9 Tips Cermat Menabung

DSCN2816

Menabung? Sebenarnya saya juga masih belajar cara menabung, soalnya keseringan kalau gak disiasatin dan gak direm pengeluarannya, boro boro bisa nabung, gak defisit aja udah untung 😀

Dulu sebelum nikah pengeluaran bulanan saya amburadul gak karuan, dan kebanyakan pengeluaran yang kurang penting, bahkan ada pengeluaran yang gak penting sama sekali alias cuman laper mata -_-. Alhasil baru nyadar setelah nikah, coba dulu gaji saya sebagian besarnya ditabung atau diinvestasikan, kan lumayan buat beli daster #loh 😀

Nah, setelah menikah saya baru sadar kalau ternyata menabung itu sangat sangat penting! Masa depan itu adalah sesuatu yang tidak pasti, makanya kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya termasuk masalah keuangan.

Apa saja tips cermat menabung? Menurut pendapat saya, ada tiga faktor utama yang harus diperhatikan kalau teman-teman ingin serius menabung. Ketiga faktor ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Pertama,teman-teman harus tahu cara mengendalikan pengeluaran. Kemudian yang kedua, tabungan yang ada harus dikelola dengan baik dan bijak. Dan yang terakhir adalah bagaimana meningkatkan jumlah tabungan dengan cara mencari alternatif sumber income yang lain. Masing-masing ada tipsnya tersendiri yang kalau ditotal jadi 9 Tips (sesuai judul yaa). So, yuk mari kita bahas satu-satu 😀

Pertama: Tips Mengendalikan Pengeluaran

Kenapa pengeluaran harus dikendalikan? Ya karena kan niatnya mau nabung, kalau pengeluarannya gak disiasati alias ngalir kayak air mengalir (atau jangan-jangan tumpah? hehe), gimana mau nabungnya atuh :D. Yuk disimak tips mengendalikan pengeluaran:

1. Sedekah/Zakat

Loh kan mau nabung? Kok malah poin sedekah sama zakat ditaruh di nomor 1? Uangnya berkurang dong! -_-
Eits justru itu sob, percaya gak kalau sedekah/zakat itu bisa melipatgandakan rejeki kita lho! Kok bisa? Bukan saya yang bilang lho ya, Allah yang berfirman langsung dalam al-Qur’an 🙂 Hmm, disini saya gak ngebahas panjang lebar masalah sedekah atau zakat ya. Kalau mau tahu lebih lanjut, banyak buku yang ditulis orang-orang keren tentang keajaiban sedekah ini.

Nah, bagi yang pendapatannya belum mencapai minimum kriteria wajib zakat, alternatifnya bisa bersedekah. Yang udah memenuhi kriteria wajib zakat, keluarin zakatnya minimal 2,5%. Bagi non-muslim? Saya juga pernah membaca beberapa buku yang isinya ngejelasin kalau ternyata di setiap agama memang ada lho perintah mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan ke yang berhak menerimanya 🙂

Kembali ke poin intinya, kalau udah zakat/sedekah itu kan janji Allah buat melipatgandakan ya? Jadi, sedekah/zakat itu sebenarnya jenis investasi yang sangat menguntungkan makanya ditaruh di nomor 1 😀

2. Buat Catatan Pengeluaran

Ini poin yang terpenting, catat setiap pengeluaran yang sobat belanjakan! Formatnya gak usah ribet-ribet, yang penting mudah dipahami dan mudah buat dijalanin. Jangan sampai kamu udah buat format catatan pengeluarannya, terus bingung bacanya gimana atau pas nyatetnya jadi ribet sendiri. Emak-emak pasti ngerti lah ya, yang penting ada keterangan saldo, jenis pengeluarannya apa dan tanggal berapa 🙂

Setelah itu dilihat ringkasan pengeluarannya setiap minggu atau minimal sekali sebulan, kira-kira pengeluaran terbesar dihabiskan untuk apa? Apakah jalan-jalan? Makan? Shopping? dll. Gunanya untuk apa? Lanjut ke poin 3:

3. Pangkas Pengeluaran Yang Kurang Penting

Setelah sobat mencatat setiap pengeluaran/belanjaan, entar ketahuan tuh satu bulan itu uang habis dimana aja. Kalau emang ternyata kebanyakan jalan-jalan/rekreasi ke tempat jauh atau mungkin abis di rokok, sobat harus langsung ambil tindakan. Pangkas pengeluaran yang kira-kira kurang penting. Selain itu, biasakan hidup hemat 😀 Kalau misalnya jalan-jalan keseringan naik taxi, coba deh sekali-kali naik kendaraan umum. Selain hemat ongkos, gak kena macet juga kan kalau naik kereta misalnya hehe. Atau kalau mau jalan-jalan, bisa disiasati dengan pergi ke tempat wisata terdekat aja (seperti taman kota), yang bisa diakses dengan berjalan kaki atau jogging. Lumayan hemat dan bisa bikin sehat 😀

