Tips Cara Mudah Belajar Berenang Bagi Pemula

belajar berenang

Berenang itu banyak manfaatnya lho sob.. Seperti postingan saya yang disini, isinya tentang beberapa manfaat yang saya peroleh setelah rajin berenang. Awalnya saya gak bisa berenang sama sekali, sampai akhirnya tahun lalu memutuskan untuk ngambil kursus renang di KMC Depok. Bagi sobat yang mau mulai belajar berenang, postingan kali ini saya mau share mengenai tips cara mudah belajar berenang bagi pemula dengan menerapkan beberapa teknik di bawah ini:

1. Belajar Pernafasan Dalam Air

Sebelum mulai berenang pastikan udah pemanasan dulu ya. Selanjutnya kalau udah masuk kolam, hal pertama yang perlu dilakukan pemula adalah mengatur nafas dalam air. Caranya ambil nafas yang panjang, lalu masukkan semua badan ke dalam kolam. Tahan nafas sambil hitung (dalam hati) berapa detik sobat bisa nahan nafas dalam air. Oiya, di dalam air usahakan bikin bubble ya (keluarkan nafas sedikit demi sedikit melalui mulut or hidung). Karena ternyata kalau nahan nafas tanpa dikeluarin (bikin bubble) itu malah bikin kita ngos ngosan. Kalau hitungan nahan nafas di dalam air masih kurang dari 10 detik, ulangi lagi sampai bener bener nafasnya lancar ya (sekitar 15-20 detik). Belajar nafas ini penting menurut saya, karena entar pas udah renang beneran gak cepet capek atau ngos-ngosan.

2. Teknik Awal Meluncur

Untuk teknik awal meluncur ini, meluncur aja seperti biasa. Posisi berdiri (kalau kolamnya dalam) atau jongkok (kalau kolamnya dangkal), dengan kaki kanan ditempelkan di dinding kolam. Sedangkan kedua tangan sejajar ke depan. Untuk awal-awal, sobat hanya perlu meluncur aja, dengan menendang kaki dari dinding kolam tadi, dan meluncur ke depan tanpa menggunakan gaya apapun. Karena teknik ini cuman buat latihan, belum masuk ke teknik gaya renang. Pas meluncur di dalam air, pastikan kepala menghadap dasar kolam, dagu menyentuh leher dan posisi telinga sejajar dengan lengan. Lakukan teknik ini dalam sekali nafas dan pastikan selama di dalam air sambil bikin bubble seperti yang dijelaskan di poin 1 di atas. Kalau udah kerasa nafas mau habis, berhenti aja and ulang lagi dari awal :). Terus lakuin teknik ini berulang ulang sampai lancar.

3. Gaya Renang

Kalau no.1&2 udah lancar, baru deh belajar gaya renang. Sepengetahuan saya sampai saat ini ada empat jenis gaya renang yaitu Gaya Katak/Gaya Dada, Gaya Kupu-kupu, Gaya Punggung dan Gaya Bebas. Yang paling susah dipelajari dan paling memakan banyak energi adalah gaya kupu-kupu. Sedangkan untuk pemula yang baru belajar berenang saya sarankan untuk mempelajari gaya katak terlebih dahulu. Entar kalau gaya katak udah bisa dan lancar, belajar gaya punggung dan gaya bebasnya jadi lebih gampang. Untuk mempelajari masing-masing gaya, saya sarankan liat di youtube aja ya 😀

Ini salah satu contoh belajar teknik gaya dada dari youtube 🙂

4. Terus Belajar dan Berusaha

Memulai di awal itu pasti akan terasa berat. Begitu juga pas awal-awal belajar berenang. Apalagi yang memiliki trauma dengan air/berenang dari masa kecil seperti saya :). Saran saya yang terakhir ini, kalau terus usaha pasti bisa kok *sok bijak. Tubuh kita itu hampir 85% terdiri dari air, jadi jangan takut tenggelam. Karena sebenarnya berada di dalam air itu berarti tubuh kita kembali ke nature-nya dia sendiri *IMHO*.

Oke, itu dia tips cara mudah berenang versi saya. Selamat berenang dan keep fighting!

