Kanan, Bang! Pinggirkan Mobilnya!

2c0343f7

Ceritanya kemarin saya ke Bekasi, ngunjungin salah satu teman saya dulu pas kuliah.

Perjalanan dari Depok menggunakan commuter line dari Stasiun UI transit Manggarai dan lanjut ke Stasiun Bekasi, nyambung ankot 02 ke Terminal Bekasi dan 19A ke arah Bumyagara. Total perjalanan sekitar 3,5 jam! Karena ini pengalaman pertama kali saya ke Bekasi, jadi saya gak paham 3,5 jam itu udah termasuk normal atau emang Bekasinya aja yang kejauhan (kayak yang di meme-meme, tahu kan? ๐Ÿ˜€ #peace ah).

Anyway, di tengah-tengah perjalanan yang panjang, panas dan berliku #alah, ada kejadian lucu yang lumayan bikin nyengir haha. Jadi pas saya naik angkot 19A dari terminal menuju ke Bumyagara itu kan ngelewatin kayak perumahan gitu, nah kebetulan ada anak-anak SD yang baru pulang sekolah. Salah satu anak cowok (kayaknya baru kelas 1 atau 2 SD gitu) kebetulan naik angkot yang sama dengan saya. Sepanjang perjalanan si adek ini celingak celinguk mulu, kayaknya takut entar kelewatan turunnya. Nah pas gang rumahnya udah keliatan, muka si adek langsungย excited gtiuย pengen turun dan tanpa memperhatikan penumpang sekitar si adek teriak kenceng banget bilangย ย “Bang! Kanan Bang!!!” ๐Ÿ˜€

Serempak semua isi angkot ngakak ketawa, secara isinya kebanyakan anak-anak sekolah SD dan SMP. Alhasil si adek heran kenapa pada ketawa. Hehe saya sambil nahan ketawa bermaksud ngasi tau adeknya nih ceritanya:

“Dek, bilangnya “KIRI” kalau mau turun”

Eh si adeknya malah jawab “Tapi saya mau nyebrang ke kanan mbak! Gang rumah saya di sebelah kanan!”

Haha saya melongo dan diem, dan kali ini udah gak bisa nahan ketawa lagi ๐Ÿ˜€

Sebenarnya gak papa sih, mungkin adeknya juga belum terbiasa naik angkot. Tapi lumayan lah bisa bikin ketawa haha.

Lucu gak? Hmm gak yah? Yowess gapapa, haha.

Jadi inget kejadian serupa beberapa waktu lalu. Kejadiannya juga sama di dalem angkot, pelakuknya juga masih anak kecil kekeke. Tapi kali ini anak kecilnya sepertinya pendatang baru, dari logat bicara dan wajahnya nya kayaknya dari daerah timur-timur sana, sama kayak saya lah.

Pas mau berhenti, si adeknya teriak heboh sendiri, kali ini teriaknya bukan “Bang kanan!” tapi “Hey! Pinggirkan mobilnya! Bapak sopir pinggir pinggir!”

Si adek berhasil bikin penumpang lain terheran-heran, kita ngiranya si adek lagi ngobrol apa gitu sama bapak or ibunya diaย (kebetulan si adek bertiga sama orangtuanya), penumpang lain masih belum sadar maksud si adek sampai akhirnya dia dengan nada sedih bilang “Yah, sudah terlewat kan!” (sambil nunjuk belakang, kayaknya ngasi tau kalau tujuannya udah kelewat”. Nah! Disini baru kita pada ngeh dan sadar maksud si adek pengen berhenti di situ. Kirain teh pinggir pinggir maksudnya mau ngasi tau sopirnya hati-hati karena banyak motor lain di jalanan yang ngebut, biar nyetirnya di pinggir pinggir aja. Eh maksudnya mau berhenti yah ๐Ÿ˜€

Akhirnya kita bilang ke sopir angkot “Bang, kiri bang!”, baru si sopir berhenti. Kayaknya mah si abang sopir juga tak paham maksud si adek tadi hehehe.

Udah, ceritanya itu doang. Sebenarnya saya juga awal naik angkot di Jakarta gitu juga sih, tapi lupa cerita culunnya kayak gimana hihi. Saya seringnya kalau naik angkot suka dikasi tau rute yang salah, padahal udah dikasi tau entar mau turun di tempat A ya bang, eh si abangnya malah iya iya dan nyuruh naik aja walaupun sebenarnya gak lewat situ, Atau gak, udah ngasi tau sebelum naik mau turun di A dan angkotnya beneran lewat situ, eh tapi saya dikasi taunya pas udah kelewat. Pernah juga saya muter-muter naik turun angkotย karena pas nanyain ruteย ke orang jawabannya beda-beda #EhMalahCurhat hehe.

Anyway, thanks for reading and have a nice day!

Salam @baiqrosmala

Advertisements

16 thoughts on “Kanan, Bang! Pinggirkan Mobilnya!

  1. Kalau saya juga pernah sih minta angkot buat berhenti di sebelah kanan, tapi itu juga karena kondisinya jalan searah dan cenderung sepi, lagi pula bapak sopirnya sudah paham daerah situ jadi tak ada masalah berarti :haha.

    Kocak euy, saya membayangkan orangnya semacam panik begitu, yah maklum mungkin masih baru di Jakarta jadi masih aklimatisasi dengan kebiasaan di sini :)). Jadi pengingat nih buat observasi dulu kalau ada di daerah baru, makasih ya Mbak :)).

    Like

    • bener mas, di Jakarta ini harus banyak observasi dulu sebelum naik angkot, entar bisa bisa dikasi rute yang salah kalau nanyanya kebetulan ke orang yang “kurang baik” hoho
      Thanks for your nice comments ๐Ÿ™‚

      Liked by 1 person

  2. kalo pengalaman aq naik angkot di jakarta sama di kampung halaman a.k.a west sumatera gini nih mbak. kalo kita nyetop angkot dijakarta kan biasanya nyante aja pake tangan kiri kan, dan si abang sopirnya juga biasa aja disetopin pake tangan kiri. tapi…… kalo dikampung saya, nyetop angkot pake tangan kiri bisa2 disemprot sama uda sopirnya, dikatain gak sopan, gak punya manner ! jadi kalo nyetop angkot harus pake tangan kanan, jangan coba2 pake tangan kiri ๐Ÿ˜†
    eh…. komennya gak nyambung ya sama postingan dikau? ya udah lah maafkan saja, yg penting masih sama2 tentang angkot ๐Ÿ˜›

    Like

    • hehe nyambung kok mba komennya ๐Ÿ˜€
      wah, keren mba kampung halamannya.. segala sesuatu harus memperhatikan manner hoho
      makasi banyak lho mba infonya, jadi saya nanti jika ada kesempatan ke sumatera barat harus biasakan pake tangan kanan kalau mau nyetop angkot hehe ^^

      Liked by 1 person

  3. WAkakaka aku dulu pertama naik angkot malah nggak berani turun loh mbak -_- aku ngikut turun temenku gitu. akhirnya, ya jalan deh dari rumah temenku ke rumah -_- payah dulu aku mah wkwkw

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s