4. Hindari Hutang

Ini poin yang gak kalah pentingya sob, kalau bisa hindari yang namanya HUTANG. Emang si, berhutang boleh boleh aja, so bagi yang terlanjur punya hutang segera dilunasi ya sob. Apalagi yang hutangnya di bank, tahu sendiri kan kalau keuntungan yang diperoleh dari menabung di bank (baik berupa bunga ataupun bagi hasil) itu lebih sedikit dibandingkan bunga hutang yang harus dibayar. Oiya, kalau sobat juga menggunakan kartu kredit, pastikan sobat bijak ya dalam penggunaannya 🙂

Kedua: Tips Mengelola Tabungan

Kalau udah pandai mengatur pengeluaran, tentunya ada dong ya dana yang untuk ditabung. Menabung juga ada tipsnya nih 😀

5. Tabungan Disisihkan di Awal

Usahakan uang yang ditabung emang udah dialokasikan di awal. Jangan tunggu sampai ngerasa semua kebutuhan udah terpenuhi dulu baru mau nabung. Soalnya kalau nunggu ada sisa di akhir bulan, susah deh 🙂 Kalau sobat udah lakuin poin 2&3 di atas, nentuin jumlah dana tabungan yang dialokasikan per bulannya akan lebih gampang 🙂

6. Konsisten

Mau nabung? Mulai dari sekarang ya. Masih ingat dong ya sama pribahasa “sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit”. Begitu juga menabung, yang penting mulai dulu, yang penting konsisten alias terus  menerus. Tak apalah sedikit, kalau konsisten entar juga jadi bukit 🙂

7. Pilih Jenis Tabungan

Jenis tabungan yang dipilih tiap orang mungkin beda-beda. Tapi kalau saya, celengan konvensional masih saya pergunakan haha terutama untuk nyimpen uang receh kembalian. Untuk tabungan yang saya bilang disisihkan di awal tadi, itu saya masukkan ke rekening tabungan yang berbeda dari rekening saya sehari-hari. Jika dana tabungannya bisa diinvestasikan dalam bentuk emas atau tanah juga sangat bagus 🙂

Ketiga: Tips Menambah Pemasukan

Nah, kalau udah bisa nabung, tentunya pengen juga lah ya nambahin tabungannya. Ini bagi yang berminat aja, sobat bisa lakuin hal-hal ini:

8. Jual Barang Yang Tidak Terpakai

Daripada ada barang yang masih bagus tapi gak kepake lagi mending dijual aja, siapa tau ada yang butuh. Banyak lapak online yang bisa diberdayakan seperti k*skus dan lain-lain. Lumayan lah, uangnya bisa ditabung kan 😀

9. Berjualan Online Shop

Ini yang saya lakukan sekarang hehe (tapi gak lagi promosi kok :P).
Tanpa perlu memakan tempat dan waktu banyak, memiliki online shop (terutama dengan sistem dropship) bisa sobat coba 🙂 Lumayan lah walaupun dengan ngejualin barang orang lain, setidaknya tabungan kita juga bisa nambah :D.

Nah, itu dia 9 tips cermat menabung dari saya. Selamat mencoba! 😉

***

Advertisements

10 thoughts on “9 Tips Cermat Menabung

    • Alhamdulillah ya mba.. hehe emang poin catat mencatat ini agak sulit buat konsisten. Kalau aku biasanya ada buku notes kecil sebesar tempat bedak compact buat nyatat pengeluaran kalau pergi pergi. Sekarang aku seringnya pake hape, jadi pas nyampe rumah baru dimasukin ke catatan yang aslinya 😀

      Liked by 1 person

  1. Membuat catatan pengeluaran dulu sekali saya lakukan, sayangnya sejak ada anak *malah anak disalahin tdk pernah lg bikin. Alasan klise “tidak sempat” 😀 . Berjualan online shop, untungnya kepakai buat belanja online juga haha ga bisa nabung deh.

    Like

    • Iya mba, kalau punya anak, apalagi yang lincah kayak Ben, mungkin leha leha sambil ngeblog aja udah bersyukur yah, apalagi mikirin catatan ini itu *loh kok ikut nyalahin. Ah, saya juga kepengen cepet punya anak biar seru dan rame. Haha pengen selincah Ben deh anaknya #maksa 😀

      Like

  2. wah semangat menabung! kalo saya untung menghemat pengeluaran oas weekend di rmh aja, soalnya kalo jalan2 ke mall pasti ada aja yang pengen di beli, dari pada lapar mata lebih baik di rmh aja lebih hemat, atau diakalinnya biar gak bosen di rmh jalan2 di taman liat pemandangan aja :-D.
    mudah-mudahan menang ya! 😉

    Liked by 1 person

    • Hehe makasi mba atas supportnya 🙂
      Bener banget mba, jalan-jalan ke taman deket rumah itu alternatif yang bijak banget menurut aku, apalagi tinggalnya di luar negeri, pasti taman kotanya (dan pemandangannya) keren-keren ya mba 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s