Thanks for reading and have a great day! 
Salam @baiqrosmala

Advertisements

37 thoughts on “Tips Cara Mudah Belajar Berenang Bagi Pemula

  1. Salam kenal, mbak. Nama saya Fahmi, 23 tahun. Saya berasal dari Batu. Saya ingin konsultasi tentang kendala yang saya alami ketika belajar berenang. Kebetulan saya saat ini belajar berenang dengan guru privat saya total sampai saat ini sebanyak 11 kali pertemuan dgn fokus gaya dada. Namun hasilnya, saya hanya bisa meluncur dan menggerakan kaki ala kaki katak tanpa koordinasi gerakan tangan yang sesuai. Meskipun guru privat saya sudah memberikan arahan & contoh berkali-kali di dalam kolam namun tetap saja tidak ada hasilnya. Saya tetap kesulitan untuk mengkoordinasi gerakan tangan dan mengangkat kepala diatas guna mengambil napas. Tiap kali mau angkat kepala, saya selalu tenggelam.Saya sudah coba berulang-ulang memperbaiki kesalahan dalam gaya renang, termasuk melihat cara guru privat saya melakukan gerakan renang dengan benar, namun tetap saja saya cenderung tenggelam. Akhirnya saya hampir frustasi dan sempat berpikir “kayaknya saya ditakdirkan ngga bakalan bisa renang ini”.Yang ingin saya tanyakan, metode belajar renang seperti apa yang paling efektif untuk perenang pemula seperti saya?Mohon pencerahannya.

    Like

  2. Bagus mbak tipsnya.. sy trauma renang dr kecil gr2 hidung kemasukan air dan berasa mau tenggelam.. baca postingan mb Baiq jd bertekad utk bisa berenang ah.. sdh coba tips nya yg nmr 1 🙂

    Like

  3. dulu aku prnh latihan berenang dr 2 SD ampe 5 SD.. tp stlh itu dilarang papa krn udh mulai besar :D.. dulukan belum ada baju renang muslimah mbak ;p.. nah jdnya sampe skr udh umur 30an gini, ga prnh lg deh nyobain berenang.. ga tau apa aku msh inget dasar2 yg dulu -__-.

    Like

  4. Pernapasan sih yang belum bisa dilatih. Jadi udah enak2 pake gaya katak, eeh nggak bisa yang atur pernapasannya gitu, lihat orang lain enak banget pakai gaya katak, kadang kepalanya keluar buat ambil napas gitu. Mau belajar begitu kok ya susah… huhuhu

    Ini aku sekalinya mampir pas banget lagi mau rutinin berenang walau berenangnya nggak bisa-bisa. huhu.
    BTW, nice info dear terimakasih 🙂

    Like

  5. wah sudah dihalaman pertama yang ini…tehnik renang yang paling mudah tanpa alat memang menggunakan tehnik yang alami. pahami nafas dan daya apung masing masing. jika sudah paham belajar renang akan lebih mudah.

    Like

  6. Bro, kalo usia sdh kepala 4 apa mash bisa ya belajar renang. Sebab sudah beberapa kali mencoba namun belum bisa juga. Sebagai info, saat mencoba di kolam renang wajah saya selalu mendongak ke permukaan air sebab khawatir g bisa nafas dan pada akhirnya justru malah ga bisa ngapung alis posisi badan menjadi vertikal di air alias posisi kaki di bawah hampir menyentuh dsasar kolam. Gimana nih mas bro..? thanks a lot

    Like

    • Bisa kok 🙂 Asalkan rasa takut pas mau tenggelam diilangin dulu. Karena kan tubuh kita hampir 85% terdiri dari air, jadi pas di kolam renang gak usah takut or panik karena sebenarnya kita lagi menyatu sama fitrah kita, itu si yang saya pelajari dari guru saya. Setelah rilex, baru belajar atur pernafasan, meluncur, dsb seperti yg dijelasin di atas. Kalau masih bingung caranya, bisa liat dari gerakan orang lain pas berenang, atau nonton video cara belajar renang di youtube banyak. Semoga membantu 🙂

      Like

    • insyaallah langsung bisa mba kalau sudah bisa menguasai teknik bernafas dalam air dan mengambil nafas lagi ke permukaan, tapi ya kayaknya harus banyak banyak latihan hehe

      Like

    • Teknik mengapung sebenarnya mudah mas, tinggal lempar diri ke atas air, dan tidur biasa seperti tidur di kasur, cuman dijaga biar gak sampai tenggelam, kalau saya teknik biar gak tenggelam pas mengapung adalah kakinya sambil digayuh pelan-pelan. Kalau teman saya malah harus kegel biar gak tenggelam. Jadi mungkin masing masing orang beda-beda. Dicoba terus aja sampai nemu teknik yang pas 🙂

      Teknik nomor 1 dan 2 sangat amat membantu mas bagi saya, soalnya saya dulu pas kursus renang diajarkannya seperti itu. Kalau udah teknik 1 dan 2 digabung dan sudah lancar, tinggal gimana cara mengambil nafas ke permukaan, dan pengalaman saya paling mudah gaya katak untuk pemula 🙂

      Selamat mencoba dan thanks for reading 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s