Liburan Ke Lombok? Ini 10 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi

cropped-lombok-beach-13-hd-images-wallpapers-1024x5761.png

Pernah berkunjung ke Lombok? Atau mungkin teman-teman belum tau Lombok itu di mana? 😀
Pulau Lombok itu terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Provinsi NTB sendiri memiliki dua pulau yaitu pulau yang agak besar namanya Pulau Sumbawa dan pulau yang agak kecil (ya kira-kira seukuran pulau Bali) namanya Pulau Lombok. Nah, Pulau Lombok ini lokasinya persis di sebelah kanan (seberang timur) Pulau Bali kalau diliat dari peta Indonesia. Kalau sobat ada rencana berwisata Lombok, 10 daftar lokasi di bawah ini udah saya rangkum untuk menambah referensi 😉

1. Pantai Senggigi

sumber: dodaholiday.com
sumber: dodaholiday.com

Pantai Senggigi bisa dibilang pantai yang paling terkenal di Lombok. Garis pantainya yang panjang dan ombaknya yang tidak terlalu besar cocok banget buat berenang, berjemur atau sekedar jalan-jalan di tepi pantai. Lokasinya juga gak jauh-jauh dari Kota Mataram (ibukota NTB), sekitar 10 km ke arah barat laut. Kalau pakai kendaraan motor atau mobil 10 km gak jauh kan ya? Kecuali kalau mau jalan kaki :D. Kebanyakan wisatawan yang ke pantai Senggigi ini menghabiskan waktu buat liat sunset. Oiya, gunung Agung yang di Bali juga bisa keliatan lho dari pantai Senggigi ini, terutama pas momen-momen sunset puncak gunung Agung bisa terlihat jelas :).

2. The Three Gillis: Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

sumber: pewartaekbis.com
(Gili Trawangan) sumber: pewartaekbis.com

Tiga gili ini disebut bersamaan karena emang sepaket gitu, karena lokasinya yang berderet tiga dan saling berdekatan. Kalau ngunjungin salah satu gilinya, misalnya Gili Trawangan, sayang banget kalau gak sekalian mampir ke Gili Meno dan Gili Air. Ketiga pulau kecil ini bisa dibilang memiliki pemandangan yang eksotis. Mulai dari kejernihan air lautnya, butiran pasir putih yang bersih, keragaman terumbu karang lengkap dengan ikan hias cantik di dasar laut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dari ketiga gili ini, gili yang paling besar dan paling ramai dikunjungi adalah Gili Trawangan. Soalnya di gili Trawangan ini ombaknya paling besar, sehingga menjadi tempat “nongkrong” tersendiri bagi pecinta surving. Gili Meno dan Gili Air juga tidak kalah menarik lho 🙂

3. Tanjung Aan

sumber: indonesia-tourism.com
sumber: indonesia-tourism.com

Berbeda dengan pantai yang memiliki pasir putih (atau pink) di sepanjang tepinya, Tanjung itu lebih berbentuk bebatuan atau bahkan tebing yang agak terjal. Tanjung Aan ini salah satu dari beberapa Tanjung yang ada di Pulau Lombok. Lokasinya gak jauh dari Pantai Kuta (nomor 4). Tanjung Aan ini merupakan perpaduan pantai dengan pasir putih dan ada bukit batu besar yang bisa dinaiki 🙂 Tekstur pasirnya juga unik, besar-besar kayak merica gitu deh. Nah, Tanjung Aan ini terbilang masih “agak sepi” pengunjung. Maksudnya gak terlalu ramai dibandingkan dengan pantai Senggigi or Gili Trawangan. Suasana yang sepi ini bisa bawa manfaat sendiri juga si, jadi kalau mau berenang atau bejemur bisa lebih rileks.

4. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok (juga sering dibaca Pantai Kute)

Selain di Bali, nama Pantai Kuta juga ada lho di Pulau Lombok. Kenapa namanya sama? Hmm kurang tahu :D. yang jelas Pantai Kuta Lombok ini letaknya di sebuah desa di Lombok Tengah, namanya Desa Kuta. Oiya, Pantai Kuta ini punya julukan pantai Merica karena pasirnya punya tekstur seperti merica. Tapi butiran “merica”nya lebih agak halus dibandingin yang di Tanjung Aan. Sobat juga bisa rekreasi air disini seperti banana boat, windsurfer, atau jetsky. Oiya, satu lagi yang unik dari Pantai Kuta ini yaitu ada Festival Bau Nyale yang diselenggarakan sekali setahun. Bau Nyale sendiri adalah upacara adat suku sasak. Nanti saya share juga ya tentang Bau Nyale ini insyaallah. (Note: “Bau” dalam bahasa sasak means menangkap yaa, bukan bau bau yang lain :D)

5. Sembalun

sumber: bungawisata.com
sumber: bungawisata.com

Sembalun ini mungkin bisa dibilang mirip kayak Puncak-nya Bogor. Daerahnya pegunungan gitu karena emang lokasinya sangat dekat dengan Gunung Rinjani (lihat no.6). Jadi, bagi yang gak punya waktu ngedaki gunung Rinjani tapi pengen ngerasain suasana pegunungannya bisa berkunjung ke Sembalun ini. Tempatnya dingin dan tanah di Desa Sembalun ini subur-subur. Jadi kebanyakan warga Desa Sembalun ini adalah petani, terutama sayur sayuran dan rempah-rempah seperti tomat, cabe, kentang, bawang, dll.

6. Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak

Mount Rinjani
Gunung Rinjani dan Segara Anak

Nah, ini dia surganya para pendaki or pecinta alam. Gunung Rinjani dan Segara Anak ini saya sebutin satu paket, karena lokasi Segara Anak ini tepat di puncak Gunung Rinjani. Segara artinya danau, dan Segara Anak ini memiliki air yang warnanya sama kayak air laut. Di tengah-tengah danau Segara Anak ini ada gunung kecil yang masyarakat setempat nyebutnya Gunung Baru Jari (atau kalau bahasa Indonesianya gunung baru jadi/ the new mountain). For your info, Gunung Rinjani ini gunung tertinggi no.3 di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl.

7. Desa Sade

sumber: lucianancy.com
sumber: lucianancy.com

Desa Sade ini adalah desa yang bisa dibilang me-representasi-kan adat dan budaya suku sasak (suku asli Lombok). Masyarakat di dusun Sade ini berupaya semaksimal mungkin agar Desa Sade tidak terkontraminasi budaya modernisasi. Mulai dari bentuk bangunannya, adat istiadat, kesenian tangan dan tari sasak, etc. Keunikan dari segi bangunan atau rumah di dusun Sade ini adalah bahan dasar bangunannya yang terbuat dari kayu bambu dan beratap ilalang padi. Dari sisi kerjaninan tradisional, kebanyakan wanita di dusun Sade adalah penenun kain (dengan motif khas sasak).

8. Air Terjun Sendang Gile

sumber: lombokflytour.com
sumber: lombokflytour.com

Ada beberapa wisata air terjun di Pulau Lombok yang menurut saya sangat mempesona. Air Terjun Sendang Gile ini termasuk yang paling populer dan ramai dikunjungi. Ketinggian air terjunnya sekitar 30m dan di bawahnya ada sungai-sungai kecil yang bisa buat tempat berenang atau sekedar main air, lengkap dengan suasana sejuk+segar pegunungan. Untuk ke Sendang Gile ini bisa lewat jalur Pusuk. Yang menariknya lagi, di sepanjang jalur Pusuk itu banyak monyet-monyet berkeliaran yang bisa difoto-foto atau dikasi makan kacang/pisang 😀

9. Taman Narmada

sumber: jayanjayan.com
sumber: jayanjayan.com

Taman Narmada ini letaknya di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada. Secara umum, Taman Narmada memiliki fasilitas berupa kolam renang, aneka taman dan beberapa mata air yang mengalir. Mata air ini sumbernya langsung dari Gunung Rinjani. Masyarakat sekitar menyebut mata air -mata air itu sebagai air awet muda. Gak tau bener apa nggak, tapi emang diyakini bisa bikin awet muda 😀 Mungkin karena airnya yang ngalir dari pegunungan jadi kerasa dingin dan seger. Alhasil bisa bikin peredaran darah lancar dan hati tenang, makanya bisa awet muda (hehe  kalau yang ini cuman analisa ngawur dari saya ya pemirsah).

