajar teori udah bisa langsung tau praktiknya gimana. Pak Syafi’i juga sering banget ngedatengin dosen tamu (nasional dan internasional) biar wawasan mahasiswanya makin luas.

Web-Dosen_Tamu

Sarana praktik mahasiswa juga lengkap seperti lab.mini bank dan pojok bursa efek. Selain itu peluang untuk mendapatkan beasiswa prestasi juga banyak (apalagi kalau hafal al-Qur’an). Organisasi kegiatan mahasiswa juga banyak, gak jauh beda lah ya sama kampus lain. Mulai dari pecinta alam sampai lembaga dakwah kampus πŸ™‚

Oiya setelah jadi alumni juga kita gak dilepas gitu aja. Kita akan terus diperhatikan sama kampus apalagi terkait pencarian kerja. Soalnya Tazkia punyaΒ  networking yang cukup luas dengan dunia usaha, instansi pendidikan, pemerintah daerah dan lembaga keuangan syariah serta institusi internasional. Alumni Tazkia sekarang udah banyak juga yang melanjutkan kuliah ke luar negeri salah satunya ke Durham University di Inggris.

stei tazkia

Satu lagi, bangunan Masjid (Andalusia Islamic Center)Β  sengaja dibangun dalam satu kawasan dan dengan jarak hanya 5 meter dari bangunan kampus Tazkia! Jadi nuansa ibadahnya kerasa banget. Pengumuman untuk segera ke masjid akan terdengar 5 menit sebelum adzan berkumandang. Gak heran kalau udah masuk waktu sholat, kawasan kampus udah sepi dan semua berbondong-bondong ke masjid. Hal ini juga yang bikin kita agak malu buat nunda-nunda sholat πŸ™‚

Program Studi

STEI Tazkia memiliki 3 jenis jenjang pendidikan tinggi yang ditawarkan yaitu D3, S1 dan S2. Jenjang S1 ada pilihan program studi (prodi) Bisnis & Manajemen Islam, Akuntansi Islam, Ekonomi Islam, dan Muamalat. Sedangkan Prodi yang ada di D3 yaitu Manajemen Keuangan Mikro Syariah dan S2 Magister Ekonomi Syariah. Untuk informasi lanjut bisa langsung diliat di web tazkia.ac.id yaa.


Udah cukup kali ya penjelasan tentang Tazkia secara general. Boleh cek-cek webnya langsung kalau pengen tau info yang lebih lengkap. Kalau ada yang mau nanya-nanya ke alumni angkatan 2009 ini (nunjuk ke diri sendiri *nyengir*) juga mangga atuh.

Sekian… and again, thanks for reading, good people πŸ™‚

Β @baiqrosmala

 

 

Advertisements

14 thoughts on “STEI Tazkia: Kuliah Berdimensi Ibadah

  1. Mba saya mau nanya, kalau proses belajar mengajar di STEI TAZKIA itu memakai bahasa indonesia atau bahasa arab dan bahasa inggri..?

    Like

    • Hehe iya mbaa.. Kelamaan ditinggal ternyata bikin kangen juga ngeblog πŸ˜€
      Iyaa.. kebanyakan yang diliat orang dari luar cuman masjidnya aja, padahal dibelakangnya ada kampus haha

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s