10. Pura Batu Bolong

sumber: travellombok.id
(Keliatan kan ada batu bolong di tengah?) sumber gambar: travellombok.id

Sesuai namanya, Pura yang merupakan tempat beribadah umat hindu ini memiliki bentuk yang unik, yaitu terletak di atas batu pantai yang bolong tengahnya. Bangunan Pura-nya tepat berada di bibir pantai dengan posisi yang menjorok ke laut. Lokasinya tak jauh dari Pantai Senggigi yang udah disebutin di nomor.1 di atas. Masih satu deretan pantai panjang di daerah Batu Layar. Oiya sebelum masuk daerah pura-nya nanti yang cewek bakal ditanya (maaf) sedang datang bulan atau nggak. Karena kalau iya, sepertinya belum boleh masuk ke dalam karena itu tempat peribadatan/ tempat suci umat hindu 🙂

sumber: lombok.panduanwisata.id
(Ini penampakan Batu Bolong kalau dari jauh) sumber gambar: lombok.panduanwisata.id

***

Oke, itu dia 10 tempat wisata yang saya rekomendasikan jika sobat berlibur ke Lombok. Kalau mau info lebih detail mengenai tempat wisata tertentu di Pulau Lombok bisa langsung request yaa. InsyaAllah nanti dibikinin postingannya sendiri yang lebih lengkap plus foto-fotonya. Sebenarnya postingan ini juga hasil request dari sobat blogger senior Mba Nella Cantik si Emaknya Benjamin yang lucu bin imut. Maaf ya mba postingannya agak telat soalnya sebelum nulis saya survey dulu lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan hehe.

Info tambahan: kebanyakan tempat wisata di Pulau Lombok itu berupa Pantai atau Gili, karena memang pulaunya yang terbilang kecil jadi sekeliling pulau Lombok sudah dipastikan banyak pantainya. Jumlah pantai dan gilinya juga lumayan banyak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu di postingan ini. Belakangan ini sudah mulai bermunculan tempat wisata baru (terutama pantai) yang sebelumnya tidak begitu terekspose, tapi sekarang sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan karena daya tarik dan keindahannya. Contohnya Pantai Pink. Pink Beach? Yaps, pantai yang air dan pasirnya berwarna pink :). Sebagai gambaran dan list nama gili/pantai lainnya bisa dilihat di postingan saya disini yaa.

Thanks for reading and have a great day!

Salam @baiqrosmala

Advertisements

34 thoughts on “Liburan Ke Lombok? Ini 10 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi

    • Hai Koko Nata, kebetulan saya orang Lombok hihi salam kenal. Mau tulisan tentang Lombok yang seperti apa? insyaallah nanti saya posting, tapi kebanyakan tentang liburan ke pantai or air terjun siii 🙂

      Like

  1. Kalau saya agaknya bakalan bingung jika diminta buat daftar seperti ini soalnya menurut saya semua tempat wisata di Lombok itu bagus-bagus semua :haha, tapi ini daftarnya sudah lengkap banget Mbak, great job! Dan kayaknya saya harus segera mudik soalnya banyak tempat yang ada di daftar ini belum saya kunjungi :haha. Semoga bisa tandang ke semuanya :amin!

    Like

  2. Makasih ya Baiq sudah dibikin postingannya 😀 . Waktu ke Lombok suami dan aku nginep di Senggigi, jalan2nya ke no.7 dan 8. Untuk Gili kami pergi ke Gili Nanggu, ternyata masih banyak wisata di Lombok yang bagus dikunjungi yaa. Aku penasaran dg No.3 dan 5 sepertinya lokasinya baguss banget 😉 .

    Like

    • waah, ternyata mba sudah banyak mengunjungi tempat wisata di Lombok 🙂
      Kayaknya ada request terselubung nih mba 😀 haha tapi saya suka ni, jadinya saya termotivasi buat nulis lagi hehe. Entar abis lebaran aku nulis tentang Tanjung apa aja yang ada di Lombok selain Tanjung Aan ya (no.5), untuk no.3 entar aku juga posting 😀 Thanks for your nice comments mba Nella